Bugar

Berapa Jumlah Kalori Nasi Putih? Yuk, Intip Jawabannya di Sini

Berapa Jumlah Kalori Nasi Putih? Yuk, Intip Jawabannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Banyak ditanyakan, berapa jumlah kalori nasi putih sebenarnya? Di sini jawabannya!

Nasi putih adalah makanan pokok yang dikonsumsi oleh banyak orang, terutama di Asia. Di Indonesia, nasi putih seringkali menjadi bagian utama dari setiap hidangan, mulai dari sarapan hingga makan malam.

Namun, bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau ingin menjaga berat badan, penting untuk mengetahui jumlah kalori dalam nasi putih. Ini berguna agar Anda dapat mengatur asupan makanan dan mencapai keseimbangan antara jumlah kalori yang dikonsumsi dan dibakar setiap harinya.

Baca Juga: 9 Cara Diet Cepat Kurus dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga, Simak di Sini

Berapa Jumlah Kalori Nasi Putih?

Melansir dari laman Very Well Fit, dalam 186 gram nasi putih mengandung 242 kalori. Berikut ini adalah rincian gizi dalam nasi putih:

  • Kalori: 242
  • Lemak: 0,35g
  • Natrium: 0mg
  • Karbohidrat: 53,4g
  • Serat: 0,6g
  • Gula: 0g
  • Protein: 4,39g
  • Mangan: 0,664mg
  • Besi: 2,72mg
  • Tiamin (Vitamin B1): 0,305mg

Nasi putih mengandung lebih dari 53 gram karbohidrat per porsinya. Sebagian besar berasal dari pati, dengan sedikit serat dan tanpa kandungan gula.

Indeks glikemik (IG) nasi putih cukup tinggi, yaitu sekitar 73. Ini berarti nasi putih bisa menyebabkan kenaikan gula darah lebih cepat dibandingkan nasi merah yang memiliki IG sekitar 68.

Nasi putih hampir tidak mengandung lemak, selama dimasak tanpa menambahkan minyak atau mentega. Ini membuatnya rendah lemak, cocok bagi yang ingin menjaga asupan lemak dalam dietnya.

Baca Juga: Daftar Menu Makanan Sehari-hari bagi Penderita Diabetes

Dalam satu cangkir nasi putih, terdapat lebih dari 4 gram protein. Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, nasi putih tetap bisa menjadi sumber protein nabati yang ringan.

Nasi putih merupakan sumber mangan yang baik, memberikan lebih dari 30% kebutuhan harian untuk mineral ini. Mangan berperan penting dalam pembentukan tulang dan membantu fungsi saraf.

Nasi putih juga mengandung zat besi yang membantu dalam pembentukan sel darah merah, serta beberapa vitamin B seperti tiamin, niasin, dan riboflavin yang penting untuk metabolisme energi.

Baca Juga: Macam-Macam Makanan Pengganti Nasi untuk Diet yang Ampuh Turunkan BB

Manfaat Nasi Putih untuk Kesehatan

Meski sering dianggap kurang sehat dibanding nasi merah, nasi putih tetap memiliki manfaat kesehatan yang bisa mendukung diet seimbang.

  • Mendukung kesehatan tulang, saraf, dan otot: Nasi putih mengandung magnesium, yang penting untuk kesehatan tulang, membantu ratusan reaksi enzim dalam tubuh, dan diperlukan untuk fungsi saraf serta otot yang baik.
  • Meningkatkan kesehatan usus besar: Ketika nasi putih dimasak dan kemudian didinginkan, kandungan pati resistennya meningkat. Pati resisten ini membantu menjaga kesehatan usus besar dan dapat mengurangi risiko kanker kolorektal.
  • Aman untuk penderita penyakit celiac: Karena nasi putih bebas gluten, ini bisa dikonsumsi oleh orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas terhadap gluten.

Baca Juga: Sering Disandingkan, Apa Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol Sebenarnya?

Nah, demikianlah ulasan terkait berapa jumlah kalori nasi putih. Dalam 186 gram nasi putih memiliki 242 kalori. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

 

Selanjutnya: Promo Alfamart Kebutuhan Dapur 15 Oktober 2024, Bumbu Sajiku Beli 3 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News