Bugar

Berapa Banyak Karbohidrat yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes Per Hari?

Berapa Banyak Karbohidrat yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes Per Hari?

MOMSMONEY.ID - Jika mengidap diabetes, penting untuk tahu berapa banyak karbohidrat yang boleh dimakan penderita diabetes per hari. Ini ulasannya!

Penderita diabetes perlu memperhatikan asupan karbohidrat karena karbohidrat memiliki pengaruh langsung terhadap kadar gula darah.

Karbohidrat yang dikonsumsi akan dipecah menjadi glukosa (gula) dalam tubuh, yang kemudian diserap ke dalam aliran darah.

Oleh karena itu, mengatur jumlah karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: 8 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Vagina Anda, Ada Alpukat

Lantas, berapa banyak karbohidrat yang boleh dimakan penderita diabetes per hari?

Penelitian menunjukkan bahwa berbagai tingkat asupan karbohidrat bisa membantu mengelola gula darah dan jumlah optimal bervariasi untuk setiap individu.

Dikutip dari laman Healthline, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan agar penderita diabetes mendapatkan sekitar 45% kalori dari karbohidrat.

Sementara itu, melansir dari Dokter Sehat, sebuah penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes bisa mendapatkan manfaat yang baik dengan mengurangi asupan karbohidrat hingga maksimal 26% dari total kalori harian.

Jika kebutuhan kalori Anda sekitar 2.000 hingga 2.200 kalori per hari, maka Anda dapat mengonsumsi sekitar 130 hingga 143 gram karbohidrat setiap harinya. Pengurangan karbohidrat ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap dalam rentang normal.

Karena karbohidrat meningkatkan gula darah, menguranginya, berapa pun jumlahnya, dapat membantu Anda mengendalikan kadar gula darah.

Baca Juga: Tidak Sedang Sakit, Apa Penyebab Kematian Mendadak Sebenarnya?

Demikianlah ulasan terkait berapa banyak karbohidrat yang boleh dimakan penderita diabetes per hari. Tidak ada rekomendasi tunggal tentang jumlah karbohidrat yang harus dikonsumsi penderita diabetes.

Namun, mengonsumsi tidak lebih dari 26% dari total kalori harian sebagai karbohidrat bisa membantu mengelola kondisi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Katalog Promo JSM Alfamidi Terbaru Hanya 4 Hari Periode 3-6 Oktober 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News