Keluarga

Langsung dari Ahlinya, Begini Cara Membersihkan Kuas Makeup dengan Tepat

Langsung dari Ahlinya, Begini Cara Membersihkan Kuas Makeup dengan Tepat

MOMSMONEY.ID - Kali ini MomsMoney akan membagikan cara membersihkan kuas makeup dengan tepat.

Kuas makeup yang kotor dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Sisa riasan, kotoran, dan minyak yang terkumpul dalam kuas dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Apabila Anda tidak menjaga kebersihan kuas dengan baik, maka bakteri yang terkumpul dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat hingga ruam pada kulit wajah.

Melansir Elle, Cristina Monaco, Certified Physician Assistant of Schweiger Dermatology Group di New York menyarankan seorang penata rias atau orang yang sering memakai riasan dalam jumlah besar, setidaknya membersihkan kuas setelah digunakan.

Penata rias Ashleigh B. Ciucci menyatakan bahwa kuas alas bedak, concealer, dan bedak harus dibersihkan seminggu sekali. Sementara untuk kuas yang digunakan dengan warna berbeda, bersihkan hingga sela-selanya.

Baca Juga: 4 Jenis Bra Terbaik untuk Payudara Besar, Jangan Salah Pilih Moms!

Mengutip American Academy of Dermatology Association, berikut cara membersihkan kuas makeup dengan tepat yang direkomendasikan oleh dokter kulit:

  1. Bilas ujung kuas dengan air hangat suam-suam kuku untuk menghilangkan sisa riasan. Bilas ujungnya saja dan hindari merendam seluruh kepala kuas karena hal tersebut akan melarutkan lem yang menghubungkan kepala kuas dengan gagangnya.
  2. Isi mangkuk dengan air hangat dan satu sendok sampo atau sabun.
  3. Aduk setiap ujung kuas dan pijat kuas secara perlahan.
  4. Bilas ujung kuas di bawah air mengalir. Gunakan tikar pembersih kuas silikon apabila memungkinkan.
  5. Tambahkan sabun atau sampo dan bilas bulu kuas dengan air mengalir hingga bersih.
  6. Keringkan dengan tisu yang bersih dan kering.
  7. Letakkan kuas dengan posisi menggantung dan hindari menempatkan kuas dalam posisi tegak dalam wadah, karena posisi tersebut dapat membuat lem kuas mengelupas.

Berdasarkan informasi dari The New York Time, dokter kulit di Rumah Sakit Mount Sinai New York, Anne Chaps menyarankan untuk menggunakan sedikit kondisioner setelah membersihkan kuas, terutama kuas alami.

Hindari pula untuk berbagi kuas dengan orang lain, khususnya saat Anda sedang mengalami masalah kulit. 

Demikian cara membersihkan kuas makeup dengan tepat. Jangan lupa juga untuk mengganti kuas yang telah luntur, berbau, atau berubah warna. Apabila Anda merasa kuas riasan yang digunakan tidak sebersih dulu, itu tandanya Anda harus segera menggantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News