AturUang

Begini Cara Terbaik Menginvestasikan Uang untuk Pensiun

Begini Cara Terbaik Menginvestasikan Uang untuk Pensiun

MOMSMONEY.ID - Yuk simak cara terbaik menginvestasikan uang untuk masa pensiun Anda!

Masa pensiun adalah masa yang dinanti sekaligus jadi masa yang cukup menakutkan. Saat pensiun, kita bisa lebih menikmati hidup apabila uang pensiun mencukupi. Namun jika tidak, tentu ini jadi hal yang menakutkan. 

Namun tenang saja, bagi Anda yang masih berada di masa kerja tidak ada kata terlambat. Anda hanya perlu bijak dalam mengelola keuangan dan tentunya disiplin. Yuk simak cara terbaik menginvetasikan uang untuk pensiun!

Baca Juga: Promo Alfamart Paling Murah Sejagat 24-30 November 2023, Harga Ekonomis Sepekan!

Lakukan investasi secara rutin
Saat akan menginvestasikan uang untuk pensiun, langkah paling umum dan utama adalah dilakukan secara rutin dan konsisten. Melansir CIMB Niaga, sebaiknya alokasikan dana setiap bulan ke pos investasi Anda. Anda bisa memanfaatkan fitur autodebet yang sudah disediakan di banyak perbankan. 

Memilih investasi jangka panjang
Melansir HSBC, investasi yang cocok untuk pensiun adalah investasi jangka panjang. Biasanya investasi jangka panjang memberikan imbal hasil yang lebih pasti dan lebih tinggi dibanding jangka pendek. 

Meski sebenarnya tidak masalah memilih instrumen investasi konservatif seperti emas. Namun akan lebih baik jika memilih investasi dana pensiun pada saham, obligasi atau reksadana. 

Saham adalah instrumen investasi yang umumnya menawarkan keuntungan yang lebih besar dibanding instrumen lainnya. Meski profil risikoya juga lebih tinggi. 

Sedangkan obligasi bisa jadi pilihan yang tepat karena memberikan bunga tetap sesuai dengan persetujuan awal. Sehingga Anda bisa memprediksi keuntungan setiap tahun hingga jatuh tempo. 

Reksadana juga cocok untuk investasi dana pensiun. Keuntungan instrumen ini adalah Anda tidak perlu repot mengelola investasi karena ada manajer investasi yang akan mengelolanya. 

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Wajah Tidak Simetris, Genetik Hingga Gaya Hidup!

Susun rencana keuangan dengan jelas
Melansir Manulife, Anda wajib menyusun rencana keuangan dana pensiun dengan cermat. Hal yang perlu jadi pertimbangan antara lain, pada usia berapa berencana pensiun, dana yang dibutuhkan harian selama pensiun, dan sisa waktu yang Anda miliki untuk menyiapkan dana pensiun. 

Jaga kesehatan keuangan
Terakhir demi kelancaran berinvestasi untuk dana pensiun, Anda perlu menjaga kesehatan keuangan. Hindari utang konsumtif dan jaga rasio utang sehat hanya maksimal 30% dari pendapatan rutin. 

Kedua, perkuat dana darurat. Miliki dana darurat minimal 6 kali dari pengeluaran rutin bulanan. Anda bisa menabung dana darurat ini dengan menyisihkan minimal 10% dari pendapatan rutin sampai nilai dana darurat memadai. 

Demikian cara terbaik menginvestasikan uang untuk pensiun. Semoga informasi ini membantu Anda ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News