Keluarga

Begini Cara Bikin Udara di Rumah Lebih Dingin Tanpa AC!

Begini Cara Bikin Udara di Rumah Lebih Dingin Tanpa AC!

MOMSMONEY.ID - Di cuaca yang panas, begini cara bikin udara di rumah lebih dingin tanpa AC!

AC adalah cara paling mudah dan populer untuk mendinginkan udara di dalam rumah dengan cepat. Namun tidak semua rumah memiliki AC.

Baca Juga: Anti Bau Apek, Ini 7 Cara Bikin Udara Rumah Beraroma Segar Tanpa Pengharum Udara

Untungnya, ada banyak cara untuk membuat udara di dalam rumah lebih dingin atau sejuk tanpa AC. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menutup jendela dengan gorden. Kemudian gunakan kipas langit-langit atau kipas lantai. 

Melansir Better Homes and Gardens, berikut cara bikin udara di rumah lebih dingin tanpa AC;
Selain menutup jendela dan menggunakan kipas angin ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba.

Gunakan kipas exhaust
Kipas exhaust ini bisa Anda gunakan di kamar mandi dan dapur untuk menghilangkan udara panas dan lembab. Gunakan kipas ini secara rutin, tidak hanya saat Anda mandi atau memasak saat cuaca panas. 

Matikan lampu
Lampu bohlam menggunakan listrik paling banyak hanya untuk menghasilkan panas. Anda bisa menggunakan lampu LED yang tidak terlalu menghasilkan panas. Sebagai tambahan, matikan semua lampu saat tidak digunakan atau di ruangan tidak ada orangnya. 

Baca Juga: Cara Bikin Ruangan berAC Cepat Dingin Namun Tetap Hemat Listrik

Hindari menggunakan peralatan elektronik yang bisa menghasilkan panas
Ubah rutinitas memasak Anda dengan mengistirahatkan oven. Gunakan alat pemanggang di luar rumah atau pilih makanan yang tidak perlu dipanaskan. Hindari juga menggunakan pemanggang roti, microwave atau pengering rambut.

Buka jendela di malam hari
Saat matahari terbenam, bukan jendela untuk menikmati udara malam yang dingin. Gunakan alat-alat yang bisa mengusir nyamuk dan lalat saat membiarkan udara malam masuk ke dalam rumah. 

Gunakan kasur dan bantal yang dingin
Gunakan kasur, bantal dan seprai yang memberikan sensasi dingin sehingga badan Anda tidak mudah berkeringat. Anda bisa menggunakan seprai dari katun untuk sensasi dingin saat tidur. 

Tidur di lantai
Gunakan kasur di lantai ketimbang memakai dipan. Sebab semakin rendah permukaan semakin dingin udaranya. Anda bisa tidur di lantai menggunakan kasur yang nyaman. 

Selanjutnya: Lantai Atas Selalu Panas? Begini Cara Meningkatkan Sirkulasi Udara Supaya Sejuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News