Keluarga

Begini Cara Menata Ruang Tamu Kecil Jadi Lebih Luas

Begini Cara Menata Ruang Tamu Kecil Jadi Lebih Luas

MOMSMONEY.ID - Menggunakan cara yang tepat untuk menata ruang tamu yang kecil, bisa mengubah ruangan jadi nyaman dan fungsional untuk berkumpul bersama keluarga dan teman. Ruangan terbatas ini juga bisa terasa lebih luas. 

Mulai dari menentukan titik fokus ruangan, mengatur furnitur multiguna, hingga memanfaatkan ruang vertikal, ada berbagai cara mudah membuat ruang tamu kecil lebih fungsional dan terasa lebih luas. 

Baca Juga: Game Bisa Stimulus Otak biar Bekerja Lebih Optimal, lo.

Ruang tamu

Cara menata perabotan di ruang tamu kecil

Menentukan titik fokus yang sesuai dengan cara Anda menggunakan ruang. Bisa berupa dinding TV atau dinding dengan sofa. Letakkan karpet yang cukup besar untuk menampung area tempat duduk utama, baik sofa, couch, atau kursi jenis lainnya. 

  • Atur tempat duduk di sekitar titik fokus.
  • Pilih meja kopi yang sesuai dengan ruangan. 

Begini cara menata ruang tamu kecil jadi lebih luas

Gunakan karpet
Ruang tamu dengan warna cat dinding coklat

Anda bisa menggunakan karpet di ruang tamu terbuka. Karpet bisa menambahkan tekstur lembut pada ruangan. Ini juga akan membuat adanya ilusi area terpisah yang membuat alur bergerak d ruang tamu jadi terasa lebih lega. 

Cara menatanya, Anda bisa meletakan set kursi atau sofa di atas karpet yang besar. Ini membuat ilusi ada area khusus untuk berbincang, sedangkan sisanya sebagai alur bergerak penghuni rumah.

Membuat aksen pada dinding
ruang tamu putih biru dengan hiasan di satu dinding

Dalam ruang tamu yang kecil, cara menatanya, pusatkan benda-benda seni dan dekorasi pada satu dinding akan membuat ruangan lebih rapi. Ini juga akan membuat siapapun jadi lebih bebas bergerak.

Baca Juga: Cara Mengatasi Toilet Tersumbat tanpa Plunger

Membagi ruangan jadi dua

Untuk ruang tamu kecil yang fungsinya dijadikan satu dengan area makan, bagi dua area tersebut dengan sofa utama. Letakan sofa di bagian tengah, kemudian hadapkan sofa ke dinding titik fokus. Kemudian letakan meja makan di punggung sofa. 

Desain di sekitar TV

Apabila Anda ingin memasang TV di ruang tamu, namun tidak ingin membuatnya mendominasi ruang maka hiasi dinding di sekitar TV. Anda bisa membuat lemari modern untuk menyembunyikan kabel, dan membuat kompartemen yang bisa untuk memajang dekorasi ruangan. 

Gunakan ottoman
ruang tamu serba putih dengan ottoman

Ottoman adalah sofa bulat yang cukup besar. Namun, ottoman bisa Anda alihkan fungsi menjadi meja. Maka pertimbangkan penggunaan ottoman yang multifungsi ini pada layout ruang tamu terbatas Anda.

Cara menata ottoman di ruang tamu yang kecil adalah meletakannya berdampingan dengan meja kecil di ruangan tersebut. 

Manfaatkan sudut ruangan
Ruang keluarga dengan gaya rustic

Layout ruang tamu kecil bisa Anda optimalkan dengan memanfaatkan sudut ruangan. Anda bisa menempatkan lampu lantai di sudut yang kosong untuk menyeimbangi pencahayaan tanpa memenuhi ruangan. Bisa juga dengan menempatkan sofa berbentuk L di sudut ruang tamu. 

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Bikin Kulit Cerah, Anda Wajib Punya di Rumah

Gunakan perabotan yang lebih kecil

Cara layout ruang tamu kecil yang tepat adalah mempertimbangkan skalanya. Untuk membuat ruang tamu terasa lapang maka gunakan furnitur skala kecil.

Gunakan penyimpanan vertikal
Interior rumah dengan rak buku

Cara menata ruang tamu kecil terakhir adalah menggunakan lemari vertikal dari dinding menyentuh langit-langit. Ini bisa Anda buat tertutup untuk menyimpan peralatan atau buku yang mudah terlihat berantakan.

Bisa juga membuatnya terbuka dengan banyak kompartemen untuk menyimpan dekorasi ruang tamu. 

Demikian cara menata ruang tamu kecil supaya ruang bermanfaat secara optimal. Semoga bermanfaat, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News