Keluarga

Begini Cara Menyimpan Kasur Agar Tahan Lebih Lama, Bolehkah di Gudang?

Begini Cara Menyimpan Kasur Agar Tahan Lebih Lama, Bolehkah di Gudang?

MOMSMONEY.ID - Kasur bisa bertahan selama 7-10 tahun. Namun jika Anda menyimpan kasur secara tidak benar, maka bisa mempersingkat masa pakainya. Jadi pastikan mengikuti langkah cara menyimpan kasur agar tahan lebih lama!

Melansir Mydomaine, bahan yang perlu Anda siapkan antara lain, ruang kosong, penutup kasur, soda kue, botol semprot, penghilang noda dan deterjen cucian.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Bunga Potong Tetap Segar dan Tahan Lebih Lama

Setelah Anda mengumpulkan semuanya, Anda siap untuk mengemasnya. Yuk simak cara menyimpan kasur agar tahan lebih lama di bawah ini!

Bersihkan kasur sebelum menyimpannya

Sama seperti yang Anda lakukan saat akan menyimpan jaket atau baju lama, penting untuk membersihkannya. Jadi sebelum menyimpan kasur, sebaiknya bersihkan dulu kasir Anda. Jika tidak, baunya akan sangat pengap sehingga Anda bahkan tidak menginginkan kasur tersebut untuk digunakan lagi. 

Mulai dengan menghapus semuanya dari kasur Anda dan bersihkan noda dengan penghilang noda. Kemudian campurkan dua bagian air ke satu bagian deterjen cucian dalam botol semprot, semprotkan ke kasur dan biarkan mengering selama tiga puluh menit. 

Bersihkan kasur untuk menghilangkan debu yang tersisa lalu taburkan soda kue di atasnya. Biarkan selama delapan jam untuk menetralkan bau apapun itu.

Baca Juga: Begini Cara Mendidik Anak-Anak untuk Bisa Saling Menyayangi Satu Sama Lain

Bungkus dengan penutup kasur
Menggunakan penutup kasur dapat memperpanjang usia pakai kasur. Tetapi sebaiknya. gunakan penutup kasur yang berkualutas untuk menjaga agar kelembaban, serangga, kotoran dan debu tidak masuk. Pilih penutup kasur yang memiliki ritsleting untuk memudahkan penyimpanan. 

Lalu bagaimana cara menyimpan kasur yang benar?

Menyimpan kasur dengan cara tegak adalah cara yang paling sering dilakukan karena menghemat ruang. Sayangnya, menyimpan kasur dengan tegak tidak baik untuk isian kasur. Tekanan yang hanya ada pada satu sisi membuat kumparannya bergerak dan melengkung sehingga menghancurkan kasur Anda. 

Sementara itu, menyimpan kasur di lantai bisa membuat kasu terkena debu dan serangga terutama tungau debu. Ini juga akan membatasi aliran udara melalui kasur yang membuat kasur terasa panas di malam hari dan menyebabkan penumpukan jamur dan lumur. Itu juga akan memberikan tekanan pada pinggul dan bahu jika Anda sering tidur menghadap samping.

Apabila Anda ingin menyimpan kasur cadangan di lantai, sebaiknya lapisi terlebih dahulu menggunakan tikar atau permadani sintetis terlebih dahulu untuk mencegah kelembaban. 

Baca Juga: Begini Cara Mencuci Sepatu Putih dengan Tepat

Anda juga tidak disarankan menyimpan kasur di garasi. Kecuali garasi Anda benar-benar bersih. 

Lalu apa cara terbaik menyimpan kasur? Setelah Anda membersihkan dan memasang penutup kasur, letakkan di atas permukaan yang rata untuk meniru posisi alaminya. Jangan letakkan apapun di atas kasur. Simpan kasur Anda di ruangan yang kering sehingga bisa mencegah jamur dan lumut tumbuh. 

Demikian cara menyimpan kasur agar tahan lebih lama. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News