Santai

4 Manfaat Minum Kopi Hitam Buat Kesehatan Jika Dikonsumsi Rutin, Apa Saja?

4 Manfaat Minum Kopi Hitam Buat Kesehatan Jika Dikonsumsi Rutin, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Kopi hitam selama ini mungkin hanya populer karena efek buruknya saja. Padahal ada juga manfaat kopi buat kesehatan.

Dikenal sebagai sumber anti oksidannya yang berlimpah, kopi dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena penyakit serius.

Kopi hitam yang diminum dalam jumlah tepat dan tidak berlebihan, memiliki zat-zat yang jika dikonsumsi dapat mencegah penyakit seperti Alzheimer dan penyakit jantung.

Bukan cuma itu, ada juga beberapa manfaat baik kopi hitam lainnya yang berkhasiat untuk kesehatan.

Baca Juga: Kopi Bisa Bikin Rambut Panjang? Ketahui Fakta dan Cara Melakukannya di Sini

Terhindar dari risiko Alzheimer

Kafein yang terdapat pada kopi dipercaya dapat membantu mengurangi risiko Alzheimer. Dua cup kopi sehari dapat membantu Anda untuk terhindar dari gejala gejala dini demensia yang kerap menyerang wanita.

Melansir dari Hopkins Medicine, penelitian yang ditemukan pada wanita dengan usia 65 tahun ke atas yang mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi sehari dapat terhindar dari adanya gejala dini demensia.

Terhindar dari risiko diabetes tipe 2

Melansir laman Health, disampaikan bahwa peneliti menemukan adanya penurunan sebanyak 6% dari kemungkinan berkembangnya penyakit ini dalam tubuh.

Ini disebabkan karena adanya efek baik dari kafein yaitu sebagai anti-inflamasi dan anti-oksidan. Zat-zat tersebut dapat membantu untuk memaksimalkan pembakaran kalori dalam tubuh dan melindungi kesehatan saluran cerna atau gut microbes.  

Baca Juga: 6 Minuman Sehat Pengganti Kopi Ini, Bisa Tambah Energi Juga lo

Membakar lemak

Selain dapat membantu menambah energi dari dalam tubuh, kopi hitam juga mampu untuk membantu proses pembakaran lemak. Health Line menyebutkan bahwa kafein yang ada pada kopi dapat membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh 3-11%.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa kafein yang ada pada kopi dapat membantu membakar lemak hingga 10% pada penderita obesitas dan 29% pada orang dengan kondisi normal.

Mengandung anti-oksidan

Kopi mengandung anti-oksidan tinggi yang dapat mengurangi peradangan. Inflamasi ini yang menjadi penyebab utama terjadinya penyakit-penyakit serius seperti jantung, stroke, dan bahkan hepatitis.

Dengan mengonsumsi kopi dengan jumlah cukup maka kebutuhan anti-oksidan tentunya dapat terpenuhi dengan baik.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat baik kopi yang berkhasiat untuk kesehatan, Pastikan untuk mengonsumsi dalam jumlah tepat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News