Bugar

Inilah Daftar Makanan yang Harus Dihindari saat Diet, Bisa Bikin Diet Gagal Lho

Inilah Daftar Makanan yang Harus Dihindari saat Diet, Bisa Bikin Diet Gagal Lho

MOMSMONEY.ID - Pejuang diet harus tahu! Inilah makanan yang harus dihindari saat diet. Apa saja, ya?

Saat menjalani diet untuk menurunkan berat badan, memilih makanan yang tepat adalah kunci utama. Namun, banyak orang yang tidak sadar bahwa beberapa makanan yang tampaknya tidak berbahaya justru bisa menggagalkan usaha diet.

Makanan-makanan ini umumnya tinggi kalori, gula, lemak jenuh, atau garam yang berlebihan, yang dapat membuat berat badan sulit turun.

Agar program diet Anda sukses, penting untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang harus dihindari saat diet. Menyadur dari Healthline, berikut adalah daftar makanan yang dapat menggagalkan diet Anda:

1. Makanan dan Minuman Manis

Gula tambahan adalah salah satu penghambat utama dalam diet. Makanan dan minuman yang tinggi gula, seperti soda, jus buah kemasan, kue, dan permen, harus dihindari.

Gula tidak hanya meningkatkan risiko obesitas, tetapi juga dapat memicu penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Selain itu, makanan manis umumnya rendah nutrisi dan membuat Anda cepat lapar kembali.

Baca Juga: Rekomendasi Minyak yang Baik untuk Diet Ada di Sini, Cek yuk

2. Makanan Olahan

Makanan olahan biasanya mengandung banyak garam, gula, dan lemak trans. Jenis makanan ini sering kekurangan serat dan nutrisi penting, sehingga tidak membantu proses penurunan berat badan.

Contoh makanan olahan yang sebaiknya dihindari termasuk sosis, bacon, dan makanan cepat saji.

3. Minuman Beralkohol

Alkohol bisa mengganggu upaya penurunan berat badan karena kandungan kalorinya yang tinggi, dan sering kali dikonsumsi bersama makanan berkalori tinggi. Selain itu, alkohol bisa mengurangi kemampuan Anda untuk membuat pilihan makanan yang sehat.

4. Produk dari Tepung Putih

Tepung putih yang terdapat dalam roti putih, pasta, dan kue, kehilangan sebagian besar serat dan nutrisinya karena proses pemurnian.

Makanan ini dapat meningkatkan kadar gula darah dan membuat Anda cepat merasa lapar kembali. Sebaiknya pilih produk yang dibuat dari biji-bijian utuh sebagai alternatif yang lebih sehat.

Baca Juga: Bisa Jangkiti Kaum Muda, Ini Ciri-Ciri Kolesterol di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

5. Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Trans

Lemak jenuh dan trans, yang biasanya ditemukan dalam margarin, kue kering, dan makanan cepat saji, dapat merusak diet Anda dan juga berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Pilihlah sumber lemak yang lebih sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, atau ikan berlemak yang mengandung lemak baik.

6. Camilan Tinggi Kalori

Camilan seperti keripik, biskuit, dan cokelat bar sering kali mengandung banyak kalori, tetapi sedikit nutrisi. Makanan ringan ini dapat meningkatkan total asupan kalori Anda.

Sebagai gantinya, pilihlah camilan sehat seperti buah, sayuran, atau kacang-kacangan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

7. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji biasanya tinggi kalori, lemak, dan natrium, serta rendah nutrisi. Konsumsi makanan cepat saji secara berlebihan dapat menghambat penurunan berat badan dan berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Efek Gula Darah Tinggi pada Wanita yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Nah, itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat diet. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News