Keluarga

Auto Mulus! Begini 7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Besar pada Wajah

Auto Mulus! Begini 7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Besar pada Wajah

MOMSMONEY.ID - Memiliki pori-pori besar memang tidak berdampak pada kesehatan kulit, namun pori-pori besar dapat menimbulkan seseorang kurang percaya diri.

Pori-pori yang tampak besar mungkin disebabkan oleh jerawat, riasan komedogenik, dan peningkatan produksi sebum yang menyebabkan kulit berminyak.

Lantas, bagaimana cara mengecilkan pori-pori agar wajah tampak mulus?

Melansir Healthline, berikut beberapa cara mengecilkan pori-pori besar pada wajah yang dapat Anda lakukan di rumah:

Baca Juga: Perempuan Wajib Tahu 5 Cara Jaga Daerah Intim biar Jauh dari Penyakit

1. Rajin membersihkan wajah

Pori-pori besar memiliki kaitan erat dengan kulit berminyak. Oleh karena itu, carilah pembersih berbahan dasar gel. Namun untuk kulit normal hingga kering, gunakan pembersih bertekstur krim.

Pembersih seperti Cetaphil, Dermalogica Special Cleasing Gel, dan Dr. Brandt Pores No More Cleanser dapat Anda coba.

Pastikan untuk membersihkan wajah dengan air hangat, pijat hingga bersih secara melingkar ke seluruh wajah dan leher setidaknya selama 30-60 detik lalu bilas hingga bersih dan tepuk-tepuk kulit Anda hingga kering tanpa menggosoknya.

Ulangi proses tersebut setiap pagi dan malam untuk menyeimbangkan kuit dan menjaga pori-pori tetap sehat.

2. Eksfoliasi dengan AHA atau BHA

Eksfoliasi kulit dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori tanpa membuat kulit terkelupas secara berlebihan. Setidaknya eksfoliasi kulit Anda satu hingga dua kali dalam seminggu.

Apabila saat ini wajah Anda sedang berjerawat, maka hindari eksfoliasi kulit untuk menghindari iritasi pada jerawat.

Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) atau asam beta-hidroksi (BHA). Meski keduanya dapat memaksimalkan eksfoliasi kulit, namun BHA dapat menembus jauh ke dalam pori-pori untuk mengatasi jerawat.

Tapi apabila Anda memiliki alergi terhadap aspirin, sebaiknya hindari penggunaan eksfoliasi yang mengandung BHA.

3. Gunakan pelembab

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang dengan tipe kulit berminyak adalah tidak menggunakan pelembab karena mereka takut akan menambah produksi minyak di wajah.

Padahal, pelembab membantu sebum alami menembus lapisan kulit yang lebih dalam sehingga produksi minyak berkurang, namun tetap membantu mengondisikan kulit secara efektif. Kuncinya, gunakan pelembab yang memiliki tekstur dasar air yang ringan.

4. Pakai masker tanah liat

Menggunakan masker tanah liat satu atau dua kali dalam seminggu dapat membantu menghilangkan minyak, kotoran, dan kulit mati jauh di dalam pori-pori. Dengan menggunakan masker ini, pori-pori di wajah tampak kecil.

Meski demikian, hindari penggunaan masker bersamaan dengan eksfoliasi ya, Moms. Karena hal tersebut akan memicu iritasi pada kulit.

Baca Juga: Catat, Tiket Kereta Api untuk Angkutan Lebaran Sudah Bisa Dibeli Mulai Besok

5. Pakai sunscreen setiap hari

Sunscreen wajib dimiliki semua orang, karena kerusakan akibat matahari dapat meningkatkan risiko kanker dan kerutan, serta membuat kulit menjadi kering dan pori-pori menjadi tampak lebih besar.

Gunakan sunscreen minimal SPF 30 dan memakainya setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah. Untuk memaksimalkan perlindungan dari matahari, Anda bisa gunakan juga pelembab dan alas bedak yang mengandung SPF.

6. Hindari tidur dengan riasan

Tidur dengan riasan semalaman dapat meningkatkan perkembangan bakteri dan menyumbat pori-pori. Esok harinya, hal ini mungkin akan membuat pori-pori tampak lebih besar.

Oleh karena itu, bersihkanlah wajah dari riasan sebelum tidur saat malam hari tak peduli seberapa lelahnya Anda atau seberapa larutnya Anda sampai di rumah.

7. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Mengonsumsi air setidaknya delapan gelas dalam sehari dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Dengan mengonsumsi air yang cukup, maka Anda dapat memperbaiki warna kulit dan menghilangkan racun dari tubuh.

Ingat, kunci utama mengecilkan pori-pori adalah menjaga kelembapan kulit dengan baik. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu penuhi kebutuhan cairan dengan baik ya, Moms!

Demikian cara mengecilkan pori-pori besar pada wajah yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Apabila Anda melihat pori-pori di wajah tampak besar, coba pertimbangkan untuk mengganti beberapa produk perawatan wajah yang digunakan.

Hindari pula penggunaan produk yang mengandung alkohol, pewarna, pewangi, dan pengawet.

Selanjutnya: Promo JSM Alfamart Spesial Pemilu 14-18 Februari 2024, Lebih Murah Hanya 5 Hari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News