Santai

Dijamin Mulus, Ini 4 Cara Mudah Atasi Kulit Wajah Bertekstur

Dijamin Mulus, Ini 4 Cara Mudah Atasi Kulit Wajah Bertekstur

MOMSMONEY.ID - Kerap kali bikin tidak percaya diri, cari tahu beberapa penyebab dan cara mengatasi kulit bertekstur ini.

Kulit bertekstur merupakan hal wajar yang bisa dianggap menjadi masalah kulit. Sebab kulit yang bertekstur bisa membuat penampilan make up jadi tidak mulus.

Munculnya kulit bertekstur tidaklah instan, ada beberapa penyebabnya. Salah satu yang dilansir dari laman Mind Body Green adalah karena jerawat.

Baca Juga: Cara Melakukan Perawatan Co-Washing, Cuma Pakai Kondisioner Rambut Saja

Bekas jerawat dan hyperpigmentasi bisa menyebabkan kulit menjadi lebih bertekstur. Selain itu masalah gangguan kulit seperti eczema dan kurangnya kolagen juga bisa menyebabkan kulit bertekstur.

Lalu bagaimana cara mengatasi kulit yang bertekstur? Simak caranya berikut ini.

Gunakan retinol

Skincare yang mengandung retinoid berguna untuk membantu regenerasi kulit dan menstimulasi produksi kolagen di kulit. Walau ampuh namun hasil penggunaan retinol tidak bisa dilihat secara instan.

Penggunaan rutin minimal dua kali seminggu wajib dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari retinol. Jika digunakan rutin, manfaat seperti berkurangnya garis halus, warna kulit merata, hingga berkurangnya tekstur kulit pun bisa didapatkan.

Selalu gunakan sunscreen

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan beberapa masalah gangguan pada kulit. Termasuk membuat tekstur kulit menjadi tidak rata dan pori-pori membesar.

Untuk mencegah munculnya permasalahan kulit tersebut, penggunaan sunscreen ber-SPF pun perlu untuk dilakukan. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk mencegah dan melindungi kulit dari ancaman radiasi sinar matahari.

Jangan lupa juga untuk menggunakannya setiap saat baik di luar dan di dalam ruangan.

Baca Juga: 5 Manfaat Keratin Buat Rambut, Bukan Cuma Bikin Rambut Lembut

Eksfoliasi

Cara yang dikenal ampuh untuk mengatasi kulit bertekstur adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi. Lakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. Gunakan juga produk eksfoliasi yang mengandung kandungan AHA.

Sebab AHA bekerja memperbaiki kondisi kulit dengan menghilangkan kotoran dan kulit mati yang ada di bagian permukaan kulit. Menumpuknya kotoran dan kulit mati juga bisa jadi penyebab munculnya jerawat yang memicu kulit jadi lebih bertekstur.

Gunakan serum vitamin C

Salah satu manfaat vitamin C yang dijelaskan dari laman Byrdie adalah bisa membantu meratakan warna kulit dan meratakan tekstur kulit.

Hal tersebut disebabkan karena vitamin C merupakan salah satu anti oksidan populer yang bisa membantu mempercepat proses perbaikan sel-sel rusak.

Jika sel-sel kulit yang rusak di kulit bisa diperbaiki maka tampilan kulit yang sehat, mulus, dan glowing pun bisa diperoleh dengan mudah. Serum vitamin C juga bisa membantu mengurangi pigmentasi, bekas jerawat, dan tanda penuaan dini.

Nah, itulah tadi penyebab dan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit bertekstur. Cobain, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News