Bugar

Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung yang Sehat dan Enak

Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung yang Sehat dan Enak

MOMSMONEY.ID - Cek beberapa pilihan lauk pauk untuk penderita asam lambung yang sehat dan enak ini, yuk.

Penderita asam lambung harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan, termasuk lauk pauk, agar tidak memicu gejala yang tidak nyaman.

Namun, ini bukan berarti mereka harus mengorbankan kenikmatan makan. Berikut adalah beberapa pilihan lauk pauk untuk penderita asam lambung yang sehat dan enak:

1. Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak, sehingga cocok untuk penderita asam lambung. Pilihlah ikan seperti salmon, tuna, atau ikan nila, dan masak dengan cara dikukus atau direbus agar lebih sehat.

Baca Juga: Dijamin Ampuh, Ini 5 Buah Penurun Asam Urat dan Kolesterol Paling Cepat

2. Ayam 

Ayam tanpa kulit yang direbus adalah pilihan lauk yang rendah lemak dan mudah dicerna. Hindari penggunaan bumbu yang terlalu pedas atau asam saat memasak ayam untuk menghindari iritasi lambung.

3. Tahu dan Tempe

Melansir dari Nutriflakes, kedua produk kedelai ini merupakan sumber protein nabati yang baik dan rendah lemak. Tahu dan tempe bisa diolah dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang dengan sedikit bumbu untuk menambah rasa.

Baca Juga: Begini Cara Meredakan Nyeri Ulu Hati karena Asam Lambung

4. Sayuran 

Sayuran seperti brokoli, bayam, dan wortel adalah pilihan yang baik untuk lauk pauk. Sayuran ini kaya akan serat dan nutrisi, serta rendah asam yang dapat memicu gejala asam lambung. Hindari sayuran yang dapat meningkatkan asam lambung seperti bawang dan tomat.

5. Udang

Udang merupakan sumber protein yang rendah lemak dan rendah kalori, cocok untuk penderita asam lambung. Pastikan untuk memasak udang tanpa menggunakan bumbu yang terlalu pedas atau asam.

Baca Juga: Rekomendasi Minuman Buka Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Cek yuk!

6. Sup Sayur atau Ayam

Sup merupakan pilihan yang baik untuk penderita asam lambung karena mudah dicerna. Sup sayur atau ayam dengan kaldu yang jernih dan tidak terlalu kental dapat menjadi pilihan lauk pauk yang sehat.

Demikianlah beberapa rekomendasi pilihan lauk pauk untuk penderita asam lambung. Pastikan untuk makan dalam porsi yang wajar dan tidak terlalu banyak dalam satu waktu untuk menghindari tekanan berlebih pada lambung.

Dengan memilih lauk pauk yang tepat, penderita asam lambung dapat menikmati makanan yang sehat dan enak tanpa khawatir akan gejala yang tidak nyaman.

Selanjutnya: Bersih-Bersih Jelang Lebaran, Bisa Coba Rekomendasi Produk dari Dyson Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News