Bugar

Apakah Aman Konsumsi Madu untuk Diabetes? Ini Jawabannya

Apakah Aman Konsumsi Madu untuk Diabetes? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan, terutama untuk makanan manis. Madu seringkali dipandang sebagai pemanis alami yang lebih sehat dibandingkan gula pasir. Namun, apakah aman konsumsi madu untuk diabetes sebenarnya?

Dikutip dari Hello Sehat, peningkatan kadar gula darah bisa dipicu oleh konsumsi berbagai jenis makanan, terutama yang mengandung karbohidrat.

Seperti yang dijelaskan oleh American Diabetes Association, semua makanan yang terdiri dari karbohidrat berpotensi meningkatkan kadar gula darah, termasuk makanan yang mengandung gula alami seperti sukrosa yang ditemukan dalam gula tebu, gula bit, atau madu.

Ketika madu dikonsumsi, sistem pencernaan memproses sukrosa menjadi glukosa yang kemudian dilepaskan ke dalam aliran darah.

Oleh karena itu, mengganti gula dengan madu mungkin tidak memberikan perbedaan signifikan dalam pengelolaan diabetes karena keduanya memiliki efek yang serupa dalam meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga: Bahaya Konsumsi Minuman Soda untuk Kesehatan Tubuh Anda, Bisa Sebabkan Ini

Walaupun madu memiliki indeks glikemik yang sedikit lebih rendah dibandingkan gula pasir—58 berbanding 60—ini tidak secara otomatis membuat madu menjadi pilihan yang jauh lebih sehat.

Indeks glikemik (GI) sendiri adalah ukuran yang menunjukkan seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah. Semakin tinggi GI, semakin cepat pula pengaruhnya terhadap peningkatan gula darah.

Penelitian lebih lanjut telah dilakukan untuk mengeksplorasi potensi madu dalam pengobatan diabetes. Beberapa studi, seperti yang diterbitkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity, menunjukkan bahwa madu mungkin memiliki efek hipoglikemik yang berpotensi mengendalikan kadar gula darah.

Penelitian lain dalam jurnal Pharmacognosy Research mengindikasikan bahwa properti anti-inflamasi dalam madu bisa menghambat komplikasi diabetes yang berkaitan dengan penyakit jantung dan saraf.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Jus Penurun Gula Darah yang Ampuh, Anda Wajib Coba

Namun, meski ada beberapa bukti yang mendukung, banyak penelitian mengenai madu dan diabetes masih berskala kecil dan terbatas. Hasil riset ini perlu diuji lebih lanjut dalam jangka panjang dan pada populasi yang lebih luas sebelum dapat dianggap konklusif.

Jadi, apakah aman konsumsi madu untuk diabetes? Madu aman untuk dikonsumsi penderita diabetes dengan catatan jumlahnya tidak melebihi batas asupan gula tambahan yang disarankan. Karena meskipun pemanis alami, konsumsi madu tetap dapat meningkatkan gula darah.

Baca Juga: 6 Minuman Penurun Gula Darah yang Ampuh, Coba yuk

Dalam satu sendok madu terkandung sekitar 17,25 gram gula. Menurut rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI, asupan gula tambahan yang dianjurkan tidak boleh lebih dari 50 gram per hari.

Oleh karena itu, penggunaan madu sebagai pengganti gula untuk penderita diabetes idealnya dibatasi hanya sekitar 2-3 sendok madu setiap hari. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News