Bugar

Apa yang Terjadi Jika Makan Ayam Goreng Setiap Hari? Ini Dampaknya bagi Tubuh

Apa yang Terjadi Jika Makan Ayam Goreng Setiap Hari? Ini Dampaknya bagi Tubuh

MOMSMONEY.ID - Makanan favorit banyak orang. Apa yang terjadi jika makan ayam goreng setiap hari, ya?

Ayam goreng adalah salah satu makanan favorit yang sulit ditolak. Rasanya yang gurih dan renyah membuat banyak orang ketagihan.

Namun, mengonsumsi ayam goreng setiap hari bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh, terutama jika tidak dikonsumsi secara bijak.

Meskipun ayam adalah sumber protein yang baik, cara memasaknya, terutama dengan digoreng, dapat mengubah manfaat kesehatan menjadi risiko kesehatan.

Baca Juga: Rekomendasi Minyak yang Baik untuk Diet Ada di Sini, Cek yuk

Lalu, apa yang terjadi jika makan ayam goreng setiap hari? Melansir dari Eat This, berikut adalah beberapa dampaknya pada tubuh Anda:

1. Kembung

Makanan berlemak seperti ayam goreng dicerna lebih lambat, yang berarti makanan ini bergerak perlahan di saluran pencernaan Anda dan dapat menyebabkan perasaan kembung.

Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak jenuh dan trans yang bisa membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman.

2. Kenaikan berat badan

Jika Anda sering memilih ayam goreng sebagai menu sehari-hari, Anda berisiko mengalami kenaikan berat badan. Ayam goreng mengandung lebih banyak kalori daripada ayam yang dimasak dengan cara lain.

Menurut ahli, ketika digoreng, makanan dapat menyerap lebih banyak lemak dari minyak, sehingga lebih padat kalori.

Minyak yang digunakan untuk menggoreng juga bisa mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan berisiko menyebabkan masalah jantung.

Baca Juga: Bisa Jangkiti Kaum Muda, Ini Ciri-Ciri Kolesterol di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

3. Lesu dan tidak berenergi

Makan ayam goreng dalam jumlah besar dapat membuat Anda merasa lesu atau tidak berenergi. Hal ini karena makanan yang digoreng dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik di usus, yang berperan penting dalam pencernaan dan suasana hati.

Usus Anda memproduksi sebagian besar serotonin tubuh yang memengaruhi perasaan baik. Mengonsumsi makanan yang menyebabkan peradangan, seperti ayam goreng, bisa mengurangi produksi bakteri baik dan membuat Anda merasa lelah.

4. Risiko kematian lebih tinggi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di tahun 2019 menunjukkan bahwa wanita yang makan satu porsi ayam goreng setiap hari memiliki risiko kematian 13% lebih tinggi dari berbagai penyebab dibandingkan dengan mereka yang tidak makan makanan gorengan.

Baca Juga: Efek Gula Darah Tinggi pada Wanita yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Nah, itulah ulasan terkait apa yang terjadi jika makan ayam goreng setiap hari. Anda masih boleh makan ayam goreng. Namun, perhatikan jumlahnya dan pastikan porsi Anda ada di batas wajar, ya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Ini 5 Benda yang Wajib Anda Singkirkan dari Ruang Tamu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News