Keluarga

Ini 5 Jenis Tanaman Obat yang Wajib Punya di Rumah

Ini 5 Jenis Tanaman Obat yang Wajib Punya di Rumah

MOMSMONEY.ID - Jenis tanaman berikut ini bisa berfungsi sebagai obat sehingga Moms wajib punya di rumah.

Melansir How Stuff Works, jauh sebelum manusia mengetahui soal obat-obatan modern, mereka tergantung pada tanaman untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Arkeolog menemukan bukti bahwa pengobatan herbal ini sudah dipraktikkan sejak 60.000 tahun yang lalu. 

Jadi, tidak ada salahnya Moms juga perlu mengetahui jenis tanaman apa yang bisa dijadikan obat.

Ini bukan berarti Moms harus berhenti datang ke rumahsakit saat dibutuhkan. Melainkan, tanaman ini bisa berguna untuk menaikan imun tubuh dan menyembuhkan beberapa penyakit ringan.

Baca Juga: Cegah Stres, Ini 5 Makanan dan Minuman Penyebab Stres yang Harus Anda Kurangi

Jenis tanaman yang bisa dijadikan obat herbal

Peppermint

Tanaman peppermin bisa dijadikan obat herbalkarena baik untuk mual, sakit perut, sakit kepala, demam dan nyeri.

Nah, peppermint bisa tumbuh di tempat yang teduh. Jadi, peppermint sebaiknya ditanam di lokasi yang tidak langsung terkena Matahari. Selain itu, peppermint juga harus sering disirami. 

Chamomile

Tanaman chamomile memiliki rasa sedikit seperti apel dang sangat baik untuk mengatasi cemas dan kesulitan tidur. Chamomile sudah lama digunakan dan cukup aman digunakan. 

Untuk menanamnya, Moms bisa langsung menanam benihnya atau menyemainya. Chamomile suka dengan udara yang dingin dan memiliki toleransi tinggi di wilayah yang kering.

Selain itu, saat menanam chamomile, jangan terlalu banyak menggunakan pupuk karena akan membuat bunga yang tumbuh jadi lebih sedikit. 

Baca Juga: Moms, Ini 5 Manfaat Wheatgrass untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Echinacea

Echinacea adalah tanaman dengan bunga berwarna ungu terang dan mahkota bunga berbentuk kerucut. Bunga dan akar tanaman ini berfungsi untuk membuat obat pilek dan batuk. 

Echinacea juga bisa digunakan untuk menstabilkan gula darah, mempercepat proses penyembuhan dan sebagai obat untuk gigitan ular berbisa. 

Yarrow

Tanaman obat dengan nama ilmiah Achillea millefolium ini memilikireputasi yang sangat bagus. Ada cerita di mitologi Yunani yang mengatakan, bagwa Achilles mendapatkan nama dan kekuatan dari tanaman ini. 

Yarrow adalah tanaman yang bisa menarik serangga yang menguntungkan dan mengusir hama. Serta memiliki manfaat untuk pengobatan. 

Yarrow dapat digunakan untuk meredakan peradangan dan memar serta menyembuhkan rumah, gigitan serangga dan sengatan. Yarrow juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan dan cukup populer digunakan oleh para tentara.

Catnip

Catnip adalah salah satu tanaman yang cukup populer bagi Anda pecinta kucing. Namun, ternyata, Catnip tak hanya bermanfaat untuk kucing, lo.

Catnip kaya akan vitamin B yang bisa menenangkan sistem saraf tubuh. Catnip kerap digunakan untuk menenangkan anak-anak yang sedang tumbuh gigi atau rewel.

Nah, itu tadi 5 tanaman yang bisa dijadikan obat herbal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News