Keluarga

Anti Boros, Kenali 4 Cara Menyimpan Bawang biar Tak Mudah Busuk

Anti Boros, Kenali 4 Cara Menyimpan Bawang biar Tak Mudah Busuk

MOMSMONEY.ID - Moms jadi sering boros belanja karena bahan dan bumbu makanan seperti bawang tak awet dan mudah membusuk? Tenang, kini Momsmoney menghadirkan cara menyimpan bawang agar tak mudah busuk.

Perlu diketahui, untuk dapat menyimpan bawang dengan benar supaya tak mudah membusuk, Moms harus mengenali faktor-faktor yang menyebabkan bawang jadi mudah membusuk.

Terdapat dua faktor yang bisa membuat bawang jadi tak awet, yaitu kelembapan dan suhu.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Suhu dan tingkat kelembapan yang terlalu tinggi membuat bawang membusuk dengan cepat.

Nah, untuk menghindari supaya bawang tak mudah membusuk, MomsMoney menghadirkan aneka cara menyimpan bawang yang benar supaya bawang tetap awet.

Ingin tahu bagaimana cara menyimpan bawang supaya tetap awet dan tak mudah membusuk? Merangkum dari Maggi & Healthline, berikut selengkapnya:

Baca Juga: Sering Kita Konsumsi, 6 Makanan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Racun untuk Tubuh

Simpan bawang jauh dari buah

Cara menyimpan bawang yang paling ampuh adalah dengan menghindarkannya dari buah. Tahu kenapa sebabnya?

Sebab, buah mengeluarkan senyawa hidrokarbon bernama gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan buah/sayur lain yang ada di sekitarnya, termasuk bawang!

Ini tentu sangat berisiko apabila bawang disimpan di dekat buah. Sebab, bawang akan jadi cepat matang dan akan membusuk lebih mudah.

Moms tentu tak mau stok bawang jadi layu semua, kan? Maka dari itu, menyimpan bawang jauh dari buah adalah cara terbaik menghindari pembusukan dengan cepat sekaligus agar bawang tetap awet.

Baca Juga: Mudah Diaplikasikan, Ini 6 Cara Memilih Ikan Segar Berdasarkan Ciri-cirinya

Simpan terpisah

Bawang putih

Cara menyimpan bawang yang pertama adalah dengan menyimpannya secara terpisah.

Pisahkan bawang sesuai jenisnya masing-masing. Pisahkan jenis bawang merah dengan jenis bawang putih.

Dan, apabila kulit bawangnya ada yang terkelupas juga wajib dipisahkan. Ini karena jika bawang sudah terkelupas dari kulitnya, maka masa simpannya jadi lebih sebentar.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Tempat kering dan gelap

Bawang merah

Baca Juga: 6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Makan di Prasmanan

Sifat bawang yang mudah busuk sangat tidak cocok apabila disimpan terlalu lama di ruangan yang tertutup seperti kantong plastik ataupun toples biasa.

Menurut National Onions Association (NOA) yang dilansir melalui Healthline, cara menyimpan bawang agar tetap awet tahan lama adalah jika bawang ditempatkan pada tempat yang dingin, kering, gelap, dan berventilasi.

Bahkan, salah satu penemuannya menyatakan bahwa suhu terbaik menyimpan bawang ada di kisaran 4-10°C.

Moms bisa mulai menyimpan bawang di tempat yang memiliki ventilasi baik & bersuhu dingin seperti toples tanpa tutup, toples berongga, hingga menyimpannya di garasi mobil yang gelap dan dingin.

Baca Juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Ikan Segar dalam Freezer Agar Bertahan Lama

Simpan di kulkas

Namun, bagaimana jika kulit bawang telah terlanjur dikupas? Apa yang harus dilakukan? Tenang, cara terbaik menyimpan bawang yang kulitnya telah terkelupas adalah dengan ditempatkan di dalam kulkas.

Bawang akan awet selama 2-3 minggu jika berada di tempat khusus dari kulkas.

Baca Juga: 4 Tips agar Minyak Tidak Meletup saat Menggoreng Ikan

Simpanlah bawang yang telah dikupas kulitnya di dalam kulkas tanpa harus dicuci dulu. Hal ini bisa membuat bawang tidak mudah busuk.

Itulah 4 cara menyimpan bawang yang perlu Moms ketahui. Kini, Moms bisa ikuti cara-cara di atas agar bawang jadi awet dan tak mudah membusuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News