Keluarga

Alkohol Medis Bisa Digunakan Untuk Membunuh Kutu Kasur & Telurnya, Fakta?

Alkohol Medis Bisa Digunakan Untuk Membunuh Kutu Kasur & Telurnya, Fakta?

MOMSMONEY.ID - Yuk cari tahu apakah alkohol medis bisa digunakan untuk membunuh kutu kasur dan telurnya! Fakta atau mitos ya?

Saat Anda mengetahui keberadaan kutu kasur di kamar, tentu Anda ingin segera membunuhnya. Jika Anda memiliki alkohol medis atau alkohol gosok, bukan tak mungkin ini jadi pertolongan pertama untuk membunuh kutu kasur. 

Namun benarkah alkohol medis bisa digunakan untuk membunuh kutu kasur? Melansir Healthline, alkohol medis, alkohol gosol atau alkohol isopropil bisa membunuh kutu kasur. 

Baca Juga: Promo Beli BBM di MyPertamina Cashback Hingga 40.000 OVO Poin

Alkohol ini bisa digunakan untuk membunuh kutu kasur dan telurnya. Caranya dengan menyemprotkan alkohol ke bagian di mana Anda menemukan kutu kasur, tungau atau kutu busuk.

Namun sebelum Anda mulai menggunakan alkohol medis, Anda harus tahu bahwa menggunakan alkohol medis tidak terlalu efisien dalam membasmi kutu kasur dan bisa berbahaya. 

Bagaimana cara kerja alkohol medis membunuh kutu kasur?
Alkohol medis bekerja dalam dua cara untuk membunuh kutu kasur. Pertama, alkohol menjadi pelarut yang menggerogoti kulit luar kutu kasur. Kedua, alkohol bertindak sebagai pengering suatu zat.

Ketika kulit luar kutu kasur larut, alkohol akan mengeringkan bagian dalam kutu kasur. Ini akan membunuh telur kutu kasur juga dengan cara melarutkan dan mengeringkat telur supaya tidak menetas. 

Kenapa alkohol tidak efektif dalam membunuh kutu kasur?

Alkohol medis atau gosok bisa saja tidak efektif untuk membunuh kutu kasur. Sebab Anda perlu benar-benar menyemprotkan alkohol langsung ke kutu kasur. Tentu ini hal yang sulit sebab kerap kali kutu kasur dengan cepat lari saat kita menemukan mereka. 

Baca Juga: Belanja di Alfagift ada Promo Cashback 12.000 OVO Poin

Selain itu penelitian yang dilakukan Rutger University menunjukkan alkohol dengan kandungan 50% dan 91% hanya bisa membasmi setengah dari populasi yang ditemukan. Padahal kutu kasur betina bisa menghasilkan 250 telur sepanjang hidupnya. 

Terakhir, alkohol medis sangat mudah terbakar. Meski cepat mengering, menyemprotkanya ke kain dan perabotan sama saja menciptakan bahaya kebakaran. 

Nah itu tadi penjelasan apakah alkohol medis  bisa digunakan untuk membunuh kutu kasur. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News