Keluarga

Tenang, Begini Cara Membasmi Kutu Kasur

Tenang, Begini Cara Membasmi Kutu Kasur

MOMSMONEY.ID - Kutu kasur seringkali sulit untuk dibasmi, sehingga Anda membutuhkan beberapa pendekatan untuk membunuhnya. 

Melansir Healthline, kutu kasur biasanya hanya berukuran 5 milimeter atau lebih kecil dibanding penghapus pensil. Serangga ini cukup cerdas dang tangguh, serta mereka berkembangbiak dengan sangat cepat. 

Kutu kasur tahu di mana mereka harus bersembunyi agar tidak terdeteksi dan dapat hidup berbulan-bulan. Kutu kasur betina bisa menghasilkan 500 butir telur selama hidupnya. 

Baca Juga: Promo McD Hemat Pesan 3 Ayam, Nasi, Minuman Rp 59.091 Edisi sampai 1 Oktober 2023

Sehingga tidak mengherankan jika penghisap darah ini dapat menyebabkan banyak masalah di rumah Anda. Jika mereka ada di kasur Anda maka mereka akan meninggalkan bekas merah dan gatal di sekujur tubuh. 

Bagaimana cara membasmi kutu kasur? 

Identifikasi seluruh area di rumah Anda
Jika Anda menemukan kutu kasur, segera temukan di mana saja mereka berkembangbiak dan hidup sebelum mereka benar-benar semakin bertambah banyak. 

Kutu kasur memiliki tubuh yang mungil, sehingga sangat mudah mereka bersembunyi di tempat-tempat sempit seperti disela-sela kasur atau sofa bahkan dilipatan gorden. 

Sehingga cari kutu kasur di seluruh bagian kasur Anda, pada celah-celah tempat tidur dan kepala tempat tidur, di antara sofa dan bantal, di stopkontak, di balik lukisan, di balik wallpaper yang longgar dan di tempat-tempat yang mudah jadi tempat persembunyian. 

Gunakan senter dan kaca pembesar di area-area tesebut. Kutu kasur yang masih hidup biasanya memiliki warna merah. Nah area-area ini bisa diidentifikasi dengan keberdaan kotoran mereka yang seperti titik hitam, noda kemerahan, dan telur kecil berwarna kuning telur, kuning cangkang telur dan kulit yang berwarna kuning. 

Baca Juga: Bikin Ikut Mikir, Ini Rekomendasi 6 Variety Game Show Korea yang Wajib Tonton

Segera kendalikan kutu kasur
Jika Moms sudah menemukan lokasi keberadaan kutu kasur, segera kendalikan. Anda bisa menyalakan vacuum cleaner dan bersihkan debu di semu area ditemukannya kutu kasur, mulai dari kasur, lemari pakaian, karpet dan alat-alat elektronik lainnya. 

Segera ikat kencang plastik yang berisi hasil penyedotan kutu kasur dengan vacuum cleaner. Buang jauh-jauh. Kemudian bungkus semua kain dan baju yang sudah terinfeksi dengan plastik, sampai Anda bisa mencucinya. 

Saat akan mencuci gunakan pengaturan mesin dengan suhu paling tinggi. Kemudian keringkan dengan mesin selama 30 menit. Jika ada kain yang tidak boleh dicuci dengan mesin, diamkan di dalam plastik hingg beberapa bulan jika memungkinkan, sampai kutu kasur mati kemudian cuci bersih. 

Jika Anda tidak bisa membersihkan furnitur, segera buang. Jangan lupa rusak furnitur terlebuh dahulu dan informasikan bahwa furnitur itu mengandang kutu kasur. 

Cegah kutu kasur kembali nyaman di rumah
Sebelum membersihkan rumah Anda dari serangan kutu kasur, Anda perlu melakuan persiapan ini. Pastikan semua benda di rumah Anda sudah dibersihkan atau dibuang. 
Kemudian singkirkan beberapa benda yang bisa jadi tempat kutu busuk seperti buku, pakaian dan apapun yang tergeletak di lantai atau di bawah tempat tidur. Jangan pindahkan benda yang sudah terkena kutu kasur ke ruangan yang bersih.
Lalu segera perbaiki bagian wallpaper yang sudah melonggar, tutup retakan dinding dan furnitur atau celah apapun yang Anda temukan dan rekatkan stopkontak yang terbuka. 

Baca Juga: Sinopsis Petualangan Sherina 2, Nostalgia Masa Kecil Bareng Sherina dan Sadam Yuk

Bunuh kutu kasur
Anda bisa membasmi kutu kasur secara alami. Serangga ini sangat mudah mati dalam kondisi panas tingga sekitar 46 derajat Celcius atau suhu yang sangat dingin yaitu minimal 0 derajat Celcius. 

Jadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Cuci peralatan tidur dan baju dengan air panas selama 30 menit, dan keringkan di suhu panas selama 30 menit. 
  2. Gunakan mesin uap untuk kasur, sofa dan tempat-tempat bersembunyi kutu kasur
  3. Bungkus benda-benda yang sudah terinfeksi dan tinggalkan di luar ruangan yang suhunya mencapai 35 derajat Celcius. Dengan suhu dingin, butuh waktu 2-5 bulan untuk membunuh kutu kasur. 
  4. Letakan plastik yang berisi kutu kasur di dalam freezer yang memiliki suhu -17,78 derajat Celcius minimal 4 hari. 

Jangan lupa segera segel beberapa benda yang sudah Anda bersihkan dari kutu kasur. Ini akan membuat kutu kasur di dalamnya mati dan mengurnagi kesempatan kutu kasur baru menginfeksi. 

Jika cara alami tidak ampuh, gunakan bahan kimia yang dibuat khusus untuk membunuh kutu kasur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News