Keluarga

Alasan Kulit Berminyak Perlu Pakai Pelembab, Cari Tahu yuk

Alasan Kulit Berminyak Perlu Pakai Pelembab, Cari Tahu yuk

MOMSMONEY.ID - Ini alasan kulit berminyak perlu pakai pelembab. Simak sampai akhir ya, Moms.

Jenis kulit secara garis besar terbagi menjadi tiga yaitu normal, kering, dan berminyak. Bagi para pemilik kulit normal, mungkin tidak banyak persoalan yang harus mereka hadapi.

Namun, untuk orang-orang yang memiliki kulit kering atau berminyak, pastilah ada upaya ekstra yang harus dilakukan.

Jika para pemilik kulit kering harus melakukan ekstra hidrasi, lalu bagaimana dengan pemilik kulit berminyak?

Apakah produk-produk pelembab tidak diperkenankan untuk orang dengan jenis kulit berminyak mengingat kulit mereka sudah memiliki produksi minyak berlebih?

Melansir situs web milik Rumah Sakit Pondok Indah Group, dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Susie Rendra, Sp.KK, FINSDV mengungkapkan, tidak hanya kulit kering yang membutuhkan pelembab, melainkan kulit berminyak juga amat memerlukannya.

Baca Juga: Apakah Spearmint Tea Bisa Mengobati Jerawat? Ini Jawabannya

Kelembaban kulit bukan didasarkan pada minyak melainkan kadar air

Pada dasarnya, kelembaban pada kulit berminyak bukan berasal dari melimpahnya kandungan minyak atau sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak.

Kelembaban pada kulit berminyak dan jenis kulit lainnya dipengaruhi oleh kadar air yang ada di lapisan kulit.

Jadi, meskipun terlihat basah oleh minyak, namun kulit berminyak juga tetap bisa mengalami dehidrasi akibat kekurangan kandungan air.

Kulit berminyak yang dehidrasi akan meningkatkan produksi minyak

Dehidrasi pada kulit kering akan membuat kulit semakin kering sehingga kerutan akan terlihat lebih jelas. Lalu, bagaimana dengan kulit berminyak?

Kulit berminyak yang mengalami dehidrasi justru akan meningkatkan aktivitas kelenjar minyak sehingga jumlah sebum yang dihasilkan pun menjadi lebih banyak.

Jadi, dehidrasi akan membuat kulit berminyak menjadi semakin berminyak lagi. Apabila kulit semakin berminyak, maka jerawat pun akan lebih mudah untuk menghampiri.

Oleh sebab itu, produk pelembab tetap penting digunakan untuk meningkatkan kadar air pada kulit berminyak agar tetap terjaga kelembabannya.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Rekening Penipu atau Bukan Secara Online, Gratis!

Adapun tips merawat wajah yang bisa diterapkan oleh para pemilik kulit berminyak menurut dr. Susie Rendra, Sp.KK, FINSDV adalah sebagai berikut:

  1. Pilih pelembab berbentuk gel atau lotion. Karena, pelembab berbentuk gel dan lotion memiliki kandungan air yang relatif tinggi namun tidak menimbulkan sensasi berminyak yang mengganggu.
  2. Gunakan pelembab sesegera mungkin setelah mencuci wajah. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan penyerapan pelembab sehingga tidak ada kesan lengket dan berminyak saat pelembab dibaurkan ke wajah.
  3. Biasakan mencuci wajah dengan menggunakan air kran bersuhu normal atau dingin alih-alih air panas. Pasalnya, menggunakan air panas untuk mencuci wajah hanya akan menghilangkan lapisan pelembab alami kulit dan memicu dehidrasi.
  4. Hindari menggunakan toner secara berlebihan. Penggunaan toner yang tidak sewajarnya akan menghilangkan minyak secara berlebihan dan berpotensi menghasilkan ulang minyak dengan jumlah yang lebih banyak.

Kesimpulannya, kulit berminyak tetap perlu memakai pelembab untuk menghindari dehidrasi yang dapat meningkatkan produksi minyak. Jadi, jangan lupa pakai pelembab, ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News