Keluarga

Apakah Spearmint Tea Bisa Mengobati Jerawat? Ini Jawabannya

Apakah Spearmint Tea Bisa Mengobati Jerawat? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Apakah spearmint tea bisa mengobati jerawat di wajah? Simak jawabannya di artikel ini.

Spearmint tea adalah teh herbal bebas gula dan bebas kafein yang terbuat dari seduhan daun spearmint.

Selain memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, sebuah studi oleh Journal of Medicinal Food menunjukkan, spearmint tea juga kaya akan antioksidan.

Lalu, apakah spearmint tea bisa mengobati jerawat? Simak penjelasannya di bawah ini yang telah MomsMoney lansir dari Byrdie.

Apakah spearmint tea bisa mengobati jerawat?

Ada tanda-tanda yang menjanjikan bahwa minum spearmint tea dapat membantu menghilangkan jerawat.

Dalam sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology, dua cangkir spearmint tea organik yang dikonsumsi setiap hari mampu mengurangi lesi inflamasi jerawat sebesar 25% setelah satu bulan dan sebesar 51% setelah tiga bulan.

"Jika dibandingkan dengan 100 miligram resep Minocycline yang diminum sekali sehari, Minocycline mengurangi jumlah lesi jerawat sebesar 52% setelah tiga bulan penggunaan," kata  Dr. Thornfeldt, dokter kulit klinis dan Pendiri Epionce Skincare.

"Namun, hal ini menyebabkan efek samping pada sekitar 20% pasien. Sementara itu, spearmint tea tidak menimbulkan efek samping," ujar dia

Baca Juga: Buah dan Sayur yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Dr. Chen, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology, menambahkan, penelitian menunjukkan, spearmint tea memiliki sifat anti-androgenik yang bisa mengurangi produksi sebum.

Artinya, spearmint tea bisa menjadi hal yang baik bagi orang-orang dengan kulit rentan berjerawat, karena sebum berlebih dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, kulit berminyak, dan tentu saja jerawat.

Kekurangan spearmint tea

Terlepas dari bukti anekdotal dan penelitian awal, Dr. Chen mengakui, masih banyak hal yang bisa ditemukan jika kita ingin memahami secara pasti bagaimana spearmint tea memengaruhi kulit.

"Saya berpendapat, penelitian menunjukkan beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan minum spearmint tea. Namun, penelitian tambahan diperlukan untuk mengetahui beberapa khasiatnya untuk mengklaim apakah meminum spearmint tea adalah obat terbaik untuk jerawat," sebutnya.

Meskipun spearmint tea mungkin kurang efektif dibandingkan obat jerawat yang diresepkan, namun teh ini jauh lebih kecil kemungkinannya menimbulkan efek samping. Ini adalah pilihan yang cukup aman dan tidak ada salahnya untuk dicoba.

Jadi, apakah spearmint tea bisa mengobati jerawat? Jawabannya adalah iya. Kendati tidak seampuh obat jerawat yang diresepkan, namun spearmint tea merupakan pilihan pengobatan alternatif yang lebih lembut dan aman untuk mengobati jerawat dari dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News