Santai

Alasan Daun Tanaman Menguning di Luar Ruangan, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Alasan Daun Tanaman Menguning di Luar Ruangan, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Daun tanaman yang diletakkan di luar ruangan berpotensi untuk berubah menjadi kuning. Namun, apa penyebab daun tanaman menguning?

Ada beberapa alasan daun tanaman menguning di luar ruangan. Ketika daun tanaman luar ruangan menguning, hal ini biasanya dikaitkan dengan klorosis, suatu gejala yang disebabkan oleh kurangnya klorofil yang diproduksi oleh dedaunan.

Pigmen ini penting untuk fotosintesis dan memberi warna hijau pada daun.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh? Simak 11 Khasiatnya yang Luar Biasa

Ternyata, salah satu alasan daun tanaman menguning bisa disebabkan oleh hama dan penyakit. 

1. Kurang Cahaya 

Cahaya sangat penting untuk terjadinya fotosintesis, sehingga jika tanaman tidak mendapat cukup sinar matahari, daunnya akan terlihat layu.

Teliti kebutuhan cahaya tanaman Anda yang sakit untuk memahami apakah tanaman tersebut membutuhkan sinar matahari penuh atau dapat mentolerir naungan parsial.

Untuk tanaman dalam pot, pengobatannya semudah memindahkannya ke lokasi yang lebih cerah. Mengubah situasi cahaya tanaman di dalam tanah lebih rumit. 

Jika pohon atau semak di dekatnya memberikan naungan, Anda mungkin bisa memangkasnya. Jika hal ini tidak memungkinkan atau dinding atau bangunan memberikan naungan pada tanaman Anda, Anda mungkin harus memindahkannya ke lokasi yang lebih cerah.

2. Kekurangan Air

semprot tanaman

Daun kuning merupakan tanda umum bahwa tanaman membutuhkan air. Seringkali, hal ini tidak memerlukan kekeringan yang nyata. Beberapa hari yang panas ketika tanaman kehilangan lebih banyak kelembapan melalui daunnya daripada yang mampu diserap oleh akar sudah cukup untuk menyebabkan munculnya warna kuning. 

Baca Juga: Cara Menanam Bunga Garbera Daisy yang Lagi Viral, Begini Tips Paling Mudah

Sirami tanaman secara perlahan dan dalam, lalu ulangi seperlunya untuk menjaga kelembapan tanah secara merata.

3. Kelebihan Air

Terlalu banyak air juga bisa menjadi penyebab daun menguning. Tanah dengan drainase yang buruk, seperti tanah liat, dapat menjadi padat dan tergenang air saat hujan, dan hal ini menghalangi oksigen. 

Dalam lingkungan seperti ini, akar tanaman tidak dapat bernapas atau lebih parah lagi rusak atau padat, yang semuanya menyebabkan daun dan batang menguning dan berwarna coklat. 

Jangan menanam di tempat dengan drainase yang buruk atau mengubah kondisi tanah sebelum menanam. Pilihan lain untuk kebun sayur adalah dengan mempertimbangkan bedengan. 

4. Defisiensi Nutrisi

Nitrogen sering kali menjadi nutrisi pertama yang terlintas dalam pikiran sebagai penyebab daun menguning, namun ini bukan satu-satunya. 

Baca Juga: Mengulik 10 Khasiat Daun Katuk untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Daun yang menguning juga bisa menandakan bahwa tanah kekurangan unsur hara lain seperti zat besi, mangan, atau seng.

Meskipun pola perkembangan menguningnya dedaunan dapat memberikan beberapa petunjuk kepada mata yang terlatih tentang unsur hara apa yang mungkin kurang, cara yang paling dapat diandalkan adalah dengan melakukan uji tanah. 

Hal ini akan memberikan informasi yang tepat mengenai kandungan nutrisi dan penambahan nutrisi yang perlu Anda lakukan.

5. pH Tanah Tinggi

Daun menguning juga bisa disebabkan oleh tanah yang terlalu basa bagi tanaman. Tanah alkali berhubungan langsung dengan kekurangan unsur hara. 

Pada tanah dengan pH di atas 7, unsur hara besi kurang larut sehingga lebih sedikit tersedia. Itulah sebabnya tanaman dengan kebutuhan zat besi yang tinggi, seperti blueberry, rhododendron, dan azalea, membutuhkan tanah asam yang dapat menyerap cukup zat besi.

Gabungkan tes tanah dengan tes pH. Dengan begitu, Anda dapat menambahkan unsur hara apa pun yang diperlukan dan sekaligus menurunkan pH dengan menambahkan belerang agar unsur hara tersebut lebih tersedia bagi tanaman.

6. Pembakaran Pupuk

Jika daun terlihat gosong atau hangus, ini juga menandakan Anda menggunakan pupuk secara berlebihan. Kerusakan dapat terjadi melalui dua cara: ketika garam yang larut dalam pupuk menarik kelembapan dari akar, atau ketika butiran pupuk atau pupuk cair tumpah ke daun. 

Baca Juga: 8 Tips Melindungi WiFi di Rumah agar Tetap Aman dan Tidak Dibobol

Tidak semua tanaman sama sensitifnya terhadap luka bakar akibat pupuk dedaunan, dan cuaca panas dan kering meningkatkan kerusakan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, jika menggunakan pupuk granul, pastikan tanaman segera disiram setelahnya, dan tidak ada butiran yang menumpuk di dedaunan. 

Atau gunakan pupuk organik slow release yang konsentrasinya lebih rendah dibandingkan pupuk anorganik.

Jadi itulah beberapa alasan daun tanaman menguning di luar ruangan. Anda dapat menyimak untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News