Santai

8 Tips Melindungi WiFi di Rumah agar Tetap Aman dan Tidak Dibobol

 8 Tips Melindungi WiFi di Rumah agar Tetap Aman dan Tidak Dibobol

MOMSMONEY.ID - Saat ini hampir setiap rumah memiliki sambungan internet seperti WiFi. Nah, ada beberapa tips melindungi WiFi di rumah agar tetap aman dan tidak dibobol. 

Banyak kasus tentang pencurian WiFi di rumah. Untuk itu, agar terhindar dari kasus tersebut, Anda perlu menyimak tips melindungi WiFi di rumah. 

Ada banyak cara berbeda untuk menjaga keamanan jaringan Anda, jadi kami telah mengumpulkan beberapa tips terpenting tentang cara mengamankan wifi dan cara menjaga router Anda tetap aman dan terlindungi. 

Baca Juga: Tips Berkebun Dalam Rumah Bagi Pemula, Bikin Tanaman Tetap Segar

Berikut ini 8 tips melindungi WiFi di rumah agar tetap aman dan tidak dibobol. 

1. Siapkan Kata Sandi yang Aman

Router biasanya dilengkapi dengan nama admin dan kata sandi default. Nama admin cenderung menjadi sesuatu yang sangat jelas seperti admin dengan beberapa produsen router. 

Pabrikan lain mungkin menawarkan kata sandi individual yang tertulis di bagian bawah router.

Masuk akal untuk mengubah kedua pengaturan default sesegera mungkin. Menjauhkan diri dari nama administrator default membuat pekerjaan peretas menjadi lebih sulit dan, terkadang, daftar kata sandi default dapat bocor secara online.

Ubah kata sandi default itu menjadi kata sandi yang kuat. 

2. Ubah Nama Jaringan

WiFi Router

SSID atau nama pada router jaringan Anda adalah cara ia mengidentifikasi dirinya sehingga Anda tahu apa yang Anda cari saat menyambung ke jaringan baru. 

Ada gunanya mengubah nama router jaringan Anda segera setelah Anda mendapatkan router karena beberapa alasan berbeda.

Di satu sisi, lebih mudah bagi Anda untuk mengenali mana router Anda dan mana router tetangga Anda. Di sisi lain, banyak produsen router menggunakan daftar nama standar sehingga peretas sering kali dapat mengetahui banyak tentang router Anda hanya dari nama SSID yang dikirimkannya ke semua orang.

Baca Juga: 13 Tips Mudik Membawa Bayi Agar Aman dan Nyaman di Perjalanan, Lakukan Hal Ini

Mengubah nama mengurangi risiko ini, ditambah lagi ini menunjukkan kepada peretas bahwa Anda tahu cara mengamankan jaringan Anda, sehingga mereka cenderung mencari target yang lebih mudah.

3. Sembunyikan Jaringan

Saat mengubah SSID/nama jaringan Anda, sembunyikan juga dari pandangan publik.

Peretas tidak dapat bergabung dengan jaringan yang mereka bahkan tidak tahu keberadaannya. Semua router nirkabel memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda menempatkan router ke 'mode siluman'. 

Setelah Anda menyiapkan semua perangkat di jaringan, pilih untuk 'menyembunyikan' router di pengaturan sehingga tidak ada yang dapat melihatnya sampai Anda mengaktifkannya kembali. 

4. Aktifkan Firewall

Sebagian besar router nirkabel memiliki firewall internal yang dapat digunakan untuk membantu mencegah peretas memasuki jaringan Anda. Namun sering kali mereka perlu diaktifkan terlebih dahulu.

Ini biasanya merupakan proses yang cukup sederhana untuk masuk ke pengaturan router Anda, mencari bagian bernama Firewall dan mencentang kotak di sebelahnya. Namun hal ini dapat membuat perbedaan besar terhadap keamanan data Anda.

5. Aktifkan Enkripsi Jaringan Nirkabel

Enkripsi adalah salah satu cara utama untuk melindungi dan mengamankan router nirkabel Anda. Menambahkan kata sandi hanya berguna asalkan Anda mengaktifkan jenis enkripsi yang tepat di perangkat Anda.

Baca Juga: 11 Tips Bikin Awet Baterai Laptop, Begini Cara Memperpanjang Umur Baterai

Sebagian besar router memiliki berbagai bentuk enkripsi yang tersedia, yang mungkin tampak membingungkan bagi pengguna biasa.

Tidak sulit untuk beralih ke router asalkan Anda tahu caranya. Biasanya pengaturannya adalah mencari pengaturan enkripsi dan mengklik kotak WPA2 di sebelahnya. 

6. Perbarui Perangkat Lunak Router 

Seperti perangkat lunak atau perangkat keras lainnya, router nirkabel perlu diperbarui secara berkala. Ini berisi bentuk perangkat lunak yang tertanam di dalam perangkat kerasnya, yang dikenal sebagai firmware. 

Untuk mendapatkan pengaturan terbaik dan keamanan terkuat, Anda perlu memperbaruinya sesekali. 

Kebanyakan router hanya mengharuskan Anda masuk lalu mencari opsi Perbarui di layar pengaturannya untuk melakukannya. Jangan berharap dapat menggunakan router saat sedang diperbarui.

7. Aktifkan Pemfilteran Alamat

Jika Anda tahu router Anda hanya akan menggunakan beberapa perangkat yang sama, Anda dapat menambahkan perangkat tertentu dan alamat MAC-nya ke dalam daftar, metipmastikan tidak ada perangkat lain yang dapat mengakses jaringan Anda. 

Ini adalah hal yang sedikit lebih rumit untuk diatur dibandingkan pengaturan lainnya, karena Anda perlu melakukannya secara individual, namun, jika Anda benar-benar khawatir tentang keamanan dan keselamatan, ini adalah metode yang umumnya sangat efektif.

Baca Juga: Cara Lihat Password WiFi Tersimpan di iPhone, Intip Tips dan Langkahnya

8. Nonaktifkan Administrasi Jarak Jauh

Mayoritas router diatur sehingga Anda dapat mengaksesnya melalui Wi-Fi. Ini adalah fitur yang nyaman, sehingga Anda tidak perlu lagi repot menghubungkan melalui kabel Ethernet. 

Matikan fitur admin via nirkabel dan Anda hanya dapat mengakses pengaturan router dengan mencolokkannya langsung ke laptop atau komputer desktop Anda. 

Nah itulah tips melindungi WiFi di rumah agar tetap aman dan terhindar dari peretasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News