BisnisYuk

AirAsia Tambah Rute Kinabalu-Manado

AirAsia Tambah Rute Kinabalu-Manado

MOMSMONEY.ID - Jelang akhir tahun, minat orang berlibur kian tinggi. Melihat hal tersebut, beberapa maskapai penerbangan di tanah air pun berlomba untuk menambah rute penerbangannya. Termasuk maskapai berbiaya hemat AirAsia. Baru-baru ini, AirAsia menambah rute internasional terbarunya yang menghubungkan Sabah, Malaysia dengan Indonesia melalui penerbangan langsung dari Kota Kinabalu menuju Manado.

Penerbangan yang dioperasikan oleh AirAsia Malaysia (kode penerbangan AK) ini menjadi rute ketiga setelah Jakarta dan Denpasar yang telah dioperasikan oleh Indonesia AirAsia (kode penerbangan QZ).

Zamani Mohd Rafique, Director, Government Relations and ASEAN Affairs of AirAsia Malaysia mengatakan dengan penambahan rute ini, AirAsia Malaysia sebagai grup berharap dapat mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di kedua kota, serta memberikan kontribusi positif bagi hubungan Indonesia dan Malaysia.

"Rute ini juga sekaligus memperkuat jaringan internasional AirAsia dari Kota Kinabalu yang akan mengoperasikan total 13 rute internasional dengan 83 penerbangan mingguan mulai September 2024," ujar Zamani dalam keterangannya.

Zamani juga menambahkan, pembukaan rute baru ini menegaskan komitmen AirAsia untuk menyediakan lebih banyak pilihan perjalanan baik domestik maupun internasional yang terjangkau dan mudah diakses oleh wisatawan.

Setelah keberhasilan rute Jakarta - Kota Kinabalu dengan tingkat keterisian mencapai 87% sejak Februari lalu, menyusul Denpasar - Kota Kinabalu dengan 92% pada penerbangan perdananya. Kami optimis bahwa rute ini akan mengulangi kesuksesan tersebut.

Baca Juga: Rute Penerbangan Langsung dari Jakarta dan Bali ke Hong Kong

Penerbangan perdana AirAsia dengan nomor penerbangan AK 1797 dari Kota Kinabalu International Airport (BKI), mendarat dengan sempurna di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Sulawesi Utara (MDC) pada pukul 11.00 WITA dengan membawa 101 penumpang yang disambut dengan water salute.

"Peluncuran penerbangan AirAsia rute Kota Kinabalu - Manado adalah pencapaian yang signifikan bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi di Sulawesi Utara. Semoga penerbangan ini dapat mempererat hubungan antara Sulawesi Utara dan Malaysia serta membuka peluang baru bagi kemajuan bersama,” kata Steve Kepel, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara mewakili Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Gubernur Sulawesi Utara.

Sementara itu, Julinus Jeffery Jimit, Chief Executive Officer dari Sabah Tourism Board (STB), menyatakan bahwa lebih dari 90% kedatangan ke Sabah dilakukan melalui udara, ada permintaan perjalanan yang signifikan pasca pandemi baik untuk domestik maupun internasional ke Sabah. Julinus percaya konektivitas penerbangan akan terus meningkat oleh maskapai lokal dan asing ke Sabah.

"Ini bagus untuk menjaga ekosistem industri pariwisata yang dinamis di Sabah. Kami siap menyambut lebih banyak wisatawan dari Manado dan provinsi lainnya di Indonesia. Saya yakin mereka akan menikmati destinasi kami, merasakan budaya unik, alam, dan petualangan di Sabah, Borneo Utara," tambahnya.

Selain itu Rafail Walangitan, Consulate General of Republic of Indonesia Kota Kinabalu juga mengatakan peresmian penerbangan AirAsia rute Kota Kinabalu - Manado merupakan langkah penting dalam memperkuat hubungan antar daerah dan mempromosikan pariwisata kedua kota.

"Kami berharap penerbangan ini tidak hanya mempermudah mobilitas warga, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta mempererat kerjasama antara Indonesia dan Malaysia. Selamat atas peluncuran rute baru ini, dan semoga sukses dalam membawa manfaat bagi masyarakat kedua belah pihak," beber Rafali.

Menurut data terbaru yang dirilis Imigrasi dan Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, untuk semester (Januari-Juni) 2024, kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara mengalami lonjakan signifikan, dengan peningkatan sebesar 320 persen dibandingkan tahun 2023. Ini adalah kunjungan tertinggi sejak pandemi Covid-19 dan sudah mendekati angka capaian sebelum pandemi.

Wisatawan dari Malaysia menunjukkan minat yang tinggi terhadap Manado, Sulawesi Utara, sebagai destinasi wisata. Daya tarik utama seperti Taman Laut Bunaken yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya, panorama Gunung Klabat, serta kekayaan budaya Minahasa, menjadikan Manado pilihan populer bagi wisatawan Malaysia yang mencari petualangan alam dan pengalaman budaya yang autentik di Indonesia. Dengan aksesibilitas yang semakin baik melalui penerbangan langsung ini, jumlah kunjungan wisatawan Malaysia ke Manado diperkirakan akan terus meningkat.

Baca Juga: AirAsia Buka Penerbangan Langsung ke Hong Kong dari Bali dan Jakarta

Selanjutnya: Black Myth: Wukong Jadi Video Games Paling Sukses dari Cina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News