BisnisYuk

AirAsia Buka Rute Terbang Langsung Jakarta Ke Bandar Seri Begawan Brunei

AirAsia Buka Rute Terbang Langsung Jakarta Ke Bandar Seri Begawan Brunei

MOMSMONEY.ID - Indonesia AirAsia resmikan rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi rekomendasi Anda berlibur di kawasan Asia Tenggara cukup banyak. Termasuk Brunei Darussalam. 

Anda memiliki kesempatan untuk menikmati keindahan alam serta keberagaman budaya di Brunei Darussalam. 

Mulai dari Omar Ali Saifuddien Mosque, Jame' Asr Hassanil Bolkiah Mosque, Gadong Night Market, Istana Nurul Iman, Royal Regalia Museum, Tasek Lama Recreational Park, Kampoeng Ayer serta Taman Mahkota Jubli Emas.

Begitupun sebaliknya, wisatawan asal Brunei Darussalam juga dapat menikmati pariwisata Indonesia di destinasi favorit pilihan dengan melakukan penerbangan lanjutan dari Jakarta ke Bali, Labuan Bajo, Silangit, Lombok, dan Lampung.

Untuk itu, maskapai Indonesia AirAsia meresmikan rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam atau yang dikenal juga sebagai The Kingdom of Unexpected Treasures (Kerajaan dengan Harta Karun Tak Terduga).

Rute ini merupakan rute penerbangan langsung pertama yang dioperasikan oleh Indonesia AirAsia ke Brunei Darussalam.

Baca Juga: Ini 3 Rekomendasi Destinasi Wisata dari Airasia Move, Berdasarkan Latar Film Lho

"Dibukanya rute ke Bandar Seri Begawan, kembali memperkuat posisi Indonesia AirAsia di kawasan ASEAN dengan terus memperluas jangkauan ke negara-negara tetangga terdekat dari Indonesia," kata Head of Indonesia Affairs & Policy Indonesia AirAsia Eddy Krismeidi.

Eddy menyebutkan, hal ini juga menegaskan komitmen Indonesia AirAsia dalam melebarkan jaringan dan memfasilitasi perjalanan penumpang antar destinasi dengan lebih mudah, baik untuk kebutuhan liburan maupun perjalanan bisnis

Brunei Darussalam menjadi negara ke-6 yang dilayani oleh Indonesia AirAsia setelah Australia, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Bertambahnya rute baru ini, harapannyam, dapat mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dari kawasan ASEAN, khususnya dari Brunei Darussalam.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Raden Wisnu Sindhutrisno mengharapkan, penerbangan AirAsia ini bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"AirAsia membuka penerbangan dari Bandar Seri Begawan menuju Soekarno Hatta mulai 2 Agustus 2024 yang dijadwalkan akan terbang 3 kali sepekan dengan kapasitas 180 seat per hari," ujarnya.

"Kami berharap, dengan dibukanya rute baru ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, khususnya dari Brunei Darussalam," tambah Wisnu.

Baca Juga: AirAsia Buka Penerbangan Langsung Kuala Lumpur ke Labuan Bajo

Penerbangan perdana Indonesia AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 528 dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), mendarat dengan sempurna di Brunei International Airport (BWN) pada pukul 21.00 waktu setempat disambut dengan water salute.

"Kedutaan Besar kami merasa senang menyaksikan penerbangan perdana Indonesia AirAsia dari Bandar Seri Begawan ke Jakarta," ujar Duta Besar LBBP (Luar Biasa dan Berkuasa Penuh) RI untuk Brunei Darussalam, Prof. Dr. Achmad Ubaedillah.

"Koneksi penerbangan langsung antara kedua negara membuka jalan bagi interaksi yang lebih erat dan berkontribusi pada peningkatan hubungan ekonomi serta bisnis," sebutnya.

Acting Director of Tourism Development Department of Brunei Darussalam, Ms. Salinah Salleh bilang penerbangan perdana dari Jakarta ke Bandar Seri Begawan menandai tonggak penting dalam memperkuat hubungan kedua negara.

Rute baru Indonesia AirAsia ini tidak hanya akan meningkatkan konektivitas, tetapi juga mendorong pariwisata dan pertukaran budaya.

"Kami menyambut hangat wisatawan dari Indonesia dan berharap dapat berbagi warisan budaya serta keindahan Brunei Darussalam dengan mereka," katanya.

Pada tahun 2023, Brunei Darussalam menyambut 13.672 wisatawan Indonesia, meningkat dari 1.596 kedatangan pada tahun 2022. Hingga Juni 2024, 10.482 wisatawan Indonesia telah tercatat. 

"Kami berharap, dapat menyambut lebih banyak kedatangan wisatawan tahun ini melampaui total tahun lalu di akhir tahun ini," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News