BisnisYuk

AirAsia Buka Rute ke Kenya Afrika dari Kuala Lumpur

AirAsia Buka Rute ke Kenya Afrika dari Kuala Lumpur

MOMSMONEY.ID - Penuhi kebutuhan pelancong berlibur ke destinasi wisata tujuannya, AirAsia X (AAX) membuka rute baru ke Afrika, menghubungkan wisatawan ke surga safari di Nairobi, ibu kota Kenya.

Terletak di jantung negara Kenya, Nairobi memiliki lahan hijau subur yang luas, padang rumput terbuka, dan kehidupan satwa liar yang beragam.

Sehingga, menarik banyak wisatawan yang ingin melihat satwa liar yang hampir punah seperti Badak Putih atau satwa yang melakukan migrasi besar di Masai Mara.

Pemandangan cakrawala yang menakjubkan dan pengalaman safari yang mendebarkan hanyalah sebagian dari daya tariknya.

Kota ini juga merupakan pusat metropolitan yang ramai dengan kehidupan malam yang semarak, kaya akan budaya dan kenikmatan kuliner yang berasal dari berbagai tradisi dan budaya yang ada di dalamnya.

Penerbangan perdana ke Afrika ini akan dilaksanakan pada 15 November 2024 mendatang.

Penerbangan ini juga menandakan pencapaian bersejarah bagi AAX sebagai satu-satunya maskapai penerbangan berbiaya hemat di Malaysia yang menawarkan konektivitas udara langsung ke kota yang penuh warna ini.

Baca Juga: AirAsia Buka Rute Baru ke Brunei Darussalam

Langkah ini beriringan dengan pencapaian pada awal tahun yang baik bagi maskapai, dimulai dengan menunjukkan pertumbuhan yang kuat dalam pencatatan hasil keuangan melalui tingkat keterisian penumpang yang tinggi, serta kembali memimpin dalam jaringan penerbangannya.

Pada Maret 2024 lalu, AAX juga memperkenalkan penerbangan baru ke Almaty, Kazakhstan, yang merupakan penerbangan perdananya ke Asia Tengah.

Rute ke Nairobi menjadi jalur penting dalam menghubungkan Asia dan Afrika, memperkuat hubungan perdagangan, pariwisata, dan bisnis di kedua kawasan.

Dengan menyediakan penerbangan langsung antara Kuala Lumpur dan Nairobi, AirAsia X bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas serta mempercepat pertumbuhan ekonomi di kedua negara tersebut.

AAX juga akan menawarkan koneksi Fly-Thru yang mudah bagi penumpang, sehingga menciptakan hubungan penting antara Kenya dan 130 destinasi di Asia Tenggara, Asia Tengah, dan Asia Utara, serta Australia.

Hal ini tidak hanya menyediakan pilihan perjalanan yang terjangkau dan nyaman bagi semua orang, tetapi juga memperkuat komitmennya terhadap konektivitas global.

YB Dato’ Sri Tiong King Sing, Minister of Tourism, Arts and Culture of Malaysia, mengatakan, peluncuran penerbangan pertama AirAsia X ke Nairobi adalah peristiwa yang membanggakan dan patut dirayakan bagi warga Malaysia.

Selama lebih dari dua dekade, maskapai ini telah berhasil menghubungkan Asia, Australia, dan sekitarnya dengan Malaysia.

Baca Juga: Raih Penghargaan Maskapai Biaya Hemat, Ini Cara AirAsia

"Sekarang, kami berharap dapat menerima lebih banyak wisatawan dari Kenya untuk menjelajahi destinasi indah di Malaysia seperti Kuching, Kota Kinabalu, Penang, Langkawi, dan destinasi lainnya," ujar dia.

"Kami berharap dapat menyambut 35,6 juta wisatawan dan mencapai target sebesar RM 147,1 miliar untuk Visit Malaysia 2026," katanya.

Tony Fernandes, CEO of Capital A, mengatakan, pencapaian ini terjadi setelah kemenangan kami yang ke-15 secara berturut-turut sebagai Maskapai Penerbangan Berbiaya Hemat Terbaik Dunia dari Skytrax.

Hal ini kata Tony juga merupakan perwujudan misi untuk menghubungkan dunia dengan biaya yang terjangkau. Jalur baru ini tidak hanya membuka jalan dari Asia hingga Afrika tetapi juga berpotensi mempererat hubungan di bidang pariwisata, bisnis, dan perdagangan di kedua benua. H

al ini juga menandakan dimulainya perjalanan baru ke Afrika, dan meskipun kami memiliki basis kuat di Asia dan ASEA. 

"Impian kami adalah menjadikan Kuala Lumpur sebagai pusat maskapai penerbangan berbiaya hemat global. Perluasan ini mendekatkan kami pada visi tersebut, serta memberikan pijakan yang kuat untuk membangun koneksi dan peluang global," sebut Tony dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Benyamin Ismail, CEO of AirAsia X menambahkan memulai petualangan baru di Afrika sungguh menggembirakan, terutama mengingat pertumbuhan signifikan yang perusahaan alami di awal tahun ini.

AirAsia X mengantisipasi kedatangan lebih dari 156.000 wisatawan setiap tahunnya melalui rute ini, yang akan memperkuat hubungan dan meningkatkan sektor pariwisata di Malaysia dan Kenya.

Baca Juga: AirAsia Buka Rute Ke Puket dan Kinabalu dari Denpasar Bali

Selain itu, rute ini menghadirkan peluang konektivitas yang sangat baik ke pasar utama lainnya yang dilayani, termasuk Australia, Cina, Korea Selatan, Jepang, dan Thailand.

Wisatawan dari seluruh wilayah kini dapat melakukan perjalanan lebih terjangkau ke Kenya, dengan melakukan penerbangan lanjutan dari Kuala Lumpur.

"Baik Malaysia maupun Kenya adalah negara yang berkembang pesat, masing-masing merupakan rumah bagi jutaan orang dan kaya akan budaya serta pemandangan yang luar biasa. Kami berharap dapat lebih memperkaya pertukaran budaya dan ekonomi antara kedua negara ini," ungkap Benyamin.

Saat AAX bersiap untuk meluncurkan penerbangan ke Afrika, para petualang, penjelajah dunia, dan pecinta alam dapat segera menikmati petualangan di Kenya dengan promo kursi gratisdari Kuala Lumpur ke Nairobi.

Promo ini tersedia secara eksklusif untuk pemesanan di aplikasi AirAsia MOVE (dahulu AirAsia Superapp) mulai 1 - 14 Juli 2024 untuk periode perjalanan dari 15 November 2024 hingga 8 Oktober 2025.

Penumpang dari Indonesia juga bisa mendapatkan kemudahan untuk menjelajahi Nairobi dengan melakukan perjalanan dari Jakarta melalui Kuala Lumpur, Malaysia.

Selanjutnya: Banyak Ibu Belum Teredukasi,Benyamin D Minta Masyarakat Tak Beri Kental Manis ke Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News