Santai

Ada Untungnya, Ini 6 Manfaat Olahraga Memancing Buat Kesehatan

Ada Untungnya, Ini 6 Manfaat Olahraga Memancing Buat Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Bagi yang ingin tahu, langsung simak, beberapa manfaat memancing berikut ini!

Memancing banyak dijadikan kegiatan untuk mengusir penat sekaligus melakukan hobi bagi sebagian orang. Namun, tak ada banyak orang yang tahu bahwa ternyata memancing punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental, lo.

Jika penasaran, berikut ini keuntungan dan manfaat memancing buat kesehatan yang penting untuk diketahui.

Meningkatkan kesabaran

Sudah bukan rahasia bahwa memancing bisa membantu untuk meningkatkan kesabaran. Dengan rutin memancing tentu tingkat kesabaran juga makin bertambah.

Kesabaran tak hanya diuji saat menunggu umpan dimakan oleh ikan saja, ya. Tapi juga sabar jika saat memancing tidak mendapatkan tangkapan sama sekali. Dengan kesabaran yang tinggi, tentu sistem imun tubuh akan meningkat dan tekanan darah juga bisa ditekan.

Baca Juga: Bukan Cuma Trendi, Ini lo 4 Manfaat Pilates buat Kesehatan

Menambah vitamin D

Karena kebanyakan kegiatan memancing dilakukan di luar ruangan, maka tentu saja asupan vitamin D bagi tubuh juga akan bertambah.

Vitamin D yang didapat langsung dari sinar matahari bisa membantu meningkatkan jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh. Di mana keduanya bagus untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Meningkatnya vitamin D juga dikaitkan dengan sistem imun tubuh yang baik.

Memperbaiki konsentrasi

Berada di luar ruangan bisa membantu pikiran untuk terhindar dari stres dan memperbaiki konsentrasi.

Menurut laman Canal River Trust, memancing kini digunakan untuk membantu mengatasi gangguan stres dan gangguan lain yang menyebabkan penurunan konsentrasi.

Selain itu, orang-orang yang memancing juga diharuskan untuk memiliki konsentrasi tinggi saat mencari lokasi memancing dan menerapkan strategi memancing.

Baca Juga: 4 Manfaat Olahraga di Sore Hari, Bisa Bikin Tidur Makin Nyenyak

Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Bergantung dari jenis kegiatan yang dilakukan saat memancing, rata-rata seseorang yang memancing selama satu jam penuh bisa membakar hingga 200 kalori.

Pembakaran kalori bisa terjadi ketika para pemancing bergerak mencari spot untuk memancing dan menarik tangkapan besar. Di situlah peran jantung dan paru-paru bekerja untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Menambah rasa percaya diri

Memancing membutuhkan strategi dan juga teknik yang harus dikuasai oleh masing-masing pemancing. Para pemancing juga menerapkan targetnya sendiri yang jika dipenuhi bisa membantu menambah rasa percaya diri tentunya.

Rasa percaya diri pun bisa tumbuh saat para pemancing berhasil mendapatkan tangkapan pertama mereka yang tentu membuat hati senang dan bangga.

Baca Juga: Atasi Ejakulasi Dini, Ini 4 Manfaat Gerakan Kegel Untuk Pria

Melatih kekuatan tubuh

Hobi memancing jika dilakukan secara rutin bisa efektif untuk melatih kekuatan tubuh. Melansir dari laman Health Fitness Revolution, memancing bisa membantu melatih kekuatan pundak, punggung, lengan, tubuh bagian tengah, dan juga kaki.

Para pemancing dituntut untuk memiliki keseimbangan dan kekuatan yang berguna untuk mengambil tangkapan mereka saat memancing di laut lepas yang didominasi oleh ikan besar.

Jarang diketahui banyak orang, itulah tadi beberapa manfaat dari memancing untuk kesehatan tubuh dan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News