Santai

Sebelum Coba, Kenali 5 Manfaat Olahraga Pound Fit Berikut Ini

Sebelum Coba, Kenali 5 Manfaat Olahraga Pound Fit Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Menjadi olahraga kekinian dan banyak diminati, ini sederet manfaat olahraga pound fit.

Olahraga pound fit adalah olahraga yang memadukan kardio, taiko, dan dance.

Ciri khas olahraga ini adalah menggunakan stik drum dalam setiap gerakannya.

Lalu, apa saja manfaat dari pound fit bagi kesehatan dan kebugaran? Berikut ini beberapa di antaranya.

Baca Juga: 4 Kategori dan Jenis Olahraga bagi Lansia Ini Boleh Dilakukan Rutin lo

Meningkat sistem imun

Sudah bukan rahasia bahwa semua jenis olahraga bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh jika dilakukan dengan rutin. Olahraga pound fit pun juga demikian.

Melalui gerakan aktif pada bagian tubuh bagian atas dan bawah, pound fit bisa meningkatkan fungsi tubuh dan imun. Penyakit kronis seperti darah tinggi, anxiety, hingga mudah lelah pun juga bisa diatasi karena imun tubuh jadi meningkat.

Mengaktifkan seluruh tubuh

Olahraga pound fit merupakan olahraga kardio yang memiliki fungsi untuk mengaktifkan seluruh bagian tubuh. Dengan menggunakan stik drum, dari mulai jari-jari hingga bagian kaki pun dilatih dalam gerakan-gerakan ritme rendah hingga tinggi.

Pound fit tentu cocok dilakukan untuk yang suka olahraga seru namun bisa melatih seluruh tubuh sekaligus.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Wajib Mulai Jalan Kaki, Bisa Memperpanjang Umur

Meningkatkan fokus

Siapa sangka alat stik drum yang digunakan dalam olahraga pound fit juga memiliki manfaat.

Melansir dari laman Pound Fit, ritme yang diciptakan dari pukulan stik drum saat melakukan gerakan pound fit bisa meningkatkan seluruh kemampuan otak untuk lebih fokus.

Daya pikir yang lebih tinggi dan cepat mengambil keputusan pun bisa ditingkatkan dengan rutin melakukan pound fit.

Membantu terapi fisik

Tubuh yang habis cedera tentu memerlukan terapi fisik yang menyeluruh. Pound fit bisa menjadi pilihannya. Sebab, olahraga ini bisa memperkuat otot-otot tubuh, otot perut, hingga tulang.

Pencipta olahraga pound fit, Kirsten Potenza and Cristina Pereenboom menyebutkan, olahraga ini bisa membantu proses terapi fisik jadi lebih cepat dan menyenangkan.

Hal tersebut karena semua gerakan pound fit bisa disesuaikan dengan mobilitas orang-orang yang melakukan olahraga ini secara khusus.

Memperbaiki mood

Semua jenis olahraga tentu saja bisa membantu untuk meregulasi mood dan emosi dalam diri. Begitu juga dengan olahraga pound fit.

Laman Health Fitness Revolution menjelaskan, olahraga aerobik yang dipadukan dengan gerakan-gerakan energik bisa membantu menekan stres. Selain itu, juga bisa membantu membersihkan pikiran dan meningkatkan fungsi kemampuan kognitif.

Jadi makin pengen coba kan? Itulah tadi beberapa manfaat olahraga pound fit yang ternyata bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News