Keluarga

5 Manfaat Olahraga Plank Setiap Hari, Memperbaiki Postur hingga Mengurangi Stres

5 Manfaat Olahraga Plank Setiap Hari, Memperbaiki Postur hingga Mengurangi Stres

MOMSMONEY.ID - Tidak boleh Anda lewatkan, berikut 5 manfaat olahraga plank setiap hari yang patut Anda pertimbangkan.

Plank, dikutip dari Pure Gym, adalah latihan isometrik populer yang melatih setiap otot inti serta otot di punggung, bahu, pinggul, dan kaki untuk menahan gerakan dengan menjaga kestabilan tubuh selama jangka waktu tertentu.

Bagi para pemula, plank mungkin tergolong sulit dan membutuhkan banyak latihan. Namun, manfaat dari konsisten berlatih plank setiap hari bisa jadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk mulai melakukan plank.

Melansir BeBeautiful, inilah 5 manfaat olahraga plank setiap hari untuk kesehatan fisik hingga kesejahteraan.

Baca Juga: Benarkah Gua Sha Bikin Wajah Nampak Lebih Tirus? Para Ahli Menjawabnya

1. Memperkuat otot inti

Manfaat olahraga plank setiap hari yang pertama yaitu memperkuat otot inti.

Plank adalah latihan yang bagus untuk otot perut karena melibatkan semua kelompok otot inti seperti otot oblique eksternal, rektus abdominis, abdominis transversal, dan glutes.

Ketika semua otot inti tersebut diperkuat, itu akan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengangkat beban berat serta meningkatkan kapasitas untuk memutar pinggang dan menekuk ke samping. Punggung dan bokong pun akan ikut tertopang dengan baik.

2. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat olahraga plank setiap hari yang kedua yaitu memperbaiki postur tubuh.

Melakukan plank secara rutin sangat disarankan jika Anda ingin menjaga atau memperbaiki postur tubuh. Melalui plank, tulang dan persendian Anda akan tetap sejajar.

Pada gilirannya, postur tubuh yang baik akan memastikan punggung Anda berada pada posisi yang benar, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya nyeri punggung. Selain itu, postur tubuh yang baik juga mampu memberikan kesan percaya diri lho Moms.

3. Meningkatkan fleksibilitas

Manfaat olahraga plank setiap hari yang ketiga yaitu meningkatkan fleksibilitas.

Fleksibilitas merupakan salah satu manfaat terbaik dari olahraga plank. Karena, plank mampu memperluas dan meregangkan semua kelompok otot posterior seperti bahu, tulang belikat, dan tulang selangka.

Plus, plank mampu meregangkan paha belakang, lengkungan kaki, dan telapak kaki. Oleh karena itu, plank disebut juga sebagai latihan penguatan.

Baca Juga: Katarak juga Bisa Terjadi pada Bayi lo, Ini Penyebab Katarak pada Bayi

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat olahraga plank setiap hari yang keempat yaitu meningkatkan metabolisme tubuh.

Saat Anda melakukan plank, seluruh tubuh Anda akan tertantang. Dibanding latihan otot perut tradisional seperti sit-up, melakukan plank setiap hari akan membakar lebih banyak kalori.

Jika dilakukan secara teratur, plank dapat memperkuat otot inti yang akan membakar lebih banyak energi.

Bagi Anda yang menghabiskan sebagian besar waktu di depan komputer, cobalah untuk melakukan plank secara rutin. Tak hanya bisa meningkatkan laju metabolisme, melakukan plank juga akan memastikan metabolisme tetap meningkat sepanjang hari.

5. Meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres

Manfaat olahraga plank setiap hari yang kelima yaitu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Selain bermanfaat untuk fisik, melakukan plank setiap hari juga berkontribusi positif terhadap kesejahteraan secara keseluruhan. Baik untuk saraf, plank terbukti dapat membantu menghilangkan stres.

Pasalnya, plank mampu meregangkan kelompok otot yang berkontribusi terhadap stres dalam tubuh.

Seperti bentuk olahraga lainnya, plank juga bisa melepaskan endorfin yang meningkatkan suasana hati dan menurunkan ketegangan.

Apabila Anda adalah seorang pemula, mulailah dengan melakukan plank satu kali sehari. Usahakan untuk menahannya selama 30 detik sebelum melanjutkan.

Agar manfaatnya maksimal, disarankan untuk melakukan plank setidaknya 3 set dengan waktu masing-masing 60 detik.

Itulah 5 manfaat olahraga plank setiap hari yang patut Anda pertimbangkan. Kendati menyimpan banyak manfaat, namun Anda tidak boleh terlalu bersemangat dan langsung melakukannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News