Keluarga

Ada Sel Kulit Mati yang Terjebak, Ini Penyebab Adanya Tanda Putih di Badan!

Ada Sel Kulit Mati yang Terjebak, Ini Penyebab Adanya Tanda Putih di Badan!

MOMSMONEY.ID - Muncul tanda putih di badan, yuk kenali penyebab tanda putih di badan dan gejalanya!

Melansir Medical News Today, tanda putih di kulit atau di badan bisa muncul saat protein kulit atau sel kulit mati terjebak di bawah permuaan kulit. 

Namun tak menutup kemungkinan, tanda putih di badan bisa karena depigmentasi atau kehilangan warna karena kondisi kesehatan. Namun yang pasti Anda tidak perlu khawatir dengan tanda putih di badan karena tidak menyebabkan gejala yang mengkhawatirkan. 

Baca Juga: Baik untuk Jantung, Ini 6 Manfaat Jadi Vegetarian untuk Kesehatan

Penyebab dan gejala tanda putih di badan

Berbagai jenis kesehatan dan faktor lainnya bisa menyebabkan munculnya tanda putih di badan. Adapun penyebab umumnya antara lain:

Hipomelanosis Guttate atau Sunspot
Sunspot adalah kondisi saat tanda putih muncul karena kulit kehilangan pigmen warnanya. Kemunculan tanda putih ini biasanta tidak menimbulkan gejala, memiliki ukuran 1-3 milimeter dan biasanya muncul pertama kali di kaki sebelum menyebar ke lengan, punggung atas dan wajah. 

Para peneliti belum yakin apa penyebab sunspots. Mungkin karena kurangnya pigmen kulit yang disebut melanin. Sunspot juga menjadi kondisi yang bisa diturunkan dalam keluarga dan muncul setelah usia 40 tahun. 

Tinea versicolor alias panu
Tanda putih di badan bisa juga merupakan panu, yaitu jamur yang biasanya hidup di permukaan kulit dan tidak terkendali. 

Adanya jamur pada tubuh ini menyebabkan kulit kering, bersisik dan gatal di area yang berwarna lebih terang atau gelap di sekitarnya. 

Pityriasis alba
Pityriasis alba adalah kondisi kulit non-kanker yang menyebabkan kulit kemerahan, bersisik dan gatal. Bercak ini bisa sembuh namun meninggalkan tanda putih samar pada kulit. 

Biasanya Pityriasis alba ini tumbuh pada anak-anak usia 3 hinga 16 tahun. Biasanya tanda putih ini terlihat di area wajah, leher, pundah dan lengan. Adapun penyebab Pityriasis alba saat ini dipercaya karena adanya eczema. 

Baca Juga: Bikin Asam Lambung Naik, 7 Makanan ini Tak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong

Vitiligo
Orang dengan vitiligo biasanya memiliki tanda putih di area yang sel-sel pigmennya telah rusak. Para peneliti belum yakin apa penyebab vitiligo. 

Bisa saja karena kondisi kekebalan tubuh yang merusak sel kulit sehat. Nah tanda putih pada tubuh karena vitiliho ini bisanya berkembang di area yang sering terkena sinar matahari. 

Milia
Milia merupakan benjolan padat, tidak nyeri, berwarna putih, berisi cairam dan memiliki ukuran 1-4 milimeter. 

Milia primer terjadi secara acak ketika keratin, protein yng membantu mengeraskan lapisan luar kulit terperangkap di bawah permukaan kulit dan membentuk benjolan yang berisi cairan. 

Milia sekunder berkembang akibat trauma seperti dermabrasi, kerusakan jaringan, melepuh dan perangan kulit. Milia sekunder juga bisa muncul karena obat-obatab. 

Sedangkan Milia en plak adalah kondisi yang menyebabkan milia dikelilingi oleh area kulit yang menonjol, merah, bersisik dan gatal. Biasanya kondisi ini tejadi di area kulit yang sehat dan masih belum diketahui penyebabnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News