Keluarga

8 Manfaat Rutin Makan Semangka, Apa yang Akan Dirasakan Tubuh?

8 Manfaat Rutin Makan Semangka, Apa yang Akan Dirasakan Tubuh?

MOMSMONEY.ID - Yuk ketahui apa saja yang akan dirasakan tubuh Anda ketika rutin makan semangka setiap hari?

Semangka adalah buah yang mengandung banyak manfaat. Biasanya semangka digunakan untuk mencegah dehidrasi. Namun sebenarnya, apa sih yang akan dirasakan tubuh ketika rutin makan semangka?

Kekuatan besar melawan penyakit

Salah satu manfaat rutin makan semangka setiap hari yakni didapatkannya kandungan lycopene yang memiliki sifat antioksidan.

Baca Juga: Ikuti 5 Cara Lakukan Detoks Gula untuk Hilangkan Banyak Kadar Gula dalam Tubuh

Zat inilah yang terbukti secara ilmiah dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung, dikutip dari Good House Keeping.  Lycopene juga melindungi sel tubuh dari kerusakan dan bisa menurunkan tekanan darah.

Menghidrasi tubuh

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat besar, sebanyak 92% dari beratnya. Mengonsumsi semangka rutin setiap hari bukan cuma bisa mencegah dehidrasi, tapi juga menghilangkan kelelahan tubuh, kram otot, hingga sakit kepala.

Para ahli juga menyarankan untuk makan semangka dengan sedikit taburan garam setelah melakukan olahraga berat untuk mengisi kembali elektrolit dan karbohidrat tubuh yang hilang, dikutip dari Cleveland Clinic.

Baca Juga: 6 Minuman Detoks yang Bisa Membakar Lemak Perut, Efektif Turunkan Berat Badan

Mendukung kesehatan mata

semangka

Siapa bilang kesehatan mata hanya bisa diperbaiki jika rutin mengonsumsi wortel? Ternyata semangka juga bisa melakukan hal yang sama, lho!

Menurut penelitian, manfaat rutin makan semangka setiap hari salah satunya dapat melindungi kornea mata, mencegah pembentukan katarak, hingga menunda degenerasi macula.

Setiap satu potong semangka ukuran sedang mengandung hingga 11% vitamin A yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Mengelola gula darah

Rutin makan semangka bisa berakibat baik pada gula darah Anda. Pasalnya, semangka membantu ginjal untuk mengubah L-sitrulin (asam amino) menjadi L-arginin (asam amino).

Faktanya, dikutip Pharm Easy, kedua jenis asam amino ini akan melindungi tubuh dari diabetes, mengatur metabolisme glukosa, dan insulin dalam tubuh.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Makan Pisang Setiap Hari, Bolehkah?

Mengurangi keparahan asma

Rutin makan semangka bisa mengurangi tingkat keparahan asma karena memilii kandungan vitamin C yang tinggi. Sederhananya, semangka memiliki sekitar 40% dosis vitamin C yang baik untuk penderita asma.

Baik untuk fungsi saraf

Jus semangka

Semangka adalah makanan sumber potassium yang gunanya mengatur fungsi saraf dalam tubuh. Kekurangan potassium dapat menyebabkan seseorang mudah kesemutan, kram, dan mati rasa.

Jika Anda akhir-akhir ini sering merasa kram atau kesemutan, maka yang hanya tubuh Anda perlukan adalah mengonsumsi segelas jus semangka agar kadar potassium kembali utuh.

Baca Juga: 7 Tips Menurunkan Kolesterol Akibat Terlalu Banyak Makan Daging

Kulit jadi halus

Rutin makan semangka setiap hari membuat tubuh jadi kaya akan asupan air, vitamin A yang mencegah kulit kering, vitamin B6 yang mengatasi kulit berjerawat, dan vitamin C yang membuat kulit jadi lebih halus dan kenyal.

Redakan nyeri otot

Sebuah penelitian kecil dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa atlet yang minum jus semangka mengalami penurunan nyeri otot hingga 24 jam.

Baca Juga: 7 Jenis Alergi Makanan yang Paling Umum di Dunia, dari Telur hingga Udang

Rutin makan semangka juga membantu menurunkan detak jantung serta membantu mengurangi kerusakan pada otot.

Meski para ilmuwan masih butuh lebih banyak bukti, namun sejauh ini tak ada salahnya untuk mempertimbangkan makan semangka setiap hari.

Itulah deretan manfaat rutin makan semangkan setiap hari yang dampaknya akan dirasakan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News