8 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

8 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

MOMSMONEY.ID - Banyak manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga dan jarang diketahui. Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah nanas juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah nanas secara maksimal.

Buah nanas, dengan rasa segar dan manisnya, bukan hanya menjadi sajian lezat tetapi juga menyimpan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Kaya akan nutrisi dan enzim yang baik, nanas telah diakui sebagai salah satu buah tropis yang menyediakan berbagai keuntungan untuk kesehatan. 

Baca Juga: 8 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Merangkum dari PharmEasy, berikut manfaat buah nanas bagi kesehatan:

1. Kaya akan Vitamin C

Buah nanas merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, yang dikenal sebagai antioksidan kuat. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, dan mendukung kesehatan kulit.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Mendukung Sistem Pencernaan

Nanas mengandung enzim bromelain, yang dapat membantu memecah protein dalam makanan dan meningkatkan proses pencernaan. Bromelain juga dikenal memiliki sifat antiinflamasi, membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan.

3. Menyediakan Serat

Serat yang terkandung dalam buah nanas dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mempromosikan pergerakan usus yang sehat, dan mendukung penyerapan nutrisi yang baik dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Minum?

4. Mengandung Antioksidan

Nanas mengandung berbagai senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan mangan, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan ini dapat berkontribusi pada pencegahan penyakit kronis dan penuaan dini.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah nanas mengandung beta-karoten, yang penting untuk kesehatan mata. Beta-karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang mendukung fungsi mata, terutama pada penglihatan malam.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Nanas memiliki kandungan kalori yang rendah dan tinggi serat, sehingga dapat menjadi pilihan camilan yang sehat untuk membantu menjaga berat badan. Serat dalam nanas memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan potasium dalam nanas dapat membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal, mendukung kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 7 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

8. Antiinflamasi Alami

Bromelain dalam nanas memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Hal ini dapat bermanfaat bagi individu yang mengalami masalah inflamasi, seperti arthritis.

Dengan konsumsi yang tepat dan seimbang, buah nanas dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan bergizi untuk pola makan sehari-hari. Meskipun manfaatnya sangat beragam, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan, terutama bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu.

Selanjutnya: Emiten Farmasi Antisipasi Lonjakan Kasus Pneumonia di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News