Keluarga

8 Hewan Terkuat di Dunia, Ada Gajah Sabana Afrika hingga Beruang Grizzly

8 Hewan Terkuat di Dunia, Ada Gajah Sabana Afrika hingga Beruang Grizzly

MOMSMONEY.ID - Beberapa hewan berikut ini dikategorikan sebagai hewan terkuat di dunia. Selain karena tubuhnya yang besar, hewan-hewan ini juga rupanya merupakan predator puncak yang bisa memangsa siapapun.

Tak cuma hewan darat saja, serangga hingga burung pun menjadi salah satu jenis hewan terkuat di dunia. Yuk simak daftarnya berikut ini.

Beruang grizzly

Jadi salah satu jewan terkuat di dunia, beruang grizzly memiliki berat mencapai 680 kg, lho! Struktur tubuh mereka berotot, kuat, dan punya rahang kuat untuk menguliti para mangsa yang akan disantapnya.

Baca Juga: 8 Hewan yang Punya Kebiasaan Tidur Super Aneh, Ada yang Berdiri Membuka Mata

hewan terkuat di dunia: beruang grizzly

Beruang grizzly juga dapat memanjang tebing & pohon tinggi dengan mudah, sehingga siapapun tak disarankan untuk memanjat pohon saat bertemu beruang yang satu ini.

Meski tubuhnya berotot, namun beruang dapat berlari cepat mencapai 56 kilometer per jam!

Musk ox

Hewan musk ox adalah herbivora bertubuh besat dari wilayah Arktik di Amrika Utara & Greenland. Ia memiliki berat 408 kilogram yang seluruh tubuhnya ditutupi bulu super tebal untuk bertahan hidup di lingkugan yang keras.

hewan terkuat di dunia: musk ox

Baca Juga: 6 Kisah Hewan Penyelamat yang Bersejarah di Dunia, Bikin Hati Tersentuh!

Musk ox dikenal sebagai salah satu hewan terkuat di dunia & bisa mempertahankan diri dari pemangsa seperti srigala & beruang kutub, lho! Mereka akan menggunakan tanduknya untuk menyerang 2 hewan predator tersebut.

Hewan besar ini juga punya indera penciuman yang tajam meski jaraknya sangat jauh.

Kumbang kotoran

hewan terkuat di dunia: kumbang kotoran

Kumbang kotoran dikategorikan sebagai hewan serangga terkuat di dunia yang mampu mengangkat hingga 1.141 kali berat tubuhnya.

Hewan ini mnggunakan kekuatan super mereka untuk menggulingkan bola-bola kotoran besar, hingga memikat betina saat masa kawin.

Melansir Austin Fit Magazine, terdapat 3 kelompok kumbang kotoran yang berbeda:

  1. Penghuni: kumbang yang berada di dalam tumpukan kotoran
  2. Terowongan: kumbang yang mengubur kotoran
  3. Penggulung: kumbang yang menggelindingkan bola-bola kotoran & mengambil kotoran untuk dimakan / dikubur

Baca Juga: 5 Hewan Lucu yang Hobi Tidur, Koala Tidurnya Paling Lama

Kuda nil

Disebut sebagai hewan paling berbahaya di dunia, kekuatan kuda nil tidak bisa diremehkan. Dengan berat mencapai 1,8 ton, kuda nil tergolong mamalia yang cepat dan lincah dengan kecepatan 20 mil per jam, melansir Smore Magazine.

Salah satu hewan terkuat di dunia ini memiliki rahang yang besar & dipenuhi gigi tajam yang bisa menghancurkan tulang sekalipun!

Gorila

Hewan primata terbesar dunia, gorila, dapat bergerak dengan mudah karena tangan & tubuhnya yang berotot. Gorilla bisa dengan mudah menaklukan hutan Afrika yang dikenal liar dengan kekuatannya.

Sebagai salah satu hewan terkuat di dunia, gorilla mampu mengangkan beban hingga 10x berat tubuhnya.

Baca Juga: 7 Hewan Unik yang Bisa Hidup Tanpa Makan dan Minum dalam Jangka Waktu Lama

Harimau Siberia

Harimau Siberia

Tak bisa dipungkiri, harimau adalah salah satu hewan terkuat di dunia sekaligus pemburu paling efektif dalam ekosistem. Rata-rata tubuh harimau berotot & dapat menjatuhkan mangsa besar dengan tepat & kuat.

Spesies harimau paling kuat ialah Harimau Siberia yang banyak ditemukan di Rusia Timur, China, dan Korea Utara. Kecepatan mereka mencapai 80 km/jam dalam mengejar mangsa.

Elang harpy

hewan terkuat di dunia: elang harpy

Elang harpy merupakan predator puncak dalam ekosistem. Ia memiliki cakar yang besar, penglihatan tajam & efektif. Para ahli menyebut elang harpy sebagai wujud kekuatan dan ketangkasan.

Lebar sayap elang harpy mencapai 2,3 meter. Cakarnya tumbuh sepanjang 13 cm, persis sepanjang cakar beruang grizzly.

Cakarnya yang tajam besar & fisiknya yang super besar mengokohkan namanya sebagai burung pemangsa terkuat di hutan hutan Amerika Tengah & Selatan.

Baca Juga: 11 Ikan Pembawa Hoki dan Kesuksesan Menurut Fengshui Cina, Wajib Pelihara!

Gajah Sabana Afrika

hewan terkuat di dunia: gajah sabana afrika

Gajah Sabana Afrika adalah hewan darat terbesar di bumi. Melansir dari Our Endangered World, 1 ekor gajah jantan mencapai berat 5,9 ton dengan tinggi 3,9 meter, menjadikannya sebagai hewan terkuat di dunia.

Belalai dari gajah jenis ini memiliki lebih dari 40.000 otot yang memungkinkan hewan ini mengangkat benda berat, melawan predator, hingga mengumpulkan makanan.

Itulah deretan hewan terkuat di dunia dengan kekuatan super yang mengerikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News