Bugar

Buah-buahan Ini Bantu Turunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Buah-buahan Ini Bantu Turunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

MOMSMONEY.ID - Tahukah bahwa ternyata ada beberapa jenis buah penurun kolesterol jahat, lo. Apa sajakah itu?

Buah-buahan seringkali dianggap sebagai makanan super yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Selain itu, beberapa jenis buah juga memiliki kemampuan khusus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Dalam artikel ini, Momsmoney akan mengulas beberapa buah penurun kolesterol jahat yang dapat Anda konsumsi, bersumber dari Eat This:

1. Jeruk

Tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, jeruk juga mendukung kesehatan jantung. Kaya akan nutrisi esensial tanpa gula tambahan, konsumsi jus jeruk 100% secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan kolesterol total dan LDL, serta risiko lebih rendah memiliki HDL yang rendah, khususnya pada pria.

Baca Juga: Daftar Makanan Tinggi Lemak yang Tak Baik untuk Kesehatan Anda

2. Semangka

Menyegarkan dan ideal untuk musim panas, semangka mendukung diet penurunan kolesterol. Kaya akan likopen, semangka dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kenaikan kolesterol. Mengganti minuman bergula dengan jus semangka adalah cara yang menyegarkan untuk menambahkan nutrisi penting ke dalam diet Anda.

3. Plum

Baik disukai atau tidak, konsumsi plum dapat mendukung kesehatan jantung dengan berbagai cara. Hanya dengan mengonsumsi 50 gram plum setiap hari (sekitar 5-6 buah), dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) pada wanita pascamenopause, sambil menurunkan peradangan dan meningkatkan aktivitas antioksidan.

Baca Juga: Harus Waspada, Ternyata Ini Penyebab Asam Urat Tinggi di Usia Muda!

4. Apel

Buah apel sangat kaya akan pektin. Pektin adalah serat larut yang dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan, memindahkannya ke hati untuk dieliminasi, membantu mendukung kadar kolesterol sehat.

5. Berries

Buah beri termasuk di antara buah terbaik untuk menurunkan kolesterol karena kandungan serat dan antioksidan. Buah beri melindungi kolesterol LDL dari oksidasi, sehingga membantu melindungi dari efek berbahaya kolesterol tinggi.

Itulah sejumlah buah penurun kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi buah-buahan ini sebagai bagian dari diet seimbang dan gaya hidup sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News