Bugar

Inilah Pengganti Gula yang Alami dan Sehat untuk Dikonsumsi, Cek Moms!

Inilah Pengganti Gula yang Alami dan Sehat untuk Dikonsumsi, Cek Moms!

MOMSMONEY.ID - Lebih baik dari gula pasir, berikut pilihan pengganti gula yang alami dan sehat untuk dikonsumsi.

Dalam upaya mencari alternatif yang lebih sehat untuk gula pasir yang sering digunakan sehari-hari, banyak Moms yang mulai beralih ke pemanis alami. Pengganti gula yang alami ini tidak hanya memberikan rasa manis tetapi juga menyertakan berbagai manfaat kesehatan, termasuk nutrisi tambahan dan indeks glikemik yang lebih rendah.

Menyadur dari Alodokter, berikut adalah beberapa pilihan pengganti gula yang alami dan sehat untuk dikonsumsi:

1. Madu

Madu adalah salah satu pengganti gula alami yang paling populer. Kaya akan antioksidan, madu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antibakteri. Namun, perlu diperhatikan bahwa madu memiliki kalori sekitar 21 per sendok makan, sehingga penggunaannya harus diatur untuk menghindari penambahan berat badan.

Baca Juga: Resep Susu Kurma yang Cocok Diminum saat Ramadan, Mudah dan Simpel

2. Stevia

Stevia adalah pemanis tanpa kalori yang berasal dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Stevia bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mengawasi asupan kalori atau memiliki diabetes, karena tidak mempengaruhi kadar gula darah. Rasa stevia bisa lebih manis daripada gula pasir, jadi sedikit saja sudah cukup.

3. Sirup Maple

Sirup maple alami merupakan sumber mineral seperti mangan dan seng, yang baik untuk kesehatan. Memiliki rasa yang khas dan manis, sirup maple bisa menjadi pilihan pengganti gula dalam pembuatan kue dan pancake. Seperti madu, sirup maple memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan gula pasir.

Baca Juga: Bukan Gorengan, Ini Rekomendasi Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa selama Ramadan

4. Kurma

Buah kurma dikenal akan manfaat nutrisinya, termasuk serat, vitamin B6, dan mineral seperti kalium dan magnesium. Meskipun mengandung gula alami dan kalori sekitar 23 per buah, kurma tidak mempengaruhi kadar gula darah dan bisa dijadikan pengganti gula dalam pembuatan camilan atau minuman.

5. Xylitol

Xylitol adalah alkohol gula yang ditemukan dalam jumlah kecil pada banyak buah dan sayuran. Pemanis ini memiliki kalori yang lebih rendah daripada gula dan tidak meningkatkan kadar gula darah atau insulin. Namun, xylitol dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Sayur Sehat untuk Buka Puasa, Layak Dicoba Moms!

6. Lo Han Kuo (Monk Fruit)

Dikenal juga sebagai buah monk, lo han kuo adalah pemanis bebas kalori yang manisnya bisa mencapai 150-200 kali lebih manis daripada gula pasir dan baik untuk mengontrol gula darah. Meskipun begitu, penting untuk memeriksa kandungan produk pemanis lo han kuo untuk menghindari tambahan gula atau pemanis buatan lainnya.

7. Allulose

Ditemukan dalam buah-buahan seperti fig dan kismis, allulose mirip dengan gula tetapi dengan kalori yang sangat rendah (0,2 kalori per gram). Ini menjadikannya pilihan yang cocok untuk program penurunan berat badan dan pengelolaan diabetes. Akan tetapi, konsumsi allulose dalam jumlah besar juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Baca Juga: Ramadan Telah Tiba, Ini Tips Berpuasa bagi Penderita Asam Lambung

Itulah beberapa pilihan pengganti gula yang alami dan sehat untuk dikonsumsi. Memilih pengganti gula alami dan sehat bisa menjadi langkah positif dalam meningkatkan kesehatan Anda.

Namun, semua pemanis, termasuk yang alami, harus dikonsumsi secara moderat sebagai bagian dari diet seimbang. Dengan begitu, Moms dapat menikmati rasa manis tanpa mengorbankan kesehatan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News