Keluarga

7 Makanan Israel Paling Terkenal di Dunia, dari Sabich hingga Hummus

7 Makanan Israel Paling Terkenal di Dunia, dari Sabich hingga Hummus

MOMSMONEY.ID - Seruan boikot produk makanan Israel telah menggema di beberapa belahan dunia. Namun, apakah Anda sudah tahu apa sajakah makanan-makanan Israel yang paling terkenal di dunia?

Untuk melihat apa saja makanan Israel tersebut, mari intip artikel, yang dirangkum dari Great British Chef dan World Travel Connector, selengkapnya.

Sabich with amba

Makanan Israel: Sabih

Sabich atau Sabih adalah salah satu makanan Israel yang paling populer di dunia. Pada dasarnya, Sabich adalah sandwich dengan isian terong goreng, telur rebus, saus tahini, hummus, salad Israel, dan amba. Amba sendiri adalah saus mangga bercita rasa gurih.

Sabich dibawa ke Israel oleh orang-orang Yahudi Irak & pada akhirnya menjadi makanan orang Yahudi di Israel yang dimakan secara tradisional pada hari Sabat.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Fermentasi yang Bisa Lancarkan Pencernaan

Labneh

Berasal dari Timur Tengah, keju Labneh merupakan salah satu makanan Israel yang sangat populer.

Labneh atau Labni merupakan keju yogurt yang dibuat dengan cara disaring, dikeringkan, dan dijadikan sebagai olesan mentega. Labneh biasanya berbentuk bola.

Falafel

Falafel adalah makanan nasional Israel yang juga dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat di negara-negara Arab. Sejarah bahkan mencatat bahwa Falafel aslinya berasal dari Mesir.

Di Israel sendiri, falafel dijual juga sebagai jajanan kaki lima. Falafel ini biasa dimasukkan ke dalam roti pitta dengan aneka makana lain seperti acar hingga salad.

Baca Juga: 5 Jenis Jamur Termahal di Dunia, Mencapai Puluhan Ribu Dollar

Hummus

Makanan Israel: Hummus

Jika falafel merupakan makanan nasional Israel, maka Hummus adalah makanan Israel kedua yang paling digemari. Hummus pada dasarnya ialah saus, namun di Israel, hummus bisa difungsikan jadi makanan utama.

Hingga kini, orang Israel biasa memakan hummus dengan kombinasi buncis, saus tahini, bawang putih, lemon, atau bahkan daging giling goreng. Namun pada resep tradisionalnya, hummus hanya menggunakan irisan bawang bombay mentah yang bercita rasa manis.

Baca Juga: 6 Minuman Paling Menjijikkan di Dunia, Ada yang Terbuat dari Urin Sapi

Laffa

Laffa atau Roti Taboon merupakan roti tradisional berbentuk pipih yang biasa dikonsusi masyarakat Timur Tengah, termasuk di Israel.

Roti Laffa di Israel terasa lebih lezat apabila dinikmati dengan banyakminyak zaitun & za’atar di atasnya.

Latkes

Makanan Israel: Latkes

Baca Juga: Daftar 7 Makanan Berwarna Hitam yang Ada di Dunia, Semua Punya Kesan Mewah

Latkes adalah pancake kentang Israel yang sangat populer. Pertama kali Latkes di bawa ke Israel oleh orang-orang Yahudi Ashkenazi.

Pancake sederhana ini terbuat dari kentang tumbuk/parut yang dicampur bersama tepung, telur, bawang bombay, dan tepung matzo.

Latkes biasa disajikan dengan cara digoreng, terutama untuk perayaan Hanukkah.

Sugfaniya

Sugfaniya juga merupakan salah satu makanan Israel yang terkenal. Menu ini berupa donat jeli yang biasa dihidangkan secara tradisional untuk perayaan Hanukkah.

Baca Juga: 5 Jenis Sosis Jerman Paling Ikonik dan Terkenal di Dunia, Wajib Coba Semua

Donat berbentuk tebal ini dibawa ke Israel oleh orang-orang Yahudi di Eropa dan segera diterima secara meluas oleh orang-orang Israel karena cara masaknya digoreng menggunakan minyak menorah.

Usut punya usut, dalam tradisi Yahudi, itu menandakan caranya menghormati keajaiban minyak menorah yang terbakar secara ajaib selama 8 hari.

Itulah berbagai jenis makanan Israel yang paling populer di dunia. Apakah Anda tertarik ingin mencoba salah satu hidangan di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News