Santai

7 Fitur Android 15 yang Kurang Dikenal, Tak Kalah Canggih dan Punya Daya Tarik

7 Fitur Android 15 yang Kurang Dikenal, Tak Kalah Canggih dan Punya Daya Tarik

MOMSMONEY.ID - Android 15 memiliki berbagai fitur terkenal yang banyak digemari pengguna. Namun, ada juga fitur Android 15 yang kurang dikenal alias tak populer. 

Fitur Android 15 yang kurang dikenal, tidak kalah canggih dan menarik. Android 15 adalah pembaruan Android utama lainnya dari Google, dan seperti versi sebelumnya, pembaruan ini memiliki banyak fitur.

Berikut ini terdapat 7 fitur Android 15 kurang dikenal yang tak kalah canggih dan punya daya tarik. 

Baca Juga: Ragam Fitur iOS 18 Terbaru yang Semakin Canggih dan Segera Dirilis Bulan Ini

1. Ruang Pribadi

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Anda membuat ruang terpisah yang aman untuk data yang lebih sensitif. 

Anggap saja sebagai tempat untuk menyembunyikan aplikasi sensitif seperti perbankan, dompet digital, dan aplikasi pemrosesan pembayaran. Anda juga dapat menggunakan ruang tersebut untuk menyimpan berkas penting seperti dokumen identitas.

Dua faktor yang membuat Ruang Pribadi menarik. Pertama, Anda dapat memilih akun Google khusus untuk digunakan sehingga file di ruang ini tidak dapat disinkronkan dan ditampilkan di luar ruang. 

Kedua, Anda dapat menggunakan kunci yang berbeda dari yang Anda gunakan untuk membuka kunci perangkat Anda, yang berarti meskipun seseorang memiliki kunci layar Anda, mereka tidak dapat mengakses Ruang Pribadi Anda.

Pengguna Samsung mungkin merasa fitur ini familier, karena mirip dengan fitur Folder Aman pada perangkat Galaxy. 

2. Kontrol Keras Suara

Android 15

Di Android, saat Anda beralih dari memutar media di satu aplikasi ke aplikasi lain, Anda mungkin perlu menyesuaikan volume ke tingkat yang sesuai. Hal ini karena beberapa aplikasi memiliki tingkat kenyaringan yang lebih tinggi sementara yang lain memiliki tingkat kenyaringan yang lebih rendah.

Anda mungkin mendapati bahwa memutar media di satu aplikasi pada tingkat volume sedang lebih keras daripada memutar di aplikasi lain.

Baca Juga: Rilis Bulan Depan, Ini Fitur Android 15 yang Punya Banyak Peningkatan

Untungnya, di Android 15, Google akhirnya mengatasi hal ini dengan menyediakan cara standar bagi pengembang aplikasi untuk menghindari perbedaan tersebut dengan mengadopsi API yang baru ditambahkan.

Dengan ini, pengembang aplikasi akan dapat mendelegasikan tingkat kenyaringan ke pengontrol standar, yang akan memastikan bahwa meskipun Anda beralih dari pemutaran media di satu aplikasi ke aplikasi lain, tingkat kenyaringannya tetap sama.

3. Pasang Aplikasi

Jika Anda penggemar penggunaan aplikasi dalam mode layar terbagi Android, Android 15 memiliki fitur tambahan untuk meningkatkan pengalaman. 

Meskipun Anda dapat menggunakan layar terbagi di Android pada versi sebelumnya (dari Android 7.0 Nougat dan yang lebih baru), Android 15 telah menambahkan fitur baru yang disebut pasangan aplikasi. Dengan pasangan aplikasi, Anda dapat menyimpan kombinasi aplikasi layar terbagi favorit Anda untuk akses cepat.

Hal ini dimungkinkan karena setelah menyiapkan pasangan aplikasi, perangkat Anda secara otomatis menambahkan ikon pasangan tersebut ke layar Utama. 

Kemudian, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuk ikon tersebut untuk meluncurkan dua aplikasi dalam mode layar terpisah. Hal ini sangat berguna untuk perangkat Android layar besar seperti tablet, tetapi juga tersedia di ponsel Android.

Misalnya, jika Anda gemar menggunakan YouTube untuk belajar dan aplikasi pencatatan tertentu, Anda dapat menyimpan keduanya sebagai pasangan sehingga Anda tidak perlu melakukan proses biasa secara manual untuk menampilkannya dalam mode layar terpisah. 

Baca Juga: 6 Fashion Item Ini Tak Kenal Zaman Loh, Wajib Punya di Lemari

Sebagai gantinya, Anda cukup mengetuk ikon pasangan tersebut di layar Utama untuk meluncurkannya.

4. Berbagi Audio

Berbagi Audio adalah fitur lain yang membuat saya bersemangat. Fitur ini mengatasi salah satu masalah terbesar dalam hidup saya: mendengarkan audio bersama. 

Bluetooth utamanya berfungsi antara dua perangkat, sumber dan tujuan. 

Namun, dengan menggunakan standar Bluetooth Low Energy dan Auracast (kemampuan Bluetooth yang memungkinkan transmisi audio), perangkat Android 15 Anda dapat menyiarkan audio ke beberapa perangkat di sekitar melalui Bluetooth LE.

Fitur ini menciptakan sinyal audio yang dapat ditangkap oleh perangkat lain untuk dihubungkan secara nirkabel atau dengan memindai kode QR. Dalam jangkauan, Anda dapat menghubungkan beberapa speaker, headphone, earbud, dan bahkan ponsel, asalkan mendukung standar Bluetooth LE.

Meskipun fitur tersebut muncul di pratinjau pengembang kedua Android 15, saat ini fitur tersebut tidak dapat diakses. Versi awal fitur tersebut membatasi jumlah perangkat yang terhubung menjadi dua.

5. Animasi Belakang Prediktif

Fitur prediktif khusus untuk sistem navigasi gestur Android. Meskipun Google pertama kali menambahkan fitur ini pada tahun 2023, dan Anda dapat mengaktifkan animasi prediktif di Android 14, fitur ini tersembunyi di opsi Pengembang. Untungnya, fitur ini akhirnya hadir di seluruh sistem di Android 15.

Fitur ini menggunakan animasi bawaan untuk memberi tahu Anda ke mana Anda akan menuju setelah menggeser ke belakang sebelum Anda melakukan tindakan. 

Dengan kata lain, Anda dapat melihat ke mana gerakan kembali akan membawa Anda alih-alih menggeser ke belakang secara membabi buta, seperti yang terjadi sebelumnya tanpa fitur ini.

Fitur ini berguna saat Anda benar-benar sibuk dengan menu, seperti aplikasi Pengaturan, yang memungkinkan Anda mengetahui di mana tepatnya Anda akan diarahkan sebelum benar-benar mengambil tindakan.

Baca Juga: Daftar Fitur Android 15 yang Siap Dirilis untuk Pengguna

6. Pemberitahuan Pendinginan

Android sudah menyediakan sistem yang solid untuk mengelola notifikasi. Kontrol yang tersedia sangat rinci sehingga Anda dapat mengubah pengaturan notifikasi untuk setiap percakapan teks.

Selain fitur manajemen notifikasi yang tersedia, Android 15 menambahkan fitur pendinginan notifikasi baru.

Sesuai namanya, fitur ini bertujuan untuk mengendalikan aplikasi yang terus-menerus membombardir Anda dengan notifikasi setiap hari. 

Fitur ini secara bertahap menurunkan volume notifikasi jika Anda menerima banyak notifikasi berturut-turut dari aplikasi yang sama.

Dengan cara ini, Anda tetap mendapat informasi saat ada notifikasi baru yang diterima dari aplikasi yang sama, tetapi Anda tidak dibombardir dengan suara notifikasi pada volume maksimal.

7. Peningkatan Privasi dan Keamanan

Dengan setiap versi Android baru, Google menambahkan beberapa fitur keamanan dan privasi, dan Android 15 tidak terkecuali. 

Salah satu fitur keamanan utama adalah perlindungan pencurian, yang akan secara otomatis mengunci perangkat Anda jika mendeteksi gerakan tiba-tiba yang dapat mengindikasikan pencurian. 

Baca Juga: 6 Fitur Android yang Tidak Dimiliki iOS 18, Apa Saja? Yuk, Simak

Fitur ini juga akan mengunci perangkat setelah offline untuk melindungi data Anda.

Google juga meningkatkan keamanan terhadap aplikasi berbahaya. Pertama, Google menambahkan fitur notifikasi sensitif baru yang mencegah kode sandi sekali pakai terbaca oleh aplikasi tersebut. 

Kedua, Android 15 menambahkan pembatasan baru yang menghentikan aplikasi berbahaya membajak tugas yang dijalankan oleh aplikasi tepercaya.

Android 15 mengemas banyak fitur dan penyempurnaan baru yang meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Meskipun ada beberapa perubahan pada antarmuka, saya lebih bersemangat dengan peningkatan bertahap ini dalam pembaruan mendatang.

Nah, itulah beberapa fitur Android 15 yang kurang dikenal, namun punya daya tarik sendiri. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News