Bugar

7 Cara Merawat Area Mata Tetap Sehat dan Segar, Istirahatkan Mata!

7 Cara Merawat Area Mata Tetap Sehat dan Segar, Istirahatkan Mata!

MOMSMONEY.ID - Jika Anda sedang lelah, maka bisa dilihat dari mata. Anda perlu coba cara merawat area mata tetap sehat dan segar. 

Mata adalah area kulit yang rentan terhadap berbagai perubahan yang mempengaruhi penampilan mata, seperti mata hitam, bengkak, kerutan, dan lainnya. 

Penyebab munculnya masalah kesehatan mata bisa dari faktor genetik, paparan sinar matahari, kurang tidur dan pola makan yang kurang sehat. 

Namun, masih ada cara alami yang bisa Anda lakukan. Dikutip dari cnfstore.com, berikut tujuh cara merawat mata tetap sehat dan segar: 

1. Sering istirahatkan mata dari paparan layar

Cara pertama merawat area mata tetap segar dan sehat adalah sering istirahatkan mata dari paparan layar. Pada era teknologi saat ini, banyak orang yang menghabiskan waktunya selama berjam-jam di depan layar monitor, komputer, TV, dan ponsel.

Paparan secara konstan ke berbagai perangkat elektronik tersebut dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Sehingga untuk merawat kesehatan mata adalah sering beristirahat saat bekerja di depan layar monitor.

Palingkan muka dan fokus pada sebuah objek di kejauhan untuk merilekskan mata. 

Baca Juga: 6 Inspirasi Ide Souvenir Pernikahan Unik dan Anti Mainstream, Cek Di Sini

2. Lakukan pemeriksaan mata secara rutin

Selanjutnya, Anda bisa lakukan pemeriksaan mata secara rutin. Lakukan pemeriksaan mata setidaknya sekali dalam 6 bulan.

Sering mengalami ketegangan mata, mata kering, atau gangguan sejenisnya, dapat menyebabkan penyakit mata yang lebih parah jika tidak ditangani dengan benar.

Langsung periksakan mata jika Anda mengalami iritasi, enasi benda asing di mata, kelopak mata terasa berat, mata merah, hingga tidak nyaman saat memakai lensa kontak. 

3. Memakai kacamata anti silau jika diperlukan

Anda dapat menggunakan kacamata anti silau jika diperlukan. Sinar UV dapat memicu kerusakan pada penglihatan apabila terpapar secara berlebihan.

Cahaya terang yang memasuki mata dalam waktu lama dapat membahayakan kesehatan kornea. Maka, gunakan kacamata hitam anti silau yang melindungi mata dari paparan sinar UV, juga dari paparan udara kering dan debu.

Jadi, siapkan kacamata anti silau saat Anda banyak beraktivitas di luar ruangan yang panas ya.

4. Makan makanan yang seimbang

Jangan lupa untuk selaku makan makanan yang seimbang. Anda harus mengonsumsi makanan berbagai macam seperti buah dan sayur, terutama sayuran berdaun kuning dan hijau tua. Buah dan sayuran sarat akan vitamin penting untuk kesehatan mata.

Selain itu, konsumsi ikan yang sarat akan asam lemak omega 3. Mulai dari tuna, salmon, dan halibut yang baik untuk menutrisi mata. Berbagai sumber protein yang perlu kamu konsumsi seperti telur, kacang-kacangan, hingga daging ayam

Baca Juga: 5 Channel YouTube Ini Cocok Ditonton Perempuan saat Patah Hati

5. Cuci tangan sebelum menyentuh mata

Cara merawat mata berikutnya adalah cuci tangan sebelum menyentuh mata. Cuci tangan dengan bersih adalah cara merawat mata tetap bersih dan bebas dari penyakit.

Sebelum menyentuh area sekitar mata, terutama bagi Anda pemakai lensa kontak, wajib mencuci tangan dengan sabun yang lembut dan mengeringkannya.

Tindakan higienis ini untuk mencegah kuman dan bakteri masuk ke mata lewat jari tangan. Jika hal ini terjadi, dapat memicu infeksi mata merah dan iritasi yang mengganggu.

6. Tetap terhidrasi

Kemudian, pentingnya tubuh tetap terhidrasi. Karena alasan kesehatan, termasuk membantu mencegah mata bengkak.

Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh mencoba untuk menahan semua cairan, maka dapat menyebabkan bengkak di bawah mata.

Asupan air putih dalam sehari umumnya adalah 8 gelas per hari atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing

7. Pakai krim mata yang bagus secara konsisten

Cara merawat mata tetap sehat dan segar lainnya adalah pakai krim mata yang bagus secara konsisten. Krim mata pelembap yang bagus dengan bahan-bahan seperti green tea, kafein, niacinamide, peptida, dan antioksidan lainnya.

Krim mata yang bagus dapat membantu mengurangi peradangan dan menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi bengkak. Temukan kandungan peptida yang membantu merangsang kolagen untuk memperbaiki kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Bisa Anda coba lakukan, kan? Itulah beberapa cara merawat mata tetap sehat dan segar. 

Selanjutnya: Asik! Cinema XXI Gelar Promo Buy 1 Get 1 Free Tiket Film 13 Bom Di Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News