Keluarga

Kualitas Udara Buruk, Begini Cara Meningkatkan Kualitas Udara Tetap Sehat di Rumah

Kualitas Udara Buruk, Begini Cara Meningkatkan Kualitas Udara Tetap Sehat di Rumah

MOMSMONEY.ID - Kualitas udara di beberapa kota di Indonesia tengah memburuk. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kualitas udara di dalam rumah?

Di tengah cuaca kemarau berkepanjangan di Indonesia, banyak kota akhirnya memiliki kualitas udara yang buruk. Namun, penyebab kualitas udara yang buruk sebenarnya cukup beragam.

Melansir Halodoc, penyebab kualitas udara di beberapa kota besar di Indonesia buruk, terutama Jakarta antara lain karena asap kendaraan. Selain itu, ada limbah pabrik, asap pembakaran, hingga debu. 

Nah, kualitas udara yang buruk ini bisa berbahaya bagi kesehatan terutama bagi anak kecil. Mereka rentan terkena penyakit yang menyerang sistem pernafasan. 

Mengutip Paediatrics Child Health bahkan polusi udara bisa mengubah sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan risiko kekurangan vitamin D serta rakhitis. Polusi juga bisa meningkatkan risiko cacat lahir serta meningkatkan angka kematian. 

Baca Juga: Tips Step Skincare Anti Polusi, Coba Praktikkan yuk

Lalu bagaimana cara menjaga dan meningkatkan kualitas udara tetap sehat di rumah?

Menjaga rumah tetap bersih

Bersumber dari Harvard Education, cara menjaga dan meningkatkan kualitas udara di rumah adalah menjaga rumah Anda tetap bersih higenis.

Mulai dengan membersihkan sumber debu, kotoran hewan peliharaan, sudut rumah yang berjamur, hingga sudut rumah yang memiliki sarang laba-laba. 

Pastikan memiliki tanaman hidup di rumah

Selain menambah keindahan rumah, memiliki tanaman hidup di dalam rumah juga bisa memperbaiki kualitas udara, lo. Tanaman bisa melepaskan oksigen di dalam rumah.

Namun, bagi Anda yang punya alergi jamur atau debu, hindari menggunakan tanaman di dalam rumah. Cukup tanam tumbuhan di halaman rumah.

Tidak merokok di lingkungan rumah

Cara selanjutnya menjaga kualitas udara di rumah adalah tidak merokok di sekitar rumah terutama di dalam rumah. Asap rokok mengeluarkan residu yang bisa mengendap dan berbahaya bagi kesehatan lingkungan rumah. 

Baca Juga: Anti Polusi Udara, Olahraga di Rumah Pakai 4 Aplikasi Workout Ini Yuk

Perbaiki sistem ventilasi udara di rumah

Untuk menjaga kualitas udara tetap sehat di dalam rumah adalah membuat ventilasi udara yang layak di setiap ruangan di dalam rumah. Jangan lupa gunakan filter untuk menyaring debu dari luar dan jangan lupa rutin membersihkannya. 

Tidak membakar sampah di halaman rumah

Jika Anda memiliki halaman luas dengan pepohonan, kerap kali membakar daun kering yang gugur adalah solusi paling praktis.

Tapi, untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah, jangan lakukan hal ini. Sebaiknya, kubur sampah dauh supaya bisa menjadi pupuk kompos.

Demikian beberapa cara menjaga dan meningkatkan kualitas udara di rumah tetap sehat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News