Santai

5 Cara Merawat Kuku biar Tetap Sehat dan Kuat, Coba yuk

5 Cara Merawat Kuku biar Tetap Sehat dan Kuat, Coba yuk

MOMSMONEY.ID - Punya kuku yang tipis dan mudah patah? Coba gunakan tips merawat kuku agar lebih sehat berikut ini, yuk.

Kuku adalah bagian tubuh yang kerap kali lupa untuk diperhatikan. Padahal, kuku juga memerlukan perawatan seperti bagian tubuh lainnya.

Jika tidak dirawat dengan baik, kuku bisa jadi rusak, tipis, dan mudah patah. Selain itu risiko terkena jamur pun bisa muncul pada kuku yang tidak terawat.

Agar tetap cantik dan sehat, coba praktikkan tips cara merawat kuku berikut ini, yuk.

Baca Juga: Meski Cantik, Ternyata Ada 3 Efek Samping Nail Art Bagi Kesehatan Kuku

Jaga tetap kering

Setelah mencuci tangan, penting untuk selalu menjaga kuku agar tetap pada kondisi kering dan bersih. Hal tersebut tentunya berguna untuk menjaga kondisi kuku supaya tidak jadi sarang bakteri.

Bakteri sendiri bisa dengan mudah berkembang pada bagian kuku jika kuku terus dibiarkan dalam kondisi basah dan lembap. Penggunaan sarung tangan untuk mencuci piring atau menggunakan produk berbahan keras juga disarankan.

Rutin potong kuku

Bukan cuma rambut yang perlu untuk terus dirapikan, kuku pun juga demikian. Kebersihan pada area kuku bisa diperoleh dengan rajin memotong kuku.

Laman Good House Keeping menyarankan untuk rutin merapikan atau memotong kuku setiap dua minggu sekali. Dengan rutin merapikan kuku pun, ternyata bisa membantu kuku untuk tetap kuat dan tidak mudah patah.

Baca Juga: Lakukan Rutin Ini 6 Tips Skincare Anti Polusi Udara, Cegah Kulit Kusam dan Kering

Gunakan pelembap

Pelembap atau vitamin kuku kini sudah bisa ditemukan dengan mudah. Jika tak ingin repot membeli vitamin kuku, gunakan saja lotion atau hand cream hingga ke bagian kuku dan kutikula.

Namun, jika ingin perlindungan lebih maksimal, penggunaan vitamin kuku dan kutikula bisa digunakan. Produk tersebut bisa memberikan perawatan ekstra untuk memperkuat dan merawat area kuku.

Konsumsi biotin

Beberapa kondisi kuku yang rapuh membutuhkan asupan vitamin dari dalam juga. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi biotin.

Biotin bisa diperoleh dari mengonsumsi makanan kaya biotin atau mengonsumsi suplemen biotin.

Laman Mayo Clinic menjelaskan, suplemen biotin bisa membantu memperkuat kuku yang rapuh maupun tipis. Konsultasikan dulu pada dokter sebelum mengonsumsi biotin, ya.

Perhatikan produk dan peralatan

Agar kesehatan kuku makin maksimal, penting untuk memperhatikan produk dan peralatan perawatan kuku. Sebaiknya, pilih produk vitamin kutikula atau kuku yang mengandung bahan alami.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan peralatan perawatan kuku seperti gunting pemotong. Bersihkan dengan sabun atau alkohol lalu keringkan sebelum digunakan kembali.

Alasannya adalah untuk menghindari bakteri yang menempel pada peralatan perawatan kuku. Jangan lupa juga untuk mengistirahatkan kuku jika terlalu sering melakukan nail art, ya.

Mudah, kan? Itulah tadi beberapa tips cara untuk merawat kuku agar tetap cantik dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News