Keluarga

6 Tips Pernikahan Langgeng yang Wajib Pasutri Tahu biar Terhindar dari Perceraian

6 Tips Pernikahan Langgeng yang Wajib Pasutri Tahu biar Terhindar dari Perceraian

MOMSMONEY.ID - Tips pernikahan berikut ini akan membawa Anda bersama pasangan menuju gerbang pernikahan yang lebih awet & terhindar dari perceraian.

Pernikahan bukanlah hubungan yang mudah dijalankan. Setiap hubungan pernikahan yang terlihat bahagia, pasti selalu dijalankan dengan usaha & kerja keras.

Berikut ini MomsMoney telah mengutip berbagai tips pernikahan dari para penasihat & ahli pernikahan, yang dilansir dari Today.com, Very Well Mind, dan Pure Wow, selengkapnya.

Baca Juga: 6 Tanda Kebosanan yang Mengancam Hubungan Rumah Tangga, Pasutri Wajib Berhati-hati

Rasio 5:1

Dalam sebuah pernikahan, Rasio 5:1 wajib Anda terapkan sehari-hari. Lantas, apa sih rasio 5:1 itu?

Melansir PureWow, Rasio 5:1 adalah rasio interaksi positif dan negatif. Rasio ini merupakan metode dimana setiap 1 hal negatif yang dimiliki pasangan akan ditambal oleh 5 hal positif yang kita pancarkan lewat interaksi.

Misalnya, jika suami Anda kurang mau berinteraksi dengan anak, maka sebagai istri anda bisa menawarkan 5 jenis interaksi positif.

Interaksi positif ini bisa beragam, mulai dari pujian, lelucon, empati, hingga ciuman.

Jaga penampilan

langsing

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 7 Nasihat Pernikahan dari Mereka yang Telah Bercerai

Tips pernikahan yang awet agar terhindar dari perceraian ialah selalu menjaga penampilan.

Buang seluruh pakaian lusuh Anda dan pakailah baju-baju terbaikmu setiap hari. Anda juga bisa mulai menjaga berat badan dengan mengatur pola hidup sehat & mulai berolahraga.

Komitmen setia

Penelitian yang dilakukan Dr Finnegan Alford-Cooper pada tahun 1998, dalam Today.com, mempelajari 576 pasangan yang telah menikah selama lebih dari 50 tahun.

Dalam studinya, ia menemukan 95% pasangan setuju bahwa kesetiaan sangat penting untuk pernikahan yang sukses. Sementara 94% pasangan setuju bahwa pernikahan adalah komitmen jangka panjang untuk 1 orang saja.

Dan para “pasangan tua” ini mengatakan bahwa pernikahan mereka baru terasa bahagia setelah dijalani lebih dari 50 tahun.

Baca Juga: Gak Bikin Minder, Ini 9 Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat Menjelang Pernikahan

Memberi maaf dengan cepat

Tips pernikahan selanjutnya agar terhindar dari perceraian ialah bisa memafkan pasangan dalam waktu singkat. Sebab pernikahan akan terasa mulai berantakan jika salah satu pihak menyimpan dendam.

Sebuah penelitian pada tahun 2017 dalam Very Well Mind menunjukkan, perasaan jijik & dendam terhadap pasangan dapat berujung pada perceraian jika tidak pernah terselesaikan.

Pasangan bahagia

Baca Juga: Untuk Calon Pasutri, Simak 6 Tips Menabung untuk Biaya Menikah Berikut

“Memaafkan adalah salah satu hal terpenting dan juga salah satu hal tersulit yang harus dilakukan pasangan,” kata Aura De Los Santos, psikolog klinis dan pendidikan di NCHC.

“Ketika pasangan saling memaafkan, mereka dapat saling bertumbuh. Karena memaafkan adalah jendela untuk menatap masa depan agar tidak terjebak dalam situasi yang menyebabkan rasa sakit.” tambahnya.

Cobalah untuk memaafkan pasangan secepat mungkin. Ingatlah bahwa pengampunan merupakan anugrah yang Anda berikan pada diri sendiri.

Sebab, menyimpan dendam hanya akan menguras mental & emosional, serta selalu berdampak pada kesehatan & tingkat stres yang tinggi.

Baca Juga: CLBK, Ikuti 6 Tips Memperkuat Kembali Hubungan Cinta Setelah Putus

Bicarakan seks

Untuk menjaga sebuah pernikahan agar terhindar dari perceraian, bukalah jalur komunikasi tentang seks. Bicarakan apa yang anda inginkan kepada pasangan. Dengarkan juga keinginan pasangan.

Diskusikan semua hal tentang seks hingga pasutri dapat menemukan titik tengahnya.

Cuddling

Jadikan pasanganmu sebagai sahabat terbaik

Seorang professor Psikologi, John Gottman, dalam penelitiannya dengan akurasi 91% mengatakan bahwa kunci kebahagiaan sebuah pernikahan adalah jalinan persahabatan antara suami dengan istri.

Baca Juga: Ingin Tekan Budget Pernikahan? Ini 5 Tips Memangkas Biayanya

Beberapa aspek terpenting dari persahabatan jenis ini di antaranya:

  • Mengenal satu sama lain secara intim
  • Menunjukkan kasih sayang dan rasa hormat satu sama lain setiap hari
  • Menikmati kebersamaan satu sama lain dan dengan tulus.

Gottman mendasarkan temuannya pada penelitian perkawinan selama 25 tahun, yang ia presentasikan dalam bukunya berjudul The Seven Priciples for Making Marriage Work.

Itulah deretan tips pernikahan yang awet agar terhindar dari perceraian. Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk kehidupan pernikahan Anda bersama pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News