Keluarga

Sebelum Desain Kamar Tidur Sempit, Ini Aturan yang Wajib Anda Tahu

Sebelum Desain Kamar Tidur Sempit, Ini Aturan yang Wajib Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Kamar tidur yang sempit rasanya sulit ditata menjadi indah. Eits, simak dulu aturan mendesain kamar tidur sempit di bawah ini!

Saat mendesain kamar tidur yang sempit, sebenarnya semua tergantung pada selera masing-masing. Namun jika Anda mencari cara mendesain kamar tidur sempit jadi lebih lega, nyaman dan bersih, yuk ikuti aturan ya di bawah ini!

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Ini Sederet Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Jus Strawberry

Jangan menggunakan kasur yang terlalu besar

Salah satu kesalahan umum saat mendesain kamar tidur sempit adalah menggunakan kasur berukuran besar. Kasur yang berukuran lebih dari setengah kamar Anda adalah ide yang buruk untuk kamar tidur sempit. Ini akan membuat ruangan jadi terasa sangat sempit. 

Sebelum mendesain kamar tidur sempit, pastikan untuk menguku seluruh ruangan. Dengan ini, Anda bisa menghindari menggunakan kasur yang terlalu besar. 

Jangan menghalangi cahaya alami masuk ke kamar tidur 

Kesalahan umum lainnya yang sering dilakukan saat mendesain kamar tidur sempit adalah menghalangi cahaya alami masuk. Biasanya ide desain kamar tidur sempit seringkali menyarankan Anda menambah tempat penyimpanan. Nah ide ini bisa membuat Anda meletakkan ruang penyimpanan di manapun area itu tersedia. 

Padahal cahaya alami yang masuk ke kamar tidur Anda bisa meningkatkan keseluruhan suasana kamar. Jika Anda memiliki banyak furnitur di kamar tidur Anda yang sempit, pertimbangkan untuk memindahkannya ke sisi yang tidak menerima cahaya matahari. Biarkan jendela terbebas dari furnitur Anda. 

Jangan menyimpan seluruh barang Anda di lantai

Saat memiliki kamar tidur yang sempit dan ruang penyimpanan terbatas, Anda cenderung menyimpan seluruh barang di bawah meja atau di bawah furnitur lain sebisa mungkin. Cara ini memang efektif untuk menampung seluruh barang, namun jika tak berhati-hati ini akan membuat kamar terlihat berantakan. 

Sebaiknya gunakan dinding Anda untuk menempelkan rak dinding. Namun hindari menggunakan wadah penyimpanan yang terlalu besar. 

Baca Juga: Inspirasi Dapur Estetik yang Mudah Anda Terapkan di Rumah

Jangan sampai membatasi ruang gerak di kamar Anda

Terkadang saat menginginkan tampilan estetik di kamar tidur, Anda melupakan akses bagi Anda sendiri untuk bergerak. Ini akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi Anda saat berada di kamar tidur. 

Sebaiknya posisikan kasur Anda di lokasi yang memudahkan Anda untuk bergerak di sisi kanan kiri kasur. Anda juga sebaiknya menghindari untuk meletakan furnitur mengelilingi kasur. 

Jangan menggunakan warna yang tidak ramah ruangan sempit
Sering kali kita memilih warna kamar tidur berdasarkan warna yang kita sukai dari pada fungsi warna itu tersebut. Di kamar tidur yang sempit, warna gelap bisa membuat ruangan terasa lebih sempit. Sehingga sebaiknya pilih warna yang lebih cerah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News