Bugar

Pahami 4 Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam yang Wajib Anda Tahu

Pahami 4 Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam yang Wajib Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Perlunya Anda memahami perbedaan facial wash dan facial foam berikut ini.

Tahap pertama merawat wajah adalah mencuci muka dengan produk yang tepat.

Saat ini, ada banyak pilihan produk facial wash dan facial foam yang dipercaya efektif membersihkan juga mencerahkan kulit. 

Walaupun memiliki kesamaan untuk membersihkan wajah, kedua produk ini memiliki perbedaan. 

Lebih jelasnya, berikut empat perbedaan facial wash dan facial foam, dirangkum dari cnfstore.com, yaitu: 

Baca Juga: 4 Manfaat Vitamin C untuk Kulit di Dalam Produk Skincare

1. Berdasarkan fungsinya

Perbedaan pertama berdasarkan fungsinya. Facial foam bertujuan mengangkat minyak berlebih atau sebum pada wajah, mencerahkan wajah, serta efektif menarik keluar sel kulit mati.

Sementara facial wash berfungsi mencegah iritasi, menjaga kesegaran dan kelembapan alami wajah. Karena bersifat melembapkan, cocok untuk kulit kering dan sensitif.

2. Berdasarkan teksturnya

Perbedaan mendasar dari facial wash dan facial foam adalah teksturnya. Facial foam memiliki tekstur yang lebih lembut dan menghasilkan busa.

Produk ini aman digunakan sebagai pembersih wajah harian karena mampu mengangkat segala kotoran dan sisa makeup yang menempel.

Keunggulan tekstur foam yaitu mampu menyerap kelebihan minyak serta sebum berlebih pada wajah tanpa mengeringkan wajah.

Sebaliknya, facial wash hadir dengan dua tekstur yang berbeda, yaitu gel dan creamy. Tekstur creamy mengandung moisturizer yang sangat cocok untuk pemilik kulit kering dengan tanda penuaan dini.

Sedangkan tekstur gel yang ringan cocok untuk kulit sensitif. Kandungan anti jerawat di dalamnya juga cocok digunakan bagi kulit berjerawat. 

Baca Juga: Moms, Inilah 5 Manfaat Tahu untuk Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

3. Berdasarkan jenis kulit

Berikutnya, perbedaan kedua produk berdasarkan jenis kulit. 

Tekstur facial foam yang lembut dan berbusa, efektif mengangkat minyak berlebih dan kotoran di permukaan wajah tanpa membuat kulit kering. Pembersih wajah ini cocok untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat.

Facial wash bersifat melembapkan dan menghidrasi sangat cocok untuk kulit wajah normal, kering, dan sensitif. Kulit wajah menjadi tetap lembap dan tidak mengalami iritasi pada kulit sensitif. 

4. Cara penggunaan 

Perbedaan facial foam dan facial wash terakhir adalah cara penggunaan. Facial foam harus diusap dulu pada telapak tangan atau jika telah dilengkapi foam maker, tinggal tuang pada telapak tangan dan ratakan pada seluruh permukaan wajah.

Berbeda dengan facial foam, facial wash bisa langsung diusapkan pada wajah dan aman digunakan setiap hari sebagai pembersih wajah.

Nah, itulah beberapa perbedaan facial wash dan facial foam yang harus Anda tahu. Pilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News