Keluarga

6 Tips Mengaplikasikan Concealer dengan Tepat Agar Hasilnya Tidak Menggumpal

 6 Tips Mengaplikasikan Concealer dengan Tepat Agar Hasilnya Tidak Menggumpal

MOMSMONEY.ID - Inilah 6 tips mengaplikasikan concealer dengan tepat agar hasilnya tidak menggumpal.

Salah satu permasalahan makeup yang cukup merepotkan adalah hasil akhir concealer yang mengalami creasing atau menggumpal terutama di area kerutan dan lipatan kulit.

Ada banyak alasan mengapa concealer bisa menggumpal dan salah satu penyebabnya yang paling umum adalah penggunaan concealer dengan formula yang salah.

Jika concealer yang Anda aplikasikan sering menggumpal, agaknya Anda perlu mencari tahu bagaimana cara mengaplikasikan concealer dengan tepat guna meminimalkan risiko creasing.

Perlu Anda catat, berikut MomsMoney bagikan 6 tips mengaplikasikan concealer dengan tepat agar hasilnya tidak menggumpal ala L’Oreal Paris.

Baca Juga: 6 Manfaat Santan untuk Rambut dan Cara Menggunakannya dengan Tepat

1. Awali dengan skincare

Salah satu cara terbaik untuk mencegah concealer menggumpal yaitu mengawali rutinitas makeup dengan serangkaian skincare yang tepat. Melakukan skin preparation dengan mengaplikasikan skincare akan membantu Anda mencapai hasil riasan yang mulus.

Pertama, bersihkan wajah Anda kemudian gunakanlah moisturizer dan eye cream setelahnya. Langkah ini akan menjaga kulit tetap terhidrasi sekaligus menjadikan makeup lebih tahan lama.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan primer guna menciptakan kanvas yang halus pada kulit dan membantu mencegah concealer mengalami creasing.

2. Pilih formula concealer yang tepat

Formula concealer yang tepat akan meminimalkan risiko menggumpal. Sebaliknya, formula concealer yang terlalu kering, melembabkan, atau tipis rentan menyebabkan creasing.

Jika kulit Anda bertipe kering, carilah concealer bertekstur cream yang menghidrasi. Sementara itu, jika kulit Anda berminyak, pilihlah concealer dengan formulasi yang lebih berat dan full coverage.

3. Gunakan aplikator yang sesuai

Mengaplikasikan concealer dengan aplikator yang salah dapat menyebabkan hasil akhir makeup berada di bawah standar termasuk menggumpal.

Pertimbangkanlah untuk mengaplikasikan concealer dengan makeup blender atau brush khusus concealer. Aplikator tersebut akan memberikan Anda kontrol yang maksimum untuk mencapai coverage yang diinginkan tanpa menyebabkan creasing.

Atau, aplikasikanlah concealer dengan jari yang bersih jikalau Anda tidak memiliki aplikator sama sekali. Kehangatan yang dihasilkan dari ujung jari dapat bekerja dengan cukup baik untuk mencapai perpaduan yang mulus.

Baca Juga: 5 Kandungan Sabun Wajah yang Baik untuk Kulit Kering, Sudah Tahu?

4. Terapkan teknik layering

Anda mungkin tergoda untuk mengoleskan concealer secara berlebihan saat melihat kantung mata atau bentuk imperfection lainnya. Namun, selalu ingat bahwa hal tersebut bukanlah ide yang baik. Karena, mengaplikasikan concealer terlalu banyak dapat merusak penampilan makeup secara keseluruhan sekaligus menyebabkan creasing.

Sebaiknya, terapkanlah teknik layering dengan mengoleskan lapisan tipis concealer dalam bentuk segitiga terbalik di bagian bawah mata kemudian ratakan.

Jika Anda belum puas dengan hasil coverage yang ada, barulah Anda bisa menambahkan lapisan concealer lagi sesuai kebutuhan sampai mencapai tingkat coverage yang diinginkan.

5. Lakukan baking

Cara lainnya yang cukup efektif untuk mencegah concealer menggumpal adalah dengan melakukan baking. Metode baking adalah tentang memasangkan concealer dengan bedak tabur untuk mengatur makeup supaya hasilnya terlihat flawless.

Setelah mengaplikasikan concealer, tuangkan bedak tabur tanpa warna atau translucent powder secukupnya ke sebuah wadah kemudian celupkan makeup blender ke dalam bubuk bedak. Tekan-tekan area bawah mata Anda yang sudah dioleskan concealer dengan makeup blender tadi kemudian biarkan bedak menempel di atas concealer selama beberapa menit.

Setelah waktu habis, bersihkan sisa bedak yang menempel di bagian bawah mata dengan menggunakan kuas makeup yang lembut.

6. Semprotkan setting spray

Langkah terakhir untuk mencegah concealer menggumpal adalah dengan menyemprotkan setting spray.

Selain mencegah creasing, penggunaan setting spray juga dapat membantu mengunci makeup agar tidak mudah pudar atau luntur sepanjang hari.

Pilihlah produk setting spray bebas minyak dengan tekstur mikro yang halus dan semprotkan dengan gerakan membentuk huruf X dan T setelah makeup esensial diterapkan.

Demikian 6 tips mengaplikasikan concealer dengan tepat agar hasilnya tidak menggumpal. Jangan lupa dicoba ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News