Santai

6 Tips dan Cara Mudah Rawat Gigi, Bukan Cuma Pergi ke Dokter Gigi Loh

6 Tips dan Cara Mudah Rawat Gigi, Bukan Cuma Pergi ke Dokter Gigi Loh

MOMSMONEY.ID - Ingin merawat gigi dengan mudah di rumah tanpa perlu ke dokter gigi? Berikut ada beberapa tipsnya.

Selain pergi secara rutin ke dokter gigi, ada beberapa cara rumahan yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi.

Namun, bukan berarti harus sepenuhnya tidak memeriksakan gigi ke dokter, ya. Berikut ada beberapa cara untuk merawat kesehatan gigi yang bisa dilakukan dengan mudah.

Baca Juga: 5 Tips Meditasi Mudah dan Nyaman buat Pemula, Coba yuk

Menyikat gigi rutin

Jika ingin memiliki gigi dan mulut yang sehat, maka cara utama yang perlu dilakukan adalah dengan menyikat gigi secara rutin.

Untuk mendapatkan gigi dan mulut yang sehat, jangan lupa untuk selalu menyikat gigi dua kali setiap hari secara rutin, ya. Paling penting adalah untuk menyikat gigi sebelum tidur dengan cara yang tepat dan benar.

Flossing

Selain menyikat gigi dengan rutin dan dengan cara yang benar, ada hal lain yang tak boleh sampai dilewatkan juga. Yaitu membersihkan gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss.

Menurut laman Health Line, flossing juga sama pentingnya dengan menyikat gigi. Tujuannya adalah untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Selain itu, penggunaan floss juga baik untuk merawat kesehatan gusi, mengurangi plak, dan mengurangi pembengkakan gigi.

Baca Juga: Bantu Turunkan Kolesterol, Ini 6 Manfaat Kesehatan Kedelai dan Olahannya

Kurangi makanan manis dan asam

Dua jenis makanan tersebut memiliki efek yang buruk bagi kesehatan gigi dan mulut, loh. Terlalu banyak makan makanan manis bisa merusak enamel gigi yang memicu gigi berlubang.

Begitu juga dengan makanan asam seperti kopi, teh, dan buah-buahan. Jika ingin mengonsumsinya, jangan lupa untuk membersihkan gigi setelahnya.

Konsumsi buah dan sayur bertekstur renyah

Buah dan sayuran yang garing atau renyah ternyata baik untuk merawat kesehatan mulut dan gigi. Laman Pharmeasy menjelaskan bahwa makanan dengan tekstur renyah seperti apel, pir, dan brokoli bisa memicu produksi saliva yang ternyata baik bagi mulut.

Selain mengandung serat yang baik, memakan makanan dengan tekstur renyah juga bisa melatih rahang untuk bekerja.

Baca Juga: 4 Cara Mengendalikan Nafsu Makan yang Efektif, Terapkan Saat Diet!

Perbanyak minum

Cara termudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan tetap memperbanyak minum. Air yang dikonsumsi bisa membantu untuk membersihkan sisa makanan hingga bakteri di dalam mulut.

Selain itu, minum air putih juga bisa mengurangi efek masam yang dihasilkan ketika mengunyah makanan di mulut. Jika ingin lebih bersih, gunakan mouth wash atau pembersih mulut setiap selesai mengonsumsi makanan.

Pilih pasta gigi yang tepat

Ketika memilih pasta gigi untuk menggosok dan membersihkan gigi, ada kandungan lain yang harus lebih diperhatikan ketimbang kandungan pemutih dan aroma pasta gigi. Yaitu adalah memastikan bahwa pasta gigi tersebut mengandung fluoride.

Kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah kerusakan gigi dengan cara melawan dan memberikan perlindungan pada bakteri yang merusak gigi.

Coba lakukan yuk, itulah tadi cara dan tips mudah untuk merawat kesehatan gigi dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News