Keluarga

4 Cara Mengendalikan Nafsu Makan yang Efektif, Terapkan Saat Diet!

4 Cara Mengendalikan Nafsu Makan yang Efektif, Terapkan Saat Diet!

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 cara mengendalikan nafsu makan yang efektif. Simak yuk!

Nafsu makan yang tinggi sering kali mendorong keinginan untuk makan lebih banyak atau makan dalam porsi besar.

Apabila tidak dikendalikan, nafsu makan yang tinggi cenderung menyebabkan kenaikan berat badan. Plus, menggagalkan upaya penurunan berat badan bagi para pejuang diet.

Sebenarnya, mengendalikan nafsu makan bisa dilakukan dengan cara-cara yang terbilang sederhana tanpa perlu mengonsumsi obat diet yang beredar di pasaran.

Seorang direktur senior Worldwide Nutrition Education and Training di Herbalife bernama Susan Bowerman membagikan 4 cara mengendalikan nafsu makan yang efektif. Selengkapnya, berikut keempat cara tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Lemak di Wajah Tanpa Operasi, Pipi Auto Tirus

1. Konsumsi protein

Cara mengendalikan nafsu makan yang efektif pertama yaitu mengonsumsi protein.

Protein mampu memuaskan rasa lapar lebih baik daripada karbohidrat atau lemak. Jadi, cobalah untuk memasukkan beberapa protein tanpa lemak pada setiap makanan dan camilan Anda.

Faktanya, protein dapat bekerja secara ajaib tidak hanya pada saluran pencernaan. Tetapi juga bisa mempengaruhi kimia otak sedemikian rupa sehingga membantu Anda merasa puas dan tajam secara mental.

2. Konsumsi makanan tinggi air dan serat

Cara mengendalikan nafsu makan yang efektif kedua yaitu mengonsumsi makanan tinggi air dan serat.

Makanan dengan kandungan air dan serat yang tinggi mampu mengisi lebih banyak ruang di perut, sehingga bisa membuat Anda kenyang.

Kebanyakan sayuran (kecuali sayuran bertepung seperti kentang, jagung, dan kacang polong) memiliki kalori yang sangat sedikit per porsinya karena mengandung banyak air dan serat. Buah-buahan berair seperti melon dan nanas serta buah-buahan berserat tinggi seperti beri juga dapat membantu Anda kenyang tanpa perlu mengkhawatirkan kalori. Itulah mengapa, sayuran dan buah-buahan patut Anda konsumsi lebih banyak setiap hari khususnya saat diet.

Baca Juga: 4 Cara Diet Penyebab Berat Badan Susah Turun, yuk Perbaiki

3. Olahraga secara teratur

Cara mengendalikan nafsu makan yang efektif ketiga yaitu olahraga secara teratur.

Olahraga secara teratur dapat menekan hormon rasa lapar yang pada gilirannya bisa mengurangi nafsu makan. Namun, pastikan Anda memberikan bahan bakar yang tepat untuk tubuh Anda jika ingin berolahraga terutama saat diet. Pasalnya, dalam upaya menurunkan berat badan, tak jarang orang mengurangi kalori terlalu banyak sehingga tidak memiliki energi untuk melanjutkan olahraga.

Apabila olahraga justru sering meningkatkan rasa lapar dan mendorong Anda untuk makan lebih banyak, maka Anda perlu mengevaluasi dan mengganti bahan bakar tubuh Anda baik sebelum maupun sesudah olahraga.

4. Makan dalam porsi kecil

Cara mengendalikan nafsu makan yang efektif keempat yaitu makan dalam porsi kecil.

Makan dalam porsi kecil setiap beberapa jam dapat membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil sepanjang hari. Adapun hal ini penting untuk mencegah penurunan gula darah yang kerap meningkatkan rasa lapar.

Sekali pun menurut Anda jumlah makanan yang lebih sedikit tidak akan cukup untuk menahan rasa lapar, namun mengetahui bahwa Anda akan makan lagi dalam beberapa jam sering kali memudahkan Anda untuk mengendalikan rasa lapar.

Demikian 4 cara mengendalikan nafsu makan yang efektif. Jangan lupa juga untuk minum banyak air putih ya, Moms. Karena, terkadang rasa haus sering disalahartikan sebagai rasa lapar.

Selanjutnya: Pemkot Tangsel Menjaring Investor Lewat Tangsel Investment Forum 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News