Santai

Bantu Turunkan Kolesterol, Ini 6 Manfaat Kesehatan Kedelai dan Olahannya

Bantu Turunkan Kolesterol, Ini 6 Manfaat Kesehatan Kedelai dan Olahannya

MOMSMONEY.ID - Ternyata mengandung banyak manfaat, ini ada beberapa khasiat dari kacang kedelai yang perlu untuk diketahui.

Kacang kedelai adalah salah satu jenis makanan yang tinggi protein dan kerap diolah menjadi susu atau jenis makanan sehat lainnya.

Selain menjadi sumber protein, ternyata ada beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi kedelai. Apa saja? Simak daftarnya berikut:

Baca Juga: Ternyata Ada 4 Penyebab Orang Jadi Mudah Marah dan Emosi, Loh

Merawat kulit

Tak hanya membantu merawat tubuh dari dalam, produk yang mengandung kedelai juga bisa membantu merawat penampilan kulit. Kedelai memiliki tinggi kandungan anti oksidan yang bisa membantu meningkatkan produksi sel dan juga kolagen di kulit.

Kandungan seperti tannis, isoflavon, trypsin, dan proanthocyanidins adalah komponen yang berperan untuk merawat kecantikan kulit.

Menguatkan rambut

Bagi yang memiliki permasalahan rambut rontok hingga kebotakan, cobalah untuk mengonsumsi kedelai. Kedelai dipercaya berguna untuk membantu perawatan rambut rontok dan rambut botak.

Dengan rutin mengonsumsi kedelai, risiko kebotakan dari tingkat menengah hingga parah bisa dikurangi.

Baca Juga: Bukan Cuma Lemas, Ini 5 Tanda Tubuh yang Kekurangan Kalori

Mencegah kanker

Sebagai salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, ternyata risiko penyakit kanker bisa dikurangi dengan banyak mengonsumsi kedelai.

Risiko kanker payudara pada perempuan dan kanker prostat pada pria pun juga bisa dicegah dengan konsumsi kedelai secara rutin. Kandungan isoflavon hingga lunasin pada kedelai digadang-gadang menjadi pencegah munculnya risiko kanker pada tubuh manusia.

Merawat kesehatan tulang

Risiko osteoporosis yang kerap muncul pada perempuan di usia lanjut juga bisa diminimalisasi dengan mengonsumsi kedelai.

Laman Health Line menjelaskan, osteoporosis yang banyak dialami perempuan di usia lanjut bisa dikurangi dengan konsumsi kedelai. Sebab, kandungan isoflavon bisa membantu merawat kesehatan tulang terutama pada perempuan usia lanjut yang sudah mengalami menopause.

Baca Juga: Gunakan 5 Cara Mudah Ini, untuk Atasi Payudara Bengkak pada Perempuan

Merawat kesehatan jantung

Manfaat lain dari kedelai adalah berkaitan dengan kesehatan jantung. Lagi-lagi karena isoflavon, tingkat kolesterol jahat yang memiliki pengaruh bagi kesehatan jantung bisa ditekan.

Kedelai memiliki banyak kandungan anti inflamasi, di mana kandungan tersebut bisa mencegah munculnya inflamasi yang umumnya menjadi penyebab penyakit jantung.

Mengontrol berat badan dan tingkat kolesterol

Tingkat lemak yang tinggi dalam tubuh bisa menjadi penyebab munculnya kolesterol. Salah satu keuntungan mengonsumsi kedelai adalah bisa membantu mengontrol berat badan dan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Mengutip laman Style Craze, kedelai bisa membantu untuk menurunkan plasma kolesterol dan tingkat trigliserida dalam tubuh. Lagi-lagi hal tersebut disebabkan karena kandungan isoflavon yang juga berperan untuk mengontrol berat badan.

Ternyata baik untuk merawat tubuh dari dalam dan luar, itulah manfaat kedelai. Tertarik beralih mengonsumsi kedelai dan olahannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News