Keluarga

Ini 5 Langkah Mudah Menyiapkan Makan Malam Bersama Keluarga Tanpa Stres

Ini 5 Langkah Mudah Menyiapkan Makan Malam Bersama Keluarga Tanpa Stres

MOMSMONEY.ID - Menyiapkan makan malam spesial bersama keluarga bisa jadi hal yang membuat Anda stres. Namun, Anda bisa menghindari stres tersebut dengan cara berikut ini.

Saat akan makan malam bersama keluarga, hal pertama yang muncul adalah kekacauan saat memasak dan selesai makan. Tentu, ini adalah proses yang melelahkan dan membuat Anda sulit menikmati santapan saat makan malam. 

Namun, tentu Anda tahu bahwa makan malam bersama keluarga adalah salah satu sarana memperkuat ikatan sesama anggota keluarga.

Nah melansir Habits and Home, ada 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan makan malam bersama keluarga tanpa stres.

Baca Juga: Beri Motivasi Kunci Membuat Anak Mau Bantu Membereskan Rumah Lo!

Putuskan

Biasakan Anda memiliki perencanaan makan selama seminggu ke depan. Kebiasaan ini akan mempermudah Anda menentukan makanan apa yang akan disajikan serta bahan-bahan yang sudah siap sebelum memasak. 

Ini akan mengurangi rasa stres karena Anda tak perlu lagi panik membeli bahan di luar rumah. Sehingga, Anda bisa lebih banyak menyimpan waktu dan energi Anda untuk fokus ke hal yang lebih penting. 

Persiapkan semuanya

Sebelum memutuskan untuk makan malam, tentukan pada jam berapa makan malam akan di mulai. Setelah itu, hitung mundur waktu yang dibutuhkan untuk memasak. 

Ini bukan hanya menghitung waktu saat memasaknya saja. Tapi, Anda juga perlu menghitung waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan daging beku sebelum dimasak atau memotong semua bumbu yang dibutuhkan. 

Pastikan juga hitung waktu tambahan yang dibutuhkan untuk semua persiapan. Mulai dari sekeda memanaskan air atau memarinasi daging. 

Masak sebersih mungkin

Hal yang perlu Anda ingat setelah makan malam selesai adalah cucian yang menumpuk. Maka ada baiknya untuk membersihkan peralatan seusai masak. 

Selain itu, gunakan satu alat untuk berbagai macap tujuan. Sehingga Anda tidak mengotori banyak peralatan. 

Intinya tanamkan pemikiran bahwa dapur harus bersih sebelum Anda tinggalkan. Anda bisa mencuci peralatan yang kotor saat menunggu masakan matang.

Baca Juga: 5 Tips Agar Pernikahan Tetap Bahagia dan Awet Hingga Kakek Nenek

Nikmati makan malam Anda

Adalah hal yang sulit menikmati makan malam sata Anda masih memiliki balita. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyiapkan kursi khusus untuk bayi saat makan sehingga mereka tahu bagaimana ara duduk di kursi saat makan. 

Nah, untuk balita, mereka biasanya sudah terbiasa duduk di kursi besar. Saat ini, Anda bisa dengan perlahan memberi tahu cara menggunakan peralatan makan dengan baik.

Gunakan lilin di meja makan sebagai motivasi kalau anak Anda bisa makan dengan baik dan membersihkan piringnya mereka diperbolehkan meniup lilin. 

Bersihkan segera setelah selesai makan

Buat aturan main setiap orang bertanggungjawab membersihkan piring dan peralatan makan mereka sendiri. Jika sudah minta tolong anggota keluarga untuk melakukan tugas lain. 

Mulai dari mengembalikan semua peralatan ke tempatnya atau meletakan di wastafel. Kemudian, anggota keluarga lain menyapu dapur dan ruang makan dan Anda bertanggungjawab mencuci piring tempat sayud dan lauk.

Nah, dengan cara ini makan malam Anda jadi lebih menyenangkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya: Penjualan Rumah Tapak Menurun, Suku Bunga KPR Jadi Salah Satu Soal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News