Keluarga

6 Tips Ampuh Olah Daging Kurban Sapi dan Kambing Supaya Empuk Saat Dikunyah

6 Tips Ampuh Olah Daging Kurban Sapi dan Kambing Supaya Empuk Saat Dikunyah

MOMSMONEY.ID - Mau makan daging yang mudah dikunyah meski Anda mendapatkan bagian daging kurban yang super alot? Coba ikuti beberapa cara ampuh yang berikut ini.

Hari Raya Idul Adha sebentar lagi datang. Sebentar lagi hewan kurban akan disembelih dan dagingnya akan dibagikan pada setiap warga.

Tapi terkadang, kita tak dapat menentukan bagian daging yang diinginkan. Lantas, bagaimana jika kita mendapatkan jatah daging kurban yang alot?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar serat daging melunak dan membuat daging tak lagi alot. Mau tahu apa saja cara-caranya? Melansir dari Primarasa dan Taste of Home, simak yang berikut ini!

Baca Juga: Resep Sate Padang Isi Daging dan Lidah Sapi, Menu Idul Adha yang Wajib Dihidangkan

Marinasi daging

Lakukan marinasi atau proses perendaman pada daging kurban yang alot agar daging jadi empuk.

Gunakan bumbu marinasi berbahan dasar asam, seperti air perasan lemon, cuka, ataupun buttermilk sebagai penambah cita rasa sekaligus dapat melunakkan daging kurban yang alot menjadi lebih empuk.

Bahan-bahan di atas dapat memecah serat protein yang keras pada daging kurban sehingga terasa lebih empuk dan tidak alot. Namun pastikan Anda memarinasi daging selama semalaman untuk hasil yang maksimal, dikutip dari Cookist.

Baca Juga: Ubi vs Kentang, Ini lo Jenis Karbohidrat yang Baik untuk Penderita Diabetes

Iris berlawanan arah

Cara Mudah Mengiris Daging Super Tipis

Daging kurban alot bisa diakali dengan mengirisnya berlawanan arah.

Perlu Anda ketahui, seluruh potongan daging memiliki serat otot panjang yang membentang di seluruh bagiannya.

Apabila Anda memotong daging berserat secara sejajar, maka ketika daging sedang Anda santap, daging akan sulit dikunyah serta ada risiko bahwa serat daging mungkin saja tersangkut pada sela-sela gigi.

Maka agar daging kurban alot jadi terasa empuk dan mudah dikunyah, irislah serat otot daging secara berlawanan arah.

Baca Juga: Berdampak pada Kesehatan, Ikuti 5 Cara Membersihkan Pestisida dari Buah dan Sayur

Beri Garam

Siasat lain agar daging kurban alot bisa jadi empuk adalah dengan memberinya garam.

Sebelum Anda memasak daging kurban, pastikan bahwa Anda memberikan garam secara merata ke atas sisi-sisi daging secara merata.

Garam mampu mengubah daging menjadi lebih empuk, karena garam mampu mengeluarkan kelembapan dari dalam daging. Garam juga mampu menciptakan air garam alami.

Proses menggarami daging kurban perlu waktu minimal 1 jam sebelum atau semalaman penuh hingga daging yang tadinya alot berubah jadi empuk.

Baca Juga: Tips Bikin Rendang Daging Sapi yang Super Empuk untuk Lebaran

Dipukul-pukul

Daging Steak

Memukul-mukul daging kurban juga dapat membuat daging yang tadinya alot menjadi lebih empuk. Sebab, serat daging yang ada di dalam daging akan terputus apabila Anda memukul-mukul daging.

Sayangnya ada kekurangan pada tahapan yang satu ini. Memukul-mukul daging kurban selain dapat membuat empuk daging yang alot, juga bisa membuat sari daging keluar sehingga membuat rasa daging jadi hambar.

Untuk menyiasati sari daging agar berceceran keluar, pastikan untuk membungkus daging kurban dalam plastik sebelum memukul-mukul daging.

Baca Juga: Do’s and Don’ts Mengasah Pisau Serta Tips Perawatan Pisau Secara Tepat

Daun pepaya

Membungkus daging kurban dalam daun pepaya nyatanya bisa membuat daging alot menjadi empuk, loh! Ini disebabkan karena daun papaya mengandung papain yang gunanya sebagai pelunak serat daging.

Caranya, memarkan daun papaya, terutama bagian tulang daunnya, lalu bungkus daging kurban menggunakan daun yang telah dimemarkan tersebut.

Diamkan daging selama 1 jam, maka daging kurban yang alot dapat berubah jadi empuk dan lembut.

Baca Juga: Jangan Takut Kolesterol Naik! Ini 4 Tips Memasak Daging dengan Cara yang Sehat

Masak perlahan dalam api kecil

Tips memasak daging

Memasak daging kurban dengan perlahan dalam api kecil rupanya dapat membantu membuat daging yang alot jadi lebih empuk. Hal ini karena jaringan ikat pada daging akan meleleh dan membuatnya lebih mudah dikunyah.

Ada sedikit tips supaya daging tak mengering sewaktu dimasak lama menggunakan teknik ini, yakni dengan terus menerus membasahi daging menggunakan air ataupun kaldu sampai matang merata.

Itulah sedikit tips yang bisa diberikan MomsMoney untuk mengolah daging kurban sapi dan kambing supaya empuk dan tak alot ketika dikunyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News