Santai

6 Tanaman Hias untuk Buket Ramadhan, Bisa Jadi Ide Hampers Antimainstream

6 Tanaman Hias untuk Buket Ramadhan, Bisa Jadi Ide Hampers Antimainstream

MOMSMONEY.ID - Bunga bisa menjadi cara yang indah dan menyenangkan untuk menunjukkan penghargaan, cinta, atau persahabatan di berbagai perayaan. Salah satunya, tanaman hias untuk buket Ramadhan. 

Ya, terdapat tanaman hias untuk buket Ramadhan yang bisa menjadi ide hampers antimainstream. 

Buket bunga potong yang bagus bisa bertahan antara lima hingga 12 hari, tergantung isinya, tapi tanaman hias bisa bertahan bertahun-tahun jika dirawat dengan baik. 

Baca Juga: 4 Hampers Imlek Tanaman Hias yang Bisa Jadi Inspirasi dan Mudah Dirawat

Jika Anda mencari tanaman hias yang sempurna untuk diberikan kepada seseorang di bulan Ramadhan, simak artikel ini. 

Mengutip Martha Stewart, berikut 6 tanaman hias untuk buket Ramadhan:

1. Anggrek

Salah satu hal indah tentang anggrek adalah adanya warna, bentuk, dan gaya bunga yang cocok untuk hampir semua suasana rumah. 

Anggrek  juga cenderung memiliki waktu mekar yang cukup lama, dengan masing-masing bunga bertahan selama berminggu-minggu.

Anggrek harus ditanam dalam campuran yang tidak dinodai, seperti substrat kulit kayu. Dengan perawatan yang tepat, mereka akan melalui masa berbunga dan tahap dorman. 

2. Begonia

Begonia menjadi tanaman Hari Valentine yang bagus karena satu alasan utama: warna. Alih-alih daun hijau pada umumnya, begonia memiliki dedaunan yang berkisar dari merah, coklat, oranye, hingga ungu. 

Terlebih lagi, begonia berbunga dengan kumpulan bunga berwarna merah muda, merah, atau putih yang menggantung di bulan Februari dan Maret. 

Baca Juga: Simak Cara Membuat Hampers Berkebun, Jadi Ide Unik dan Menarik untuk Hadiah Keluarga

Tanaman dengan pemeliharaan rendah membutuhkan cahaya terang, tidak langsung, dan tanah dengan drainase yang baik.

Begonia suka berada di tempat yang lebih kering, jadi yang terbaik adalah menyiraminya secara menyeluruh dan membiarkan tanah hampir benar-benar kering sebelum disiram lagi. 

Jika dirawat dengan baik, begonia dapat bertahan bertahun-tahun dan mudah diperbanyak dari stek daun. 

3. Money Tree

Tanaman baru yang semakin populer selama beberapa tahun terakhir, tanaman uang ( Pilea peperomioides ) adalah pilihan tepat karena sangat mudah dan mudah dilakukan.

Tanaman hias ini  memiliki daun bulat yang indah dan berkilau dan dapat memiliki berbagai bentuk dan bentuk. 

Tanaman uang ramah bagi pemula, dan tidak pilih-pilih tentang tanah, cahaya, atau makanan.

4. Anthurium

Anthurium adalah tanaman hias populer dengan bunga mekar berbentuk hati (yang sebenarnya merupakan daun yang dimodifikasi) yang hadir dalam berbagai warna, dari merah cerah hingga merah tua, merah muda, dan putih.

Anthurium cukup mudah dirawat, menyukai tanah yang lembab, memiliki drainase yang baik, dan kondisi cahaya sedang. 

Perlu diingat ketika memberikan Anthurium bahwa mereka mungkin tidak cocok dengan setiap dekorasi rumah karena memiliki tampilan yang sangat tropis dan biasanya hanya bertahan selama beberapa tahun. 

Baca Juga: Dari Murah Sampai Mahal, Ini 6 Ide Hampers Natal Untuk Dikirim Ke Orang Terkasih

5. Philodendron

Sebagai tanaman hias tua yang semakin populer, philodendron sangat mudah tumbuh dan tersedia dalam berbagai warna dan campuran hijau, kuning, dan putih. 

Tanaman hias dedaunan lainnya, mereka umumnya tidak rewel tentang tanah atau cahaya, dan bertahan hidup dengan pemberian makanan serba guna secara teratur.

Philodendron sangat indah dipajang di atas rak dan furnitur, karena sebagian besar memiliki batang panjang yang menjuntai. Mereka juga terlihat bagus dipajang di pilar, membiarkan batangnya digantung dengan hati-hati. 

6. Hoya 

Sekelas tanaman berjenis sukulen, hoya relatif mudah perawatannya. Mereka sangat hemat air dan mudah bergaul, membutuhkan tanah yang lebih kering, memiliki drainase yang baik, dan tidak terlalu banyak air.

Baca Juga: 6 Ide Hampers Kue Natal untuk Orang Tersayang, Ada Kue Putri Salju-Almond Spritz

Kebanyakan hoya merupakan tanaman merambat dan tanaman jenis trailing, membuat rantai panjang daun dengan berbagai bentuk dan corak.

Tanaman hias yang tahan lama secara teknis berbunga, tetapi terutama ditanam untuk diambil dedaunannya. 

Meskipun mereka dapat bertahan untuk sementara waktu, mereka tidak tumbuh lebih jauh dari aslinya, jadi Anda mungkin hanya mendapatkan sekitar satu tahun kehidupan dari varietas ini. 

Jadi, itulah beberapa tanaman hias untuk buket Ramadhan yang bisa jadi ide hampers tidak biasa. 

Selanjutnya: Kumpulan Link Twibbon Seleksi Akademik PPG Guru Madrasah 2024, Yuk Unggah di Sosmed!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News