Keluarga

6 Perilaku Hewan yang Mirip Manusia, Ada yang Sangat Romantis hingga Doyan Berjudi

6 Perilaku Hewan yang Mirip Manusia, Ada yang Sangat Romantis hingga Doyan Berjudi

MOMSMONEY.ID - Ada banyak hewan yang hidup di muka bumi ini. Di antaranya banyak hewan tersebut, terdapat beberapa di antara perilaku hewan yang mirip manusia.

Sebab manusia memiliki kemampuan kognitif berbasis otak, maka tak heran jika manusia merupakan makhluk terpintar yang ada di bumi ini.

Namun yang mengejutkan, ada beberapa jenis hewan yang memiliki kemampuan kognitif, mulai dari dapat bekerja sama dengan sesamanya, hingga bisa menunjukkan rasa empati kepada manusia, lho!

Berikut ini Momsmoney rangkum 6 perilaku hewan yang mirip manusia, ini dia.

Baca Juga: 8 Hewan Terkuat di Dunia, Ada Gajah Sabana Afrika hingga Beruang Grizzly

Gajah – meniru ucapan manusia

gajah

Perilaku hewan gajah sangat mirip dengan manusia. Mengutip dari Fakaza News, gajah bisa mengeluarkan suara seperti yang manusia lakukan.

Bahkan para peneliti menemukan ada seekor gajah Asia yang tinggal di kebun binatang Korea Selatan yang belajar menggunakan belalai & tenggorokannya untuk meniru kata-kata manusia.

Gajah tersebut bisa berbicara beberapa kata seperti “halo”, “tidak”, “duduk”, dan “baik” dalam bahasa Korea.

Baca Juga: 15 Negara Muslim dengan Beragam Aspek Kekuatan di Dunia, Indonesia Nomor Satu!

Lumba-lumba – berkomunikasi & bersosialisasi

Dikenal sebagai salah satu mamalia terpintar, lumba-lumba memiliki perilaku mirip manusia dalam hal berkomunikasi & bersosialisasi.

Para peneliti menyadari bahwa lumba-lumba menggunakan sistem peluit & bahasa tubuh untuk menyampaikan informasi. Mereka juga menunjukkan rasa empati & kasih sayang baik kepada sesamanya maupun kepada manusia.

lumba-lumba

Mengutip List Verse, perilaku lumba-lumba lainnya yang mirip manusia ialah adanya hubungan sosialisasi yang kuat bersama kelompoknya yang berlangsung hingga seumur hidup.

Mereka akan berkerjasama dalam berburu, bermain, dan saling melindungi, sebuah sikap yang mencerminkan kesatuan dalam hal kekeluargaan & persahabatan.

Lumba-lumba juga memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah, sebuah kemampuan kognitif yang hanya dimiliki manusia.

Baca Juga: Deretan Hewan Unik yang Tak Makan dalam Hitungan Bulanan hingga Tahunan

Merpati – otak yang cerdas

Perilaku Hewan yang Mirip Manusia: merpati

Tahukah Anda, ternyata merpati memiliki perilaku yang mirip dengan manusia, yakni sama-sama doyan berjudi!

Faktanya, dilansir dari Live Science, merpati memiliki otak/kecerdasan seperti dapat membuat pilihan dimana mereka lebih memilih / bertaruh pada jumlah uang yang besar & langka didapat, dibandingkan dengan uang kecil yang dibayarkan secara berkala.

Menurut para peneliti, keputusan tersebut diambil oleh merpati sebab merpati merasa terkejut sekaligus gembira atas hadiah besar, sehingga mereka cenderung memilih hadiah besar daripada hadiah kecil.

Baca Juga: 8 Hewan yang Punya Kebiasaan Tidur Super Aneh, Ada yang Berdiri Membuka Mata

Lebah – efisiensi

Lebah

Lebah disebut-sebut sebagai hewan yang berperilaku mirip manusia, karena dapat berkomunikasi, berorganisasi, dan mengambil keputusan kompleks yang biasanya hanya terjadi di manusia.

Lebah menunjukkan pembagian kerja dlaam koloninya, mirip seperti kerja tim pada manusia. Pembagian yang adil ini memastikan kelancaran fungsi koloni.

Lebah juga menunjukkan kemampuan mengambil keputusan ketika memilih lokasi sarang baru. Dengan mengintai & menjelajahi lokasi potensial secara bersama-sama, mereka dapat memutuskan pendapat antar-lebah & saling mempengaruhi satu sama lain.

Baca Juga: 6 Kisah Hewan Penyelamat yang Bersejarah di Dunia, Bikin Hati Tersentuh!

Anjing – rasa empati

Perilaku Hewan yang Mirip Manusia: Anjing

Sesuai dengan julukannya sebagai “sahabat manusia”, anjing memiliki kemampuan luar biasa dalam hal empati, kecerdasan sosial, dan membaca emosi sekitarnya.

Anjing dapat merasakan emosi sekitarnya. Namun anjing juga dapat mengeluarkan emosi seperti kegembiraan, kesedihan, ketakutan, serta bonding yang kuat dengan pengasuhnya hingga seumur hidup.

Perilaku hewan ini juga memberikan empati dengan menawarkan kenyamanan pada pemiliknya yang sedang bersedih, memungkinkan mereka bertindak sebagai teman yang suportif di masa sulit manusia.

Baca Juga: 6 Virus Paling Berbahaya dan Mematikan Sepanjang Sejarah, Ada Covid-19?

Penguin – romantis

Perilaku Hewan yang Mirip Manusia: Penguin

Siapa bilang hanya manusia yang bisa romantis? Penguin juga bisa romantis, lho!

Selama masa berpacaran, penguin saling menunjukkan kasih sayang dengan memberi hadiah kepada pasangan, hingga mengekspresikan cinta melalui gerak tubuh & kata-kata.

Penguin juga sangat sayang dengan anak-anaknya, ditandai dengan saling berpartisipasi mengerami telur & merawat anak-anaknya bersama-sama, baik jantan maupun betina.

Perilaku ini mirip dengan pola asuh kooperatif yang biasa dilakukan manusia.

Itu dia deretan perilaku hewan yang mirip manusia. Semua hewan di atas cerdas-cerdas, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News